PROSIDING KOMUNIKASI
PROSIDING : AKSELERSI PEMBANGUNAN MASYARAKAT LOKAL MELALUI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (BUKU

FOOD PHOTOGRAPHY (Analisis Semiotik Food Photography Yang Menampilkan Kuliner Kota Medan Dalam Rubrik AppetiteAplaus Magazine Edisi Desember 2015)

Vita, Nadra Ideyani (Unknown)
Putri, Fetty Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2017

Abstract

Food photography adalah bagian dari still life photography yang digunakan untuk membuat makanan menjadi lebih menarik sehingga orang yang melihat foto tersebut menjadi berselera dan ingin menyicipinya.Belakangan ini food photography menjadi kegiatan yang diminati banyak orang, terutama kalangan anak muda.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda-tanda apa saja yang ditonjolkan dalam food photography Rubrik Appetite Aplaus Magazine edisi Desember 2015 beserta makna yang tersembunyi di dalamnya. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui nilai budaya yang terdapat food photography tersebut.Analisis semiotik model Charles Sanders Pierce digunakan pada penelitian ini guna menganalisis maknamakna yang terkandung di dalam foto makanan yang ditampilkan melalui teori triangle of meaning. Penelitian ini juga menggunakan kerangka nilai budaya milik seorang Antropolog, C. Kluckhohn, untuk mengetahui nilai budaya yang terdapat dalam foto-foto makanan tersebut. Untuk mendapatkan data yang lebih baik, penulis melakukan wawancara dengan fotografer yang memfoto makanan tersebut serta menambahkan informan lainnya yang berkaitan seperti fotografer, dosen mata kuliah Fotografi, dan dosen Sejarah serta Antropologi Sosial yang kemudian hasilnya dihubungkan dengan teori segitiga makna milik Pierce.Hasil penelitian adalah fotofoto makanan yang ditampilkan pada Rubrik Appetite Aplaus Magazine edisi Deember 2015 masih sekadar menampilkan makanan khas Batak menarik perhatian pembaca tetapi tidak terlalu memasukkan unsur-unsur dari kebudayaan Batak itu sendiri. Kata Kunci: food photography, foto jurnalistik, semiotik, dan nilai budaya.

Copyrights © 0000