Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2017): Mei

MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TK FKIP UNSYIAH

Liana . Sari (Mahasiswa Angkatan 2012 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Unsyiah)
Anizar . Ahmad (Dosen FKIP Unsyiah)
Rosmiati . . (Dosen FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2017

Abstract

Nilai karakter religius anak adalah suatu kebiasaan melakukan hal-hal yang baik sesuai ajaran agama seperti bersikap sopan santun, saling toleran dengan teman, patuh dan taat melaksanakan aturan. Bagaimana mengembangkan nilai karakter religius anak usia dini melalui metode bercerita di TK FKIP Unsyiah menjadi kajian dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai karakter religius pada anak usia dini di TK FKIP Unsyiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia dini pada Kelompok B2 TK FKIP Unsyiah pada tahun ajaran 2016 berusia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan prasiklus anak yang belum berkembang terdapat 10 orang anak (66,6%). Mulai berkembang terdapat 4 orang anak (26,7%). Berkembang sesuai harapan terdapat 1 orang anak (6,7%). Sedangkan anak yang berkembang sangat baik belum terlihat pada tindakan prasiklus. Pada tindakan siklus I yang belum berkembang ada 4 orang anak (26,7%). Mulai berkembang ada 6 orang anak (40%). Pada kategori berkembang sesuai harapan ada 5 orang anak (33,3%). Sedangkan anak yang berkembang sangat baik belum ada. Pada tindakan siklus II tidak terlihat lagi anak yang belum berkembang. Mulai berkembang 2 orang anak (13,3%). Berkembang sesuai harapan ada 4 orang anak (26,7%), dan berkembang sangat baik terdapat 9 orang anak (60%). Pada tindakan siklus II menunjukkan bahwa persentase anak mendapatkan bintang 3 dan 4 mencapai angka lebih dari 80%. Di simpulkan bahwa nilai karakter religius anak melalui metode bercerita di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh mengalami perkembangan.Kata Kunci: Metode bercerita, pengembangan nilai karakter, religius.

Copyrights © 2017