cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018" : 16 Documents clear
Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Cross Cultural Understanding (CCU) Berbasis Media Sosial di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Ahmad Saifudin
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.602 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.252

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Cross Cultural Understanding Prodi Bahasa Inggris Semester IV dan untuk mengetahui efektifitas buku yang telah dibuat terhadap aktivitas dan hasil belajar dengan metode Design Research. Model Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dsebut dengan Penelitian Pengembangan Model Plomp. Prosedur penelitian ini berupa Preliminary Research, Development or Prototyping Phase dan Assesment Phase. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan pada tahun 2017-2018 yang meliputi; survey lokasi, pengambilan data, pengumpulan data, menganalis data, penyusunan laporan, dan seminar hasil produk. Hasil penelitian menunjukan penggunaan buku ajar mata kuliah Cross Cultural Understanding  berbasis media sosial lebih menarik dan diterima mahasiswa sehingga  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Semester IV.
Kontrol Diri Dan Kecemasan Siswa SMA Dalam Menghadapi Ujian Nasional Siti Nurina Hakim
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.766 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.249

Abstract

Ujian nasional (UN) sering disebut sebagai salah satu sumber kecemasan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kecemasan siswa SMA dalam menghadapi ujian nasional. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan kecemasan siswa SMA dalam menghadapi UN. Metode yang digunakan yaitu studi korelasional. Subjek dalam penelitian adalah siswa SMA kelas XII sebanyak 109 siswa, l dengan teknik purposive sampling. alat ukur yang digunakan adalah Skala Kontrol Diri dan Skala Kecemasan. Data dianalisis dengan teknik analisi non parametrik dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution 15.0 for windows program. Hasil penelitian diperoleh r sebesar – 0,075; (p) = 0,218  artinya tidak ada hubungan antara kontrol diri dengan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Variabel kecemasan memiliki Rerata Empirik = 71,17 dan Rerata Hipotetik = 70, artinya tingkat kecemasan tergolong sedang. Variabel kontrol diri memiliki Rerata Empirik = 66,31 dan Rerata Hipotetik  = 52,5, artinya tingkat kontrol diri tergolong tinggi. Sumbangan efektif  variabel kontrol diri terhadap kecemasan sebesar 5,625%, sisanya 94,375% faktor lain yang mempengaruhi kecemasan.
KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI MEDIASI ANTARA EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA PENGEMUDI Gojek DI YOGYAKARTA Hamzah Gunawan; Andri Wisnu Wardana
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.63 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.229

Abstract

Banyak sekali perusahaan baru bermunculan dengan berbasis teknologi digital. Perusahaan ini menawarkan layanan dengan menggunakan aplikasi baru untuk konsumen maupun karyawan. Gojek merupakan salah satu perusahaan besar berbasis teknologi digital yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut karyawan selalu belajar menggunakannya dan melakukan knowledge sharing. Gojek selalu mengembangkan banyak layanan baru untuk membidik peluang bisnis baru. Penelitian ini meneliti tentang pengaruh langsung employee engagement terhadap knowledge sharing dan kinerja, maupun peran knowledge sharing sebagai  mediasi antara employee engagement terhadap kinerja pengemudi Gojek di Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengemudi Gojek di Yogyakarta. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 pengemudi Gojek. Penelitian ini menemukan bahwa ada pengaruh secara langsung dan signifikan antara employee engagement terhadap knowledge sharing dan kinerja, adanya pengaruh yang signifikan antara knowledge sharing terhadap kinerja. Hasil lainnya juga mengungkapkan bahwa knowledge sharing dapat memediasi pengaruh antara employee engagement terhadap kinerja pengemudi Gojek. 
Membangun Karakter Siswa melalui Kompetensi Kepribadian Guru Berbasis Prososial Behaviour Bilqis Maharani
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.319 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.125

Abstract

Pada hakikatnya kebanggan suatu bangsa adalah pendidikan. Manusia akan mampu menentukan hakikatnya sebagai manusia yaitu dengan pendidikan. Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh unsur manusiawi salah satunya guru. Namun, keberadaan sosok guru yang diharapkan siswa masih menjadi kendala di dunia pendidikan. Saat ini, guru yang diharapkan siswa haruslah memiliki kepribadian yang mampu menempatkan dirinya sebagai orang lain,  karena tidak mudah untuk mampu menyesuaikan diri terhadap orang lain terutama siswa. Kompetensi guru seperti ini sangat penting agar guru mampu meningkatkan motivasi belajar yang baik pada siswa. Cara peningkatan motivasi belajar siswa salah satunya adalah penerapan perilaku prososial atau prososial behaviour.
KIAT BEROLEH KEMAMPUAN MENULIS: KOREKSI KARANGAN OLEH TEMAN SEJAWAT Sempu Dwi Sasongko
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.229 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.250

Abstract

Kemampuan menulis merupakan kemampuan berbahasa yang perlu  mendapat perhatian dosen karena banyak mahasiswa kurang mampu menulis. Untuk itu, pembelajaran menulis perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester II tahun akademik 2017/2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Kedosenan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. Simpulan penelitian salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah pemanfaatan koreksi hasil tulisan mahasiswa oleh teman sejawat. Aktivitas ini terbukti menjadi kiat mahasiswa beroleh kemampuan menulis.Melalui strategi ini mahasiswa mendapat contoh tulisan yang baik, mahasiswa juga mampu mengoreksi kesalahan teman sebayanya. Di sisi lain tugas koreksi dosen sedikit banyak berkurang, sehingga dosen dapat melakukan kontroluntuk perbaikan dan peningkatan kemampuan menulis. Dosen dapat mencipta kiat beroleh kemampuan berbahasa.
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan Melalui Model Treffinger Berbantuan Masalah Open-Ended Ni Putu Juliantari; I Gusti Putu Suharta; I Made Suarsana
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.998 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan tanggapan siswa melalui penerapan model treffinger berbantuan masalah open-ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMPN 2 Singaraja sebanyak 32 siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan analisis data, secara klasikal menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan ditiap siklus secara berturut-turut, yaitu 46,88%, 68,75%, 87,5% dengan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dari siklus ke siklus secara berturut-turut, yaitu 74,69, 77,60, 82,08. Selain itu, siswa merespon sangat positif model treffinger berbantuan masalah open-ended.
Pengembangan Media Quiet Book untuk Pembelajaran Tematik Keluargaku Sekolah Dasar Kelas I Mei Fita Asri Untari; Muhammad Arief Budiman; Dewi Kusumaningrum
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.672 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.196

Abstract

Peserta didik kelas I sekolah dasar masih merasa kesulitan membaca dengan lancar, kurang aktif di depan kelas dan tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Guru dan peserta didik membutuhkan media yang inovatif, salah satunya adalah media Quiet Book tema keluargaku. Media Quiet Book tema keluargaku yang dikembangkan, divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi media dan materi menunjukkan skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat baik” dan 4,4 dengan kategori “sangat baik”. Hasil skor rata-rata dari angket respon peserta didik adalah 4,95. Hal ini berarti media yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik”.
PROFIL TINGKAT KONDISI FISIK ATLET TARUNG DERAJAT KOTA KEDIRI DALAM MEMPERSIAPKAN KEJUARAAN PORPROV TAHUN 2018 Irwan Setiawan
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.037 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.251

Abstract

Capaian prestasi Tarung Derajat yang ada saat ini perlu didorong lagi agar lebih mencapai hasil yang optimal. Banyak jalan untuk mendorong peningkatan prestasi cabang olahraga. Salah satunya adalah dengan mengevaluasi atau mengukur tingkat kondisi fisik masing-masing atlet. Dengan mengukur kondisi fisik atlet akan didapat data yang dapat membantu pelatih menentukan program latihan yang tepat guna pada saat latihan. Selain itu dengan memperoleh data kondisi fisik atlet, dapat digunakan sebagai catatan maupun acuan untuk mencari bibit-bibit atlet yang selanjutnya akan menjadi penerus.Komponen kondisi fisik yang dapat diukur untuk mengetahui kemampuan atlet. Sebagai mana kita ketahui bahwa tanpa pengukuran yang tepat dan akurat akan mustahil menentukan tratment yang tepat. Oleh karenanya dirasa penting bagi peneliti untuk melakukan penelitian guna melihat sejauh mana tingkatan kondisi fisik atlet Puslatkot Tarung Derajat kota kediri sehingga membantu dan dapat menjadi tolak ukur penentuan program latihan bagi KODRAT kota Kediri.Penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran terhadap 9 komponen tes kondisi fisik yang digunakan untuk menunjang kemampuan fisik bagi atlet tarung derajat. Penelitian ini teknik analisis data yang digunakan untuk menguji data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Dimana hasil dari data penelitian dihitung dalam jumlah persen berapa atlet yang dalam katagori baik sekali, baik, cukup, kurang dan kurang sekali.Setelah dilakukan analisis data penelitian mengenai kondisi fisik 11 atlet tarung derajat pada Puslatkot Kediri maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa kondisi fisik secara keseluruhan atlet tarung derajat pada Puslatkot Kediri 67% termasuk dalam cukup, 33% termasuk dalam kurang, 11% termasuk dalam kategori baik, 11% termasuk dalam kategori sangat baik.
Pelatihan Managemen Budidaya Itik untuk Meningkatkan Produksitivas Kelompok Ternak di Desa Slorok Kecamatan Doko Kabupaten Blitar Rosidi Azis; Lestariningsih Lestariningsih
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.794 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.236

Abstract

Budidaya itik di Desa Slorok Kecamatan Doko Kabupaten Blitar produktivitasnya rendah. Program pelaksanaan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas itik hibrida yang dipelihara oleh kelompok Peking dan Sido Makmur. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan ini yaitu survey terhadap masalah, analisis masalah dan penentuan fokus masalah. Pelatihan budidaya itik meliputi managemen pakan, sanitasi dan kesehatan itik hibrida. Hasil dari pelaksanaan PKM yaitu managemen pakan dilaksanakan diberikan pukul 06.00 WIB dan pukul 15.00 WIB. Pakan yang diberikan harus memenuhi syarat gizi pakan. Managemen sanitasi dilaksanakan untuk meminimalisir terserangnya penyakit pada itik. Penyakit yang sering terjadi pada itik di keompok ini yaitu ND, AI, Snot, CRD dan DHV. Ternak yang terinfeksi penyakit pelru dipisah dikandang yang berbeda dengan ternak lainnya. Kesimpulan kegiatan PKM ini sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas melalui managemen pakan, sanitasi dan kesehatan ternak itik hibrida super.
URGENSI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MINAT SISWA SMP Erhan Syah Albanjari
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.017 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v3i4.208

Abstract

Penerapan pembelajaran berbasis minat pada siswa ketika proses kegiatan belajar mengajar akan menambah daya aktivitas siswa. Siswa yang mempunyai minat yang tinggi terhadap sebuah objek khususnya mata pelajaran tentu akan membangkitkan motivasi dan meningkatkan aktivitas dan  rasa keingintahuannya terhadap sebuah mata pelajaran. Dan minat tentu saja dimiliki oleh segenap siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran. Pemberdayaandan penerapan minat siswa ini sejatinya harus didorong oleh komponen proses pembelajaran yang melingkupinya. Sementara motivasi dan rasa ingin tahu siswa yang tinggi akan meningkatkan pula aktivitas belajarnya terhadap sebuah mata pelajaran. Penerapan pembelajaran berbasis minat siswa ini menjadi urgent ketika ketercapaian proses dari kegiatan pembelajaranyang maksimal menjadi tujuan yang diinginkan

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2018 2018