Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 13 No 2 (2017): JBK- Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK KOPI BIJI SALAK

Ni Wayan Dewinta Ayuni (Politeknik Negeri Bali)
I Made Anom Adiaksa (Politeknik Negeri Bali)
I Gusti Agung Mas Krisna Komala Sari (Politeknik Negeri Bali)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat digemari masyarakat. Salah satu inovasi dalam minuman kopi adalah bahan baku biji kopi yang digunakan. Dewasa ini berkembang suatu bahan baku pengganti biji kopi dengan biji salak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan pelanggan (customer satisfaction index) dari produk kopi biji salak. Beberapa atribut yang diuji dalam penelitian ini adalah aroma, acidity, body, flavor, aftertaste, sweetness, conformance, aesthetic, dan inovasi yang dianalisis dengan metode customer satisfaction index (CSI) dengan memperhitungkan perbandingan tingkat performance dan importance dari masing-masing atribut. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa atribut yang memiliki tingkat performance lebih besar dibandingkan tingkat importance nya, yaitu . Indeks kepuasan konsumen terhadap produk kopi biji salak sebesar 75.35% atau pada level puas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and ...