Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 3, No 1 (2015):

Developing Integrated Computer Based Reading Material

., SANG PUTU ARSANA (Unknown)
., PROF. DR. I NYM. ADI JAYA PUTRA, M.A. (Unknown)
., DR. ASRIL MARDJOHAN, MA. (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian dan pengembangan (R & D) yang tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan materi membaca berbasis computer untuk siswa kelas x di SMK Pariwisata Ubud pada tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini antara lain (1) mencari kebutuhan belajar siswa kelas x di SMK Pariwisata Ubud pada tahun ajaran 2014/2015, (2) untuk menunjukkan cara pengembangan materi membaca berbasis computer untuk siswa kelas x di SMK Pariwisata Ubud pada tahun ajaran 2014/2015, (3) mencari pendapat siswa, guru, dan juri ahli tentang materi membaca berbasis computer. Hasil dari analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa kelas X di SMK Pariwisata Ubud membutuhkan materi yag dapat memotivasi mereka dalam belajar khususnya dalam pembelajaran membaca. Kemudian, materi dikembangkan berdasarkan pada criteria materi yang bagus dari Tomlinson. Sehingga diperoleh 7 tahapan pengembangan materi antara lain: (1) mengumpulkan isi materi, (2) membuat tampilan depan, (3) membuat tampilan isi, (4) mengisi materi, (5) membuat latihan-latihan, (6) menambahkan Hyperlink, (7) mengubah file PowerPoint. Setelah materi selesai, kemudian dinilai oleh Juri Ahli dan dibuktikan bahwa materi yang dikembangkan adalah materi yang sangat bagus.Kata Kunci : Materi, Membaca, Genre This study was a research and development (R & D) which mainly aimed at developing computer based reading material for Grade Ten Students of SMK Pariwisata Ubud in the Academic Year 2014/2015. The goals of this study were (1) finding out the learning need the students of SMK Pariwisata Ubud in the academic year 2014/2015, (2) to show the process of developing integrated computer based reading material for ten grade students of SMK Pariwisata Ubud in the academic year 2014/2015 and (3) finding out the response of the students, teacher, and expert judges about the integrated computer based reading material. The result of need analysis was the students needed a material which make them motivated in learning especially in reading. Therefore, a material was developed based on Tomlinson criteria of a good material through 7 steps such as (1) compiled the content, (2) making the introduction, (3) making the menu slides, (4) filling the slides with the content, (5) making the exercise, and (6) adding Hyperlink, (7) converting the PowerPoint. The material was evaluated by the expert judges, the result showed the developed material could be categorized as a very good material.keyword : Material, Reading, Genre

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpbi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan Bahasa Inggris. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ...