Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 1 (2024): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Effectiveness of STEM Based Differentiated Learning on Students Critical Thinking Skills In Higherd Education

Judijanto, Loso (Unknown)
Hukubun, Yohanis (Unknown)
Safar, Muh (Unknown)
Sopacua, Fryan (Unknown)
Baruno, Yosep Heristyo Endro (Unknown)
Nurhayati, R (Unknown)
Santosa, Tomi Apra (Unknown)
Nasution, Baktiar (Unknown)
Yustitia, Via (Unknown)
Sukini, Sukini (Unknown)
ilwandri, ilwandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran differensiasi berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada perguruan tinggi. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan meta-analysis. Sampel penelitian berasal dari 12 jurnal nasional dan internasional terbitan 2022-2024 terindeks SINTA, Web of Science dan Scopus. Kriteria inklusi adalah penelitian harus relevan; penelitian diperoleh dari database Mendeley, ScienceDirect, Google Scholar dan ERIC, Penelitian harus metode eksperimen; penelitian memiliki data yang lengkap untuk menghitung nilai effect size serta ukuran sampel > 25 mahasiswa. Analisis data adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan sofware JSAP. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran differensiasi berbasis STEM memnerikan dampak positif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada perguruan tinggi dengan nilai Hedge’s (d)= 1.07dengan kategori effect size tinggi. Temuan menunjukan bahwa pembelajaran differensiasi efektif untuk diterap pada mahasiswa diperguruan untuk mendorong kemampuan berpikir kritisnya dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...