ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 4, No 2 (2016): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Mengembangkan Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Anak Usia Dini Secara Qur'ani pada TK Masyitoh Mranggen Demak

Sabiq, Fairuz (Unknown)
Millah, Dliyaul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2017

Abstract

Pendidikan pada masa kanak-kanak memegang peran penting dan sangat esensial memberikan pengaruh yang sangat dalam, yang mendasari proses pendidikan dan perkembangan anak selanjutnya. Pada usia lima tahun pertama masa kanak-kanak penuh dengan kejadian penting dan unik (a highly eventfull and unique period of life) yang meletakkan dasar bagi kehidupan seseorang di masa dewasa. Selanjutnya, pendidikan menjadi starting point yang sangat efektif dalam membekali keimanan dan ketakwaan yang kuat kepada anak-anak, fondasi pengetahuan modern, serta wawasan kemasyarakatan dan kebangsaan yang holistik dan komprehensif. Oleh karena itu, diperlukan penerapan pendidikan secara Qur’ani untuk mengembangkan kecerdasan anak usia dini baik secara intelektual (IQ), emosional (EQ), maupun spiritual (SQ), seperti yang telah diterapkan oleh TK Masyitoh Mranggen Demak. Dengan menerapkan beberapa metode Qur’ani, guru TK Masyitoh mampu mensinergikan tiga kecerdasan tersebut. Sehingga, anak dapat mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual secara seimbang. Pengembangan kecerdasan-kecerdasan tersebut diharapkan mampu memberikan bekal anak dalam menempuh tugas perkembangan di usia selanjutnya serta memberikan dasar yang penting dalam mempersiapkan anak menjadi pribadi yang utuh, berakidah mantap, berakhlak mulia, berkemampuan akademis tinggi, serta berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Copyrights © 2016