Jurnal Jalan Jembatan
Vol 28 No 3 (2011)

PENILAIAN KINERJA SEISMIK JEMBATAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS PUSHOVER

Surviyanto, Anton (Unknown)
Hardono, Setyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2018

Abstract

ABSTRAKPada jembatan panjang atau kolom tinggi diperlukan suatu analisis yang lebih kompleks untuk mengetahui perilaku dinamik atau gempa. Salah satu analisis yang sering digunakan adalah Prosedur Statik Nonlinier ( NSP). Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mengefaluasi perbandingan respon struktur dan kelayakan system struktur jembatan terhadapt peraturan persyaratan gempa dengan meneraokan Prosedur Statik Nonlinier (Nonliniar Static Pushover/NSP). Prosedur Statik Nonlinier (NSP) ini dilakukan dengan mengimplementasikan Analisis Pushover pada jembatan berdasarkan Federal Emergency Management Agency (FEMA)-2073. Untuk tujuan perbandingan digunakan juga, Nonliniar Time-History Analysis (NLTHA), yang dipertimbangkan sebagai metode paling akurat. Penelitian dibatasi hanya untuk jembatan simetris tanpa skew. Abutment dan pier diasumsikan ditumpu oleh bored pile. Sambungan momen antara struktur atas dan pier diasumsikan sambungan kaku (rigid). Jembatan sebagai objek penulisan diambil Jembatan Penggarong di Jawa Tengah. Metode analisis dan desain struktur mengikuti prosedur Applied Technology Council (ATS)-49 sesuai dengan Seismic Desaign and Analysis Prosedur (SDAP). Jembatan Pengragon dianalisis menggunakan NSP dan LTHA. Satu riwayat waktu gempa El Centro 1940 NS di implementasikan untuk melakukan analisis time-history. Pola beban Modal digunakan untuk merepresentasikan distribusi gaya inersia yang dihasilkan oleh gempa. Perpindahan, geser dasar, dan deformasi sendi plastic yang diperoleh dari prosedur NSP dibandingkat dengan NLTHA. Analisis menggunakan intensitas beban seismik gempa kuat. Kinerja jembatan dievaluasi terhadap beban gempa. Hasil kajian menunjukan NSP memberikan nilai yang lebih konservatif dibandingkan NLTHA. Untuk gempa arah longitudinal, perbandingan hasil perpindahan analisis NLTHA adalah 15.73% dari analisis respon spektrum. Sedangkan perbandingan perpindahan analisis NLTHA dan analisis pushover adalah 9.05% untuk gempa arah transversal jembatan, perbedaan hasil perpindahan analisis NLTHA adalah 13,07% dari analisis respon spektrum. Sedangkan perbandingan pindahan analisis NLTHA adalah analisis pushover adalah 52.76%.Kata Kunci : Pilar Terintegrasi, Analisis Pushover, Kinerja Seismik Jembatan, Analisis Riwayat Waktu Nonlinier, Seismik Desaign and Analysis Prosedure (SDAP)

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...