Indonesian Journal of Disability Studies
Vol. 4 No. 1 (2017)

Eskalasi Usaha Konveksi Kaos dan Seragam Kerja melalui Strategi Kualitas Produk, Layanan Konsumen, dan Perluasan Jaringan Pemasaran melalui E-Commerce pada Wirausaha Forum Difabel Malang Raya (FORDIMARA) di Kota Malang Raya

Ari Pratiwi (Universitas Brawijaya)
Edy Santoso (Unknown)
Fatmawati Fatmawati (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2017

Abstract

Eskalasi atau peningkatan usaha konveksi kaos dan seragam kerja sangat penting dilakukan dengan strategi peningkatan kualitas produk, layanan konsumen dan perluasan jaringan pemasaran mengingat persaingan yang ketat di usaha konveksi, apalagi usaha ini dilakukan oleh para penyandang disabilitas yang sampai saat ini mengalami stigma miring terhadap keberadaan dan kemampuan mereka. Dalam pengabdian pada masyarakat IbM ini, kualitas produk dapat meningkat melalui pelatihan desain kaos. Layanan terhadap pelanggan dapat meningkat melalui pelatihan layanan. Untuk menjangkau semua segmen pasar, wirausaha difabel mempunyai keterbatasan mobilitas, sehingga yang sangat dipentingkan adalah strategi perluasan jaringan pemasaran tanpa mobilitas, yaitu menggunakan e-comerce. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terdapat peningkatan dari segi pengetahuan mitra dalam membuat desain kaos, layanan konsumen dan e-commerce. Keterampilan mitra juga meningkat dalam menggunakan laptop, printer, mesin jahit dan mesin bordir serta terdapat peningkatan omzet atau pendapatan mitra pengabdian setelah mengikuti kegiatan ini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijds

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Disability Studies (SINTA 3 accredited) is an academic peer reviewed journal published by Center for Disability Services (CDSS), University of Brawijaya (UB), Malang, Indonesia. The journal publishes original papers at the forefront of disability research, covering the research ...