Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Masa Transisi Covid- 19

Fevina Fayi Ayu Pradani (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)
Suyanti Suyanti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pembelajaran tematik pada masatransisicovid-19danmendeskripsikanfaktor-faktoryangmempengaruhikesulitanpembelajarantematik pada masa transisi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data padapeneltian adalah guru kelas III serta 9 siswa kelas III di SDN 1 Sedarat. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksankan dengantahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwakesulitan pembelajaran tematik pada masa transisi covid-19 diantaranya, kesulitan dalam memahamimateri, kesulitan dalam mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, kesulitan dalam berhitung.Faktor-faktor kesulitan pembelajaran tematik pada masa transisi covid diantaranya, minat dan motivasi,sikap siswa,konsentrasi belajar, rasa percaya diri, metode mengajar, media pembelajaran, lingkungansekitar. Penelitian ini mengungkapkan adanya kesulitan-kesulitan dalan pembelajaran tematik pada masatransisi covid-19, serta mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam pembelajarantematik di masa transisi covid-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...