JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 6 No 1 (2018): Vol.6.No.1.2018

HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BERUPA DIFERENSIAL DAN INTEGRAL DENGAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA

Febriani Hastini Nasution (Unknown)
Dedes Asriani Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pemahaman konsep matematika mahaiswa berupa diferensial dan integral dengan kemampuan pemecahan masalah fisika pada mata kuliah Fisika Matematika. Metode penelitian adalah penelitian kombinasi atau mixed methods dengan model penelitian sequential explanatory design yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah mahaiswa semester IV Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Teknik opengumpulan data adalah test tertulis, observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data maka diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika mahasiswa berupa diferensial dan integral dengan kemampuan pemecahan masalah fisika pada mata kuliah Fisika Matematika. Hal ini dibuktikan dari koefisien korelasi antara pemahaman konsep matematika mahasiswa (X) dengan pemecahan masalah fisika (Y) adalah sebesar disertai signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria keputusan di atas maka dapat disimpulkan bahwa korelasi kedua variabel tersebut adalah signifikan, oleh karena signifikasi yang menyertainya lebih kecil dari 0,05 ( ).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...