Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 12, No 2 (2024)

Eksplorasi Gaya Bahasa dan Metode Pengulangan Qur’ani Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini

Rahardja, Muhammad Nurfaizi Arya (Unknown)
Ilyasa, Faisal Fauzan (Unknown)
Husniah, Lu'Lu' (Unknown)
Surahman, Cucu (Unknown)
Supriadi, Udin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Akhlak merupakan aspek terpenting yang harus dimiliki manusia guna menjalani kehidupan bersosial. Penanaman akhlak sudah harus dimulai semenjak anak menginjak fase golden age, yaitu di rentang usia 0-9 tahun. Namun, metode dalam penanaman akhlak masih terkesan monoton dan membosankan sehingga akhlak yang terserap oleh anakn tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gaya bahasa dan metode pengulangan kisah dalam Al-Qur’an serta relevansinya terhadap pendidikan akhlak anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan library research untuk mendapatkan datanya dan deskriptif-analisis sebagai alat analisisnya. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Al-Qur’an dalam menyampaikan kisah menggunakan beragam gaya bahasa sehingga menarik perhatian dan menimbulkan rasa senang ketika mendengarnya, (2) Al-Qur’an menggunakan metode pengulangan dalam menyampaikan nilai-nilai dalam kisahnya sehingga nilai tersebut dapat tertanam secara perlahan di benak manusia, dan (3) metode pengulangan dan gaya bahasa dalam Al-Qur’an sangat relevan dengan upaya pendidikan akhlak anak usia dini, yaitu dengan yaitu menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton, menggunakan bahasa yang halus, menggunakan bahasa kiasan, menggunakan sindiran yang halus, menggunakan hal yang menarik perhatian, menggunakan bahasa yang indah dan penuh penekanan, menunjukkan sikap rendah diri, dan memberikan motivasi kepada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibs

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Language and Literature which including review of comparative literature, modern literature, creative expressions, new literary history, practice and theory of creative writing literature and language, methodologies of literature and language, Theories and practice of literary studies, linguistics, ...