Intuisi
Vol 10, No 1 (2018): Maret 2018

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN MEDIA PUZZLE ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1–5 PADA ANAK TUNAGRAHITA

Yulianti, Ambarita (Unknown)
Dahriyanto, Luthfi Fathan (Unknown)
Sugiariyanti, Sugiariyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Asbtrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang telah ditemukan bahwasiswa TKLB C yang belum mampu mencapai standar kompetensi dasar yangmengakibatkan anak hanya bisa menghafal angka 1 sampai 5 tetapi tidak dapatmembedakan antara angka 1,2,3,4, dan 5, selain itu anak juga belum mampumengurutkan angka, menghubungkan angka 1 sampai 5 dengan jumlahbendanya dan juga penerapan pembelajaran guru belum efektif bagi siswatunagrahita. Pendekatan pembelajaran remedial bertujuan untuk membantuanak berkebutuhan khusus dalam upaya mencapai kompetensi yang ditentukanmenggunakan suatu media belajar dengan lebih menekankan pada hambatanatau kekurangan yang ada pada anak. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah pemberian pembelajaran remedial menggunakan mediapuzzle angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 – 5 padaanak tunagrahita Di TKLB di SLB Negeri Semarang. Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen kelompok tunggal dengan desain time series. Sampelpenelitian ini berjumlah 3 siswa yang diambil dari keseluruhan populasi yangada berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan. Perlakuan yang diberikandalam penelitian ini berupa pengenalan konsep angka 1 sampai 5 denganpembelajaran remedial menggunakan media puzzle angka. Penelitian dilakukansebanyak enam kali yang terdiri dari hari pertama dilakuakan pretest, dan limahari selanjutnya dilakukan perlakuan dan posttest. Soal pretest dan posttestberupa lembar kerja siswa berupa kartu gambar berisi angka dan jumlah yangbiasa disebut kartu gambar loto atau flashcard. Hasil dari penelitianmenunjukkan adanya perbedaan nilai pada saat pretest dan posttest yangmengalami peningkatan yaitu sebelum pemberian perlakuan diperoleh nilai rata– rata yang rendah yaitu 1 dan mendapat nilai setelah perlakuan yaitu 3 yangartinya anak sudah mampu mandiri dalam mengenal angka. akan tetapi dilihatdari hasil statistik nilai rata – rata dari kelima indikator ada 1 indikator yangmasih perlu diperhatikan oleh guru. Hal ini dapat disimpulkan jika mediapuzzle angka terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenalangka. Abstract. This research‟s background was TKLB C students could not reachdifferenciated number 1, 2, 3, 4, nor 5. Furthermore, the students could notarranging nor matching number 1 until 5. Otherwise, learning method whichused was not so effective to applied on mentally disabled students. Mentallydisabled students was a student had been experienced less intelligencedevelopment, so they need more helps to optimized their daily activity.Remedial approaches in this study was aimed for helping mentally disabledstudents to reach standard competence, which using a learning media thatemphasized on disability of the students. The purpose of this study was toknew wheter using number puzzle media based on remedial approach could73increase the ability of recognizing number 1-5 of mentally disabled studentson TKLB in SLB Negeri Semarang. This research was single groupexperimental research with time series design. The subjects of this study were3 students which choosen from the populations based on characeristics thatwas determined. The treatment of this study was recognition concept torecognized number 1-5 with remedial learning used number puzzle media.The treatment was given 5 times with pre-test was given before treatment.Post-test was given after the treatment everyday.The result of this studyshowed that there were a difference score from pre-test to post-test. The scoreincreased from average score 1 on pre-test, and became 3 on post-test. Itmeans that the students capable to recognized number independently.However, based on statistical result from all average score of the fifthindicators, there is one indicator that need more attention from teachers. Itcould be conclude that number puzzle media effectively proved can increasethe ability of the students to recognized numbers.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

INTUISI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah is the scientific publication media to accommodate ideas and innovation research results of psychology academicians and other experts who are interested in the field of Psychology. Vision intuition is to encourage the development of science-based psychology, ...