Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

KAJIAN MODEL EMPIRIS KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA PALEMBANG

Nisa' Ulul Mafra (Universitas PGRI Palembang)
Suhada . (Universitas PGRI Palembang)
Tri Sinarti (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja dosen melalui motivasi kerja pada Universitas Swasta di Kota Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kinerja dosen pada Universitas Swasta Kota Palembang dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi belum maksimal.Tujuan yang dicapai dapatĀ  meningkatkan kualitas dosen yang telah memperoleh sertifikasi dan mampu mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tingginya melalui kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakatdan menjadi masukan bagi yayasan/universitas dalam membuat kebijakan agar dosen yang telah memperoleh sertifikasi mempunyai motivasi yang tinggi untuk meningkatkan kinerja dosen.Metodologi Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path Analysis). Metode analisis ini bertujuan mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung maupun variabel total beberapa variabel penyebab (eksogen) terhadap variabel endogen (akibat) dengan pola hubungan antar variabel adalah satu arah dan semua variabel dapat diobservasi langsung.Temuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kineja dosen dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi pada Universitas Swasta di Kota Palembang, sebaiknya meningkatkan motivasi kerja terlebih dahulu. Hasil pengujian untuk variabel kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian memiliki pengaruh langsung terhadap motivasi kerja dosen, untuk kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja dosen, untuk variabel motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen, sedangkan untuk variabel kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian melalui motivasi kerja terhadap kinerja dosen memiliki pengaruh tidak langsung, sehingga diperoleh hasil dapat bahwa motivasi kerja dapat berperan menjadi variabel mediasi antara variabel kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja dosen. Implikasi hasil penelitian bahwa kinerja dosen pada Universitas Swasta di Kota Palembang dapat ditingkatkan melalui peningkatan kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan motivasi kerja.Keterbatasan penelitian adalah bahwa ruang lingkup penelitian ini hanya wilayah kota Palembang, sehingga banyak sekali keterbatasannya untuk penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan model penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang mempengaruhi kinerja dosen.Originality dalam penelitian ini Pendekatan pemecahan permasalahan tentang rendahnya kinerja dosen yang telah disertifikasi khususnya melalui kompetensi profesional, kompetensi kepriabdian, motivasi dan kinerja dosen dalam meningkatkan kinerja dosen.Keywords : Kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, motivasi kerja, kinerja dosen

Copyrights © 2018