Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pemahaman konsep matematika mahaiswa berupa diferensial dan integral dengan kemampuan pemecahan masalah fisika pada mata kuliah Fisika Matematika. Metode penelitian adalah penelitian kombinasi atau mixed methods dengan model penelitian sequential explanatory design yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah mahaiswa semester IV Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Teknik opengumpulan data adalah test tertulis, observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data maka diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika mahasiswa berupa diferensial dan integral dengan kemampuan pemecahan masalah fisika pada mata kuliah Fisika Matematika. Hal ini dibuktikan dari koefisien korelasi antara pemahaman konsep matematika mahasiswa (X) dengan pemecahan masalah fisika (Y) adalah sebesar disertai signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria keputusan di atas maka dapat disimpulkan bahwa korelasi kedua variabel tersebut adalah signifikan, oleh karena signifikasi yang menyertainya lebih kecil dari 0,05 ( ).
Copyrights © 2018