Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengintegrasikan model pembelajaran problem solving dan learning cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa (2) pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar; (3) interaksi antara model pembelajaran problem solving dan learning cycle 5E dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 × 2. Partisipan pada artikel ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 dan XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Surakarta tahun Pelajaran 2016/2017. Data hasil penelitian menggunakan anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, sedangkan data prestasi analisis dan uji menggunakan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada faktor model pembelajaran pemecahan masalah dan siklus belajar 5E (2) Ada pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi dan keterampilan, sedangkan kemampuan untuk belajar; (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran problem solving dan learning cycle 5E dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar siswa, sikap dan keterampilan. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kelompok Peer, Prestasi Belajar Siswa
Copyrights © 2018