Jurnal Medik Veteriner
Vol. 1 No. 2 (2018): April

Hidroponik Fodder Jagung sebagai Substitusi Hijauan Pakan Ternak Ditinjau dari Produktivitas Susu Kambing Sapera

Amung Logam Saputro (Department of Veterinary Clinic, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga)
Iwan Sahrial Hamid (Department of Veterinary Science, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga)
Ragil Angga Prastiya (Department of Veterinary Reproduction, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga)
Muhammad Thohawi Elziyad Purnama (Department of Veterinary Anatomy, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2018

Abstract

Hidroponik adalah sistem bercocok tanam menggunakan media cair dan nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Keuntungan bercocok tanam dengan hidroponik yakni tanaman tidak merusak tanah, tidak membutuhkan tempat yang luas, tanpa pestisida atau obat hama yang merusak tanah, mempercepat pertumbuhan dan menjaga kualitas tanaman. Penelitian ini menggunakan perbandingan konsentrat dan fodder jagung yakni P1 (100:0), P2 (60:40), P3 (75:25) dan P4 (0:100). Hasil penelitian menunjukan bahwa kuantitas susu pada hari ke-1, ke-2 dan ke-3 menunjukkan P4 berbeda nyata (p<0,05) dengan P1, P2, dan P3. Hal ini menunjukkan penurunan kuantitas susu pada P4 dan kuantitas susu terbanyak pada P1 dan P3. Simpulan penelitian perlakuan pemberian fodder jagung 25% dan konsentrat 75% serta perlakuan konsentrat 100% dapat meningkatkan kuantitas susu kambing Sapera.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JMV

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Veterinary

Description

urnal Medik Veteriner (JMV) publishes high quality and novelty papers focusing on Veterinary and Animal Science. The fields of study are anatomy, pathology, basic medicine, veterinary public health, microbiology, veterinary reproduction, parasitology, animal husbandry and animal welfare. Food ...