cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020" : 22 Documents clear
Hubungan Tutupan Lahan Terhadap ketersediaan Air di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar Trisno Widodo
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1128.353 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.535

Abstract

Perubahan tutupan lahan yang semula merupakan lahan terbuka yang berubah menjadi kawasan terbangun yang kedap air dapat menyebabkan meningkatnya debit aliran air permukaan. Seiring laju pembangunan dan perubahan pemanfaatan lahan maka semakin mengurangi daerah terbuka sebagai daerah resapan air. Sedangkan kebutuhan akan air semakin meningkat seiring dengan laju pertumbuhan penduduk. Kecamatan Kanigoro pada 5 Januari 2010 ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Blitar mengalami percepatan perubahan pemanfaatan lahan pedesaan menjadi daerah perkotaan yang mempunyai ciri khas mayoritas pemanfaatan lahannya berupa lahan terbangun. Untuk itu perlu dilakukan kajian hubungan tutupan lahan terhadap ketersediaan air di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dengan menggunakan metode analisis pemanfaatan lahan, kebutuhan air, dan ketersediaan air berdasarkan input dan output air di wilayah Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian, maka terdapat wilayah di Kecamatan Kanigoro yang volume ketersediaan air tanahnya akibat adanya perubahan penggunaan lahan dari lahan terbuka ke lahan terbangun dan meningkatnya kebutuhan air bersih. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi penatagunaan lahan sebagai daerah imbuhan untuk membantu meningkatkan kemampuan tanah meresapkan air lebih lama.
Aplikasi Wingeom Dan Media Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Bangun Ruang Geometri Ardhi Sanwidi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1030.823 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dengan bantuan media pembelajaranLectora Inspiredan aplikasiWingeompada materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan lima tahapan (ADDIE) yaitu: tahapanalisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil dari validasi ahli, perangkat dan media yang digunakan dalam pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan prosentase sebesar 98%, serta kepraktisan dalam pembelajaran dilihat dari aktivitas dosen dan mahasiswa dimana pada pertemuan pertama sampai akhir terus meningkat sehingga perangkat dan media yang digunakan dapat dikatakan praktis. Dari penilaian evektif dapat dilihat pada hasil nilaipreetestdanposttestmahasiswa dengan nilai signifikan 10,81. Dari hasil analisis dapat dikatakan penggunaan medialectoradanwingeomdalam pembelajaran pada materi geometri bidang 3 dimensi ini praktis, valid dan evektif. Penggunaan medialectoradapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, serta penggunaan aplikasiwingeommempermudah mahasiswa dalam mengabstraksi bangun 3 dimensi pada materi geometri dan mejadikannyagambar geometri yang abstrakmenjadi lebih nyata..
Perilaku Agresi Penonton Sepak Bola Ditinjau dari Harga Diri dengan Kiu Agresi Sebagai Variabel Antara Nur Halimah; Suryanto Suryanto; Dyan Evita Santi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.614 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.498

Abstract

Perilaku agresi yang muncul dalam pertandingan sepak bola disebabkan harga diri mereka yang terancam dan terluka karena adanya rangsangan situasional seperti kekalahan sehingga menyebabkan adanya emosi negative dan membuat para penonton berperilaku agresi. Adanya rangsangan/stimulus negatif yang terjadi di lapangan sepak bola secara tidak langsung akan merangsang pemikiran mereka untuk bertindak agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan variabel harga diri dengan perilaku agresi penonton sepak bola dengan kiu agresi sebagai variabel intervening. Subyek penelitian ini adalah penonton sepak bola Bonek Persebaya yang menonton secara langsung yang berjumlah 110 orang. Skala Ukur menggunakan skala perilaku agresi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,868, skala harga diri dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,815, dan skala kiu agresi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,811. Data yang terkumpul telah lolos dari semua uji asumsi klasik dan barulah kemudian dianalisis dengan teknik regresi linier ganda. Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai hubungan langsung sebesar 0,252 dan hubungan tidak langsung sebesar 0,019 yang mengartikan bahwa nilai hubungan langsung lebih besar dari hubungan tidak langsung. Hasil ini menunjukkan bahwa kiu agresi dapat dikatakan sebagai variabel yang tidak dapat memediasi antara variabel harga diri dengan perilaku agresi.
Studi Sosio-Historis Tradisi Keilmuan dan Karakteristik Pendidikan Islam di Dusun Sekardangan Arif Muzayin Shofwan
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.651 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.563

Abstract

Proses terbentuknya institusi pendidikan Islam formal pertama di Dusun Sekardangan, merupakan sejarah panjang yang dimulai dari rumah kiai, langgar (mushalla), masjid, pesantren, dan madrasah diniyah. Tulisan ini bertujuan menggali sosio-historis berdirinya institusi pendidikan Islam formal pertama di dusun tersebut beserta karakteristiknya. Penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif-analitis ini menyebutkan bahwa MI Miftahul Huda 01 dan TK Al-Hidayah 01 merupakan institusi pendidikan Islam formal yang dahulu berawal dari pendidikan Islam di rumah-rumah kiai persis sebagaimana pendidikan Islam awal jaman Nabi Muhammad SAW yang berada di rumah sahabat Al-Arqam (Dar al-Arqam). Pertama, karakteristik pengajaran Islam masa awal berdirinya dusun menggunakan tembang-tembang macapat dan syair-syair lainnya. Kedua, karakteristik pengajaran sebelum formal menggunakan sistem pengajaran tradisional berupa sorogan, bandongan, musyawarah, dan ceramah/tablig. Ketiga, karakteristik ketika telah menjadi formal dilakukan melalui sistem pembelajaran modern dengan beragam metode pengajaran, di antaranya: metode ceramah, diskusi, eksperimen, demonstrasi, pemberian tugas, sosiodrama, drill, kerja kelompok, tanya jawab, proyek, dan lainnya.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Strategi Kuis Gusti Ayu Mahayukti; Made Juniantari
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.721 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.523

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal Trigonometri ditinjau dari strategi kuis yang digunakan dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 dan kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Negara. Dalam penelitian ini, strategi kuis yang digunakan untuk siswa MIPA 5 adalah melalui media Kahoot sedangkan siswa kelas MIPA 5 melalui media WhatsApp. Data dikumpulkan dengan teknik tes uraian dan teknik wawancara. Hasil analisis data menunjukkan persentase kesalahan konsep, prosedur dan komputasi yang dilakukan oleh siswa kelas X MIPA 4 lebih rendah daripada siswa kelas X MIPA 5. Hal ini berarti strategi kuis yang digunakan merupakan salah satu faktor penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal.
Identifikasi Life Form dan Persentase Tutupan Terumbu Karang untuk Mendukung Ketahanan Ekosistem Pantai Tiga Warna Andik Isdianto; Oktiyas Muzaky Luthfi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.68 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.537

Abstract

Terumbu karang merupakan ekosistem yang sangat kompleks dan memiliki peran penting bagi lingkungan di laut. Life form terumbu karang dipengaruhi oleh faktor lingkungan, salah satunya adalah kedalaman. Identifikasi life form dan pengukuran persentase tutupan karang di Pantai Tiga Warna perlu dilakukan, dengan menggunakan metode line intercept transect dan observasi lapangan. Hasil pengukuran life form di kawasan ini, baik di kedalaman 2 dan 5 meter, didominasi coral foliose. Persentase tutupan terumbu karang yaitu 43,83% yang menunjukkan bahwa kondisi ekosistem terumbu karang adalah cukup baik untuk mendukung ketahanan ekosistem di Pantai Tiga Warna.
Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS (Higher order Thinking skill) dengan Penekanan Karakter M. Zainuddin; Sutansi Sutansi; Esti Untari
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.028 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen kelas 4 tema 1. Indahnya kebersamaan berupa soal tes HOTS yang valid dan reliabel, dan mendeskripsikan kualitas soal tes HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall, yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi produk awal, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen HOTS berupa soal tes HOTS yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa dinyatakan valid dan layak digunakan. Instrumen tersebut mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,714 (soal pilihan ganda) dan sebesar 0,940 (soal uraian). Soal pilihan ganda memiliki rata-rata tingkat kesukaran 0,416 (sedang), rata-rata daya pembeda 0,328 (baik), dan semua pengecoh berfungsi baik. Soal uraian memiliki rata-rata tingkat kesukaran 0,363 (sedang) dengan rata-rata daya pembeda 0,518 (baik).
Perilaku Prososial Ditinjau Dari Pengaruh Teman Sebaya Dengan Empati Sebagai Variabel Antara Pada Generasi Z Chadidjah D Selomo; Suryanto Suryanto; Dyan Evita Santi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.889 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.510

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengaruh teman sebaya terhadap perilaku prososial, hubungan antara pengaruh teman sebaya terhadap empati, hubungan antara empati terhadap perilaku prososial dan hubungan pengaruh teman sebaya dengan perilaku prososial dengan empati sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini adalah siswa siswi SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo yang berjumlah 120 orang. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku prososial dengan koefisien realibilitas 0,864, skala pengaruh teman sebaya dengan koefisien realibilitas 0,869 dan skala empati dengan koefisien realibilitas 0,905. Data yang terkumpul telah melalui semua uji asumsi klasik dan kemudian dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil perhitungan diatas diketahui bahwa nilai hubungan langsung sebesar 0,408 dan hubungan tidak langsung sebesar 0,185 yang berarti bahwa nilai hubungan langsung lebih besar dari hubungan tidak langsung. Hasil ini menunjukkan bahwa empati dapat dikatakan sebagai variabel yang memediasi sebagian (partial mediation) antara variabel pengaruh teman sebaya dengan perilaku prososial. Besarnya nilai R2 atau R Square sebesar 0,607. Hal ini menunjukkan hubungan pengaruh teman sebaya dengan perilaku prososial dengan empati sebesar 60,7 % sementara sisanya 39,3 % merupakan kontribusi dari variabelvariabel yang lain.
Analisis Uji Keterbacaan Modul Fisika Berbasis STEM Education Materi Usaha dan Energi Ratika Sekar Ajeng Ananingtyas
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.093 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.564

Abstract

Modul merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang pembelajaran. Pembelajaran STEM haruslah mampu mengajak siswa untuk belajar secara mandiri, kreatif, dan berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil uji keterbacaan modul fisika berbasis STEM education materi usaha dan energi. Data diperoleh dari angket skala Likert yang kemudian dianalisis secara kuantitatif. Dari hasil analisis terdapat perbedaan hasil uji keterbacaan yang tidak signifikan pada dua kelompok uji sehingga dapat disimpulkan bahwa modul layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran STEM.
Keaktifan Siswa pada Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Papan Rotasi (Partasi) Materi Transformasi Geometri Chusnul Ma'rifah; Abd Qohar
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (18.817 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i4.525

Abstract

Media pembelajaran dengan papan rotasi merupakan salah satu media yang telah dikembangkan. Menurut hasil uji coba yang telah dilakukan, media papan rotasi (partasi) banyak membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendeskripsikan keaktifan siswa dengan adanya penerapan media partasi dalam pembelajaran transformasi geometri khususnya bahasan rotasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis yang dilakukan oleh peneliti memperoleh hasil bahwa keaktifan siswa dalam katagori tinggi dengan persentase 90, 93%. Keaktifan itu ditunjukkan dengan keseriusan siswa dalam melakukan percobaan menggunakan media partasi dan berdiskusi kelompok hingga dapat menemukan rumus rotasi.

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2020 2020