Penelitian ini melibatkan peneliti secara langsung dalam mengumpulkan, mengolah, dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data adalah proses mencari dan menyusun data secara sistematis yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori-kategori, kemudian memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari serta menarik kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh peneliti sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, analisis data yang digunakan adalah metode oleh Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan : penarikan/verifikasi. Pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri Aroeppala dibagi menjadi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran berbasis proyek yaitu Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) yang dilaksanakan secara blok. Bentuk kegiatan pembelajaran adalah pembelajaran berdiferensiasi, sesuai dengan kebutuhan siswa. Pelaksanaan praktik baik dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Negeri Aroeppala dilakukan oleh peserta didik, guru, dan kepala sekolah. Semua praktik baik berdasar pada Profil Pelajar Pancasila. Keunggulan yang dirasakan dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Negeri Aroeppala adalah adanya sistem pembelajaran yang berdiferensiasi dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kelemahan yang dirasakan hanya terletak pada penyempitan cakupan materi. Implementasi kurikulum merdeka di sekolah tersebut sudah berjalan dengan baik terutama pada kegiatan belajar mengajar dan proyek, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu dioptimalkan.
Copyrights © 2024