Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Materi Keanekaragaman Budaya Indonesia dengan Media Patara Budaya Siswa Kelas IV SD

Nita Handayani (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Pacing 2 Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan penggunaan media Pembelajaran Papan Ragam Budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SDN Pacing 2 Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2023/2024, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai KKM 65 pada siklus I sebesar 90% meningkat menjadi 100% pada sisklus II hal ini mengalami peningkatan sebesar 10% dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang diteapkan oleh peneliti sebesar 70%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...