MAGISTRA
Vol 28, No 98 (2016): Magistra Desember

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SD N 2 BARENGLOR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

., Suyanta (Unknown)
., Tini (Unknown)
Irawati, Iisrohli (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Pendekatan Kontekstual digunakan dalam penelitian ini dengan teknik PTK (penelitian TindakanKelas). Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan  menulis  teks narasi pada siswa kelas IV SD N 2Barenglor Klaten Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilaksanakan sebanyakII siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Analisis data yangdigunakan adalah analisis komparatif. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk menyusun rencana tindakan selanjutnya.Dengan pendekatan kontekstual permasalahan dalam pembelajaran sedikit demi sedikit dapat di atasi. Kemampuandan minat menulis siswa dapat meningkat. Pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual menerapkantujuh komponen yaitu kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, menggunakan model, refleksidan penilaian sebenarnya.Kata Kunci : Pendekatan kontekstual, menulis narasi, PTK

Copyrights © 2016