Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model-model tools of promotion pada
UKM di Kota dan Kabupaten Bandung berdasarkan karakteristik perusahaan untuk
pengembangan bisnis lembaga tersebut. Target khusus penelitian ini adalah
ditemukannya model-model tools of promotion pada UKM di perkotaan dan
perdesaan dengan mengukur aspek-aspek efektivitas tools of promotion, budaya
perusahaan serta kinerja perusahaan melalui analisis Varian ( Analysis of
Varian/ANOVA). Populasi penelitian ini adalah para pengusaha Usaha Skala Kecil
dan Menengah yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Bandung yang dipilih
secara random. Pengambilan sampel dengan pendekatan cluster random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan:(1) Terdapat perbedaan aspek efisiensi tools of
promotion pada Usaha skala Kecil dan Menengah di perkotaan dan perdesaan
dikaitkan dengan budaya perusahaan dan implikasinya terhadap kinerja perusahaan.,
(2) Terdapat perbedaan aspek waktu eksekusi tools of promotion pada Usaha skala
Kecil dan Menengah di perkotaan dan perdesaan dikaitkan dengan budaya
perusahaan dan implikasinya terhadap kinerja perusahaan., (3)Terdapat perbedaan
aspek expense tools of promotion pada Usaha skala Kecil dan Menengah di
perkotaan dan perdesaan dikaitkan dengan budaya perusahaan dan implikasinya
terhadap kinerja perusahaan., (4) Terdapat perbedaan aspek ekuitas merek tools of
promotion pada Usaha skala Kecil dan Menengah di perkotaan dan perdesaan
dikaitkan dengan budaya perusahaan dan implikasinya terhadap kinerja perusahaan.
(5) Terdapat perbedaan aspek keberhasilan tools of promotion pada Usaha skala
Kecil dan Menengah di perkotaan dan perdesaan dikaitkan dengan budaya
perusahaan dan implikasinya terhadap kinerja perusahaan.
Kata Kunci: Pengembangan Bisnis ,Tools of Promotion, Usaha Skala Kecil Menengah
Copyrights © 0000