Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan pendampingan belajar melalui model belajar reciprocal learning di lingkungan keluarga; (2) mengetahui kelayakan model belajar reciprocal learning; dan (3) mengetahui efektivitas pendampingan belajar model reciprocal learning di lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, angket, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua wali berjumlah 16 orang di SD N Karangrejek I sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu: (1) menghasilkan pendampingan belajar model reciprocal learning di lingkungan keluarga; (2) Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan praktisi produk (model) ini dikatakan baik dari komponen angket yaitu 88,64% , kreteria sangat baik untuk komponen buku pedoman dan materi dengan masing-masing skor 90,93% dan 93,75%. Dari ketiga komponen tersebut membuktikan bahwa produk ini layak untuk digunakan dalam kegiatan pendampingan belajar di lingkungan keluarga. Selain itu hasil peran orang tua yang menunjukkan sikap sangat setuju juga merupakan bukti bahwa model pendampingan belajar reciprocal learning ini layak diterapkan di rumah; (3) Selanjutnya berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test pada siswa bahwa pendampingan melalui model belajar reciprocal learning ini dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pendampingan melalui model belajar reciprocal learning siswa SD di lingkungan keluarga efektif.
Copyrights © 2023