Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 2 (2020): Merdeka Belajar di Era New Normal

Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas rendah

Intan Kusuma Wardani (Universitas PGRI Madiun)
Sri Lestari (Universitas PGRI Madiun)
Melik Budiarti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2020

Abstract

Membaca permulaan merupakan proses tahapan belajar siswa dalam membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Kesulitan membaca merupakan kondisi siswa tidak lancar dalam membaca, kesulitan dalam mengenal huruf abjad, mengeja, dan memahami isi bacaan. Terdapat  beberapa karakteristik dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesulitan membaca. Adapun karakteristik adalah (1) kesulitan dalam mengenal huruf (2) kesulitan dalam mengeja (3) kurang memahami tanda baca (4) sulit memahami isi bacaan. Faktor-faktornya adalah (1) kesehatan fisik (2) kemampuan pengindraan (3) lingkungan keluarga (4) sarana prasarana (5) motivasi belajar (6) minat. Penelitian ini menggunakan kualitatif studi kasus  purposive sampling dengan pendekatan  dskriptif kualitatis dengan menggunakan 4 siswa sebagai subjek penelitian. hasil dari penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang kesulitan dalam mengenal huruf, belum dapat mengeja, tidak memahami arti tanda baca, dan tidak memahami isi bacaan yang telah dibaca serta minat siswa yang rendah dapat mempengaruhi kegiatan membaca siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...