Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 1, No 1 (2019): Februari

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bervisi SETS Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo

Sri Indriyani Van Gobel (Unknown)
Opir Rumape (Unknown)
Suleman Duengo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing bervisi SETS terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 1 Gorontalo (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing bervisi SETS terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 1 Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo, terdiri dari 9 kelas yang terdaftar pada tahun ajaran 2017-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah X IPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realiabilitas, uji nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing bervisi SETS terhadap keterampilan proses sains yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 88% (thitung = 1,804 ttabel = 1,6722). Adapun model pembelajaran inkuiri terbimbing bervisi SETS terhadap hasil belajar kognitif, menghasilkan hasil yang signifikan, memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,4 % (thitung = ttabel = 1,6722). Hasil belajar afektif memperoleh nilai rata-rata 82,25% (thitung = ttabel = 1,6722) sedangkan hasil belajar psikomotor memperoleh nilai rata-rata sebesar 83% (thitung = 3,136 ttabel = 1,6722).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...