Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan konsep dan/atau subkonsep matakuliah termodinamika teknik yang dianggap sulit dan sukar untuk dipahami, serta faktor-faktor penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa pada matakuliah terÂmodinamika teknik. Rancangan penelitian dengan mix meÂÂthod dengan langkah: kajian awal dengan memetakan pemahaman siswa melalui tes pemahaman dan faktor penyebab miskonsepsi melalui survei, studi dokumentasi dan waÂwanÂcara mendalam di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian meÂnunjukkan bahwa: 1) materi pada termodinamika teknik yang dianggap mahasiswa sulit dikerjakan meliputi transfer energi, proses adiabatik, entropy system, carnot cycle and otto cycle, dieÂsel cycle and brayton cycle, dan combustion system and internally-externally reversible processes; 2) dua faktor utama penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa meliputi Lemahnya Tingkat kemampuan menganalisis soal perhitungan dan Terbatasnya Ketersediaan media pendukung belajar; dan 3) bahwa sangat efektif pemÂbelÂÂajaran berpendekatan peta pikiran (mind mapping) sebagai alterÂnatif meÂmeÂcahÂkan masalah rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa.
Copyrights © 2018