JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol 8, No 4: September 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 106811 BANDAR SETIA

Siregar, Indah Amaliyah (Unknown)
Simanungkalit, Erlinda (Unknown)
Simanjuntak, Eva Betty (Unknown)
Sirait, Albert Pauli (Unknown)
Faisal, Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran pop-up book. Hasil penelitian ini adalah diperoleh validasi kelayakan oleh ahli materi 90%“Sangat Layak”, validasi oleh ahli media 91,6% “Sangat Layak”, hasil uji praktikalitas oleh praktisi Pendidikan yaitu respon guru 94% “Sangat Praktis” dan respon siswa 90% “Sangat Praktis”. Hasil belajar siswa dengan rata-rata pre-test sebesar 58“Tidak Efektif”, post-test sebesar 88 “Sangat Efektif”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...