Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Implementasi IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV DI SDN Getasanyar 3

Gilang Kristyan Yulianto Saputro (Universitas PGRI Madiun)
Ibadullah Malawi (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi mata Pelajaran IPAS dalam kurikulum Merdeka dikelas IV di SDN Getasanyar 3.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif ini mengeksplorasi pengalaman guru dan kepala sekolah melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi dan melibatkan subjek sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah mampu melaksanakan kurikulum merdeka dengan baik namun ada beberapa hal yang menghambat jalannya kurikulum disekolah. Sekolah mengalami berbagai tantangan seperti kurangnya sarana prasarana, kurangnya pelatihan dan keterbatasan waktu dalam penerapannya. Selain itu kurikulum ini memberikan pengalaman baru bagi siswa, guru, dan kepala sekolah. Meskipun demikian sekolah memiliki peluang untuk memperbaiki impliementasi kurikulum merdeka dengan berbagai upaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...