Education and Counseling Journal
Vol 5 No 1 (2025): Edisi : September - Maret (in Progres)

PENGARUH MEDIA CANVA DALAM PEMBUATAN PPT PADA HASIL BELAJAR SISWA

Hayati, Rahmatul (Unknown)
Shoriah, Kamilah An (Unknown)
Putri, Rini Irmata (Unknown)
Pikri, Hayatul (Unknown)
Ningsih, Fitria Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh Media Canva dalam pembuatan powerpoint pada hasil belajar siswa. Diharapkan bahwa penggunaan media Canva dalam pembuatan powerpoint dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan mempermudah pemahaman materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media Canva dalam pembuatan powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Ulak Karang. Metode penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dalam sebuah studi eksperimental dengan total sampel 60 siswa, terbagi menjadi dua kelas: IV A (kelas eksperimen) dan IV C (kelas kontrol), masing-masing dengan 30 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 99, sedangkan di kelas kontrol adalah 78,3. (2) Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa media Canva dalam pembuatan powerpoint secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...