Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 1 (2024): November

Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Siswa

Saputri, Rahmawati Eka (Unknown)
Sari, Fatikhah Andan (Unknown)
Nurhidayah, Fitri (Unknown)
Ramadani, Rahma Adelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gandasari 3 Kota Tangerang. Populasi dalam penelitian menggunakan seluruh siswa IV di Sekolah Dasar Negeri Gandasari 3 yang berjumlah 21 siswa. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa secara umum termasuk dalam kategori baik dengan persentase 45%. Sedangkan gambaran hasil prestasi siswa secara umum termasuk dalam kategori baik dengan persentase 65%. Hasil kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...