Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
Vol 2, No 1 (2018)

INOVASI PEMBELAJARAN MUTAKHIR DENGAN MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI EXPERT DAN AKSELERASI POLA PIKIR MAHASISWA

Putra, Andika Bagus Nur Rahma (Unknown)
Mukhadis, Amat (Unknown)
Partono, Partono (Unknown)
Nauri, Imam Muda (Unknown)
Purwanto, Eko Edi (Unknown)
Sholah, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan konsep dan/atau subkonsep matakuliah termodinamika teknik yang dianggap sulit dan sukar untuk dipahami, serta faktor-faktor penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa pada matakuliah ter­modinamika teknik. Rancangan penelitian dengan mix me­­thod dengan langkah: kajian awal dengan memetakan pemahaman siswa melalui tes pemahaman dan faktor penyebab miskonsepsi melalui survei, studi dokumentasi dan wa­wan­cara mendalam di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian me­nunjukkan bahwa: 1) materi pada termodinamika teknik yang dianggap mahasiswa sulit dikerjakan meliputi transfer energi, proses adiabatik, entropy system, carnot cycle and otto cycle, die­sel cycle and brayton cycle, dan combustion system and internally-externally reversible processes; 2) dua faktor utama penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa meliputi Lemahnya Tingkat kemampuan menganalisis soal perhitungan dan Terbatasnya Ketersediaan media pendukung belajar; dan 3) bahwa sangat efektif pem­bel­­ajaran berpendekatan peta pikiran (mind mapping) sebagai alter­natif me­me­cah­kan masalah rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JTO

Publisher

Subject

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik ...