cover
Contact Name
Mia Dwianna
Contact Email
mia.dwiana@untirta.ac.id
Phone
+6287832743759
Journal Mail Official
jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id
Editorial Address
Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
ISSN : -     EISSN : 26864754     DOI : DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk
Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political Communication 7. Gender Studies
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2021)" : 10 Documents clear
ANALISIS SEMIOTIKA COVER STORY KORAN TEMPO EDISI 15 OKTOBER 2020 “JALAN TERUS” Amalia Farahdiba
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.11985

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengesahan UU Cipta Kerja yang disahkan pada 5 Oktober 2020 lalu. Pemerintah mendapat sorotan publik atas kebijakan yang diambil dalam melakukan pengesahan terhadap isi UU Cipta Kerja melalui Koran Tempo. Presiden Joko Widodo dinilai tidak peduli dengan suara penolakan undang-undang tersebut, beliau tetap mengesahkan UU Cipta Kerja meskipun mendapat tekanan dan penolakan dari masyarakat. Koran Tempo sendiri merupakan media cetak nasional yang aktif menulis tentang perkembangan isu pengesahan UU Cipta Kerja dan menuangkannya ke dalam salah satu konten medianya yaitu cover story. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan makna dan pesan yang muncul dalam penggambaran cover story Koran Tempo edisi 15 Oktober 2020 dengan menggunakan analisis semiotika model Pierce. Metode penelitian memakai pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasilnya adalah makna pesan yang ditampilkan Koran Tempo menunjukkan bahwa pemerintah seperti mencoba untuk menutup mata dan telinga terhadap aksi penolakan yang disampaikan masyarakat terhadap pengesahan undang-undang tersebut.
PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI SUBBAGIAN PROTOKOL PEMERINTAH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR Kaimala Zuarni Abidin; Asep Soegiarto
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.11928

Abstract

Pemanfaatan media sosial sebagai media publikasi merupakan sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh praktisi public relations pada era digital ini. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial instagram sebagai media publikasi yang dilakukan oleh Subbagian Protokol Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan teori karakteristik media sosial yaitu Jaringan (Network), Informasi (Informations), Arsip (Archive), Interaksi (Interactivity), Simulasi Sosial (Simulation of Society), dan Konten Oleh Pengguna (User Generated Content) yang dikemukakan oleh Dr. Rulli Nasrullah, M.Si. dalam bukunya “Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi)”. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan dilakukannya pemanfaatan media sosial sebagai media publikasi adalah untuk mengenalkan Protokol Jakarta Timur kepada publik mengenai kegiatan yang dilakukan, memudahkan interaksi dengan publik, dan meningkatkan citra positif.
EFEKTIVITAS PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DIVERSIFIKASI KONSUMSI PANGAN POKOK (Kasus Akun Instagram @ayuangling) Fani Aprianti; Kartina A.M; Yudi L.A Salampessy
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.12015

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis terpaan dan daya tarik video diversifikasi konsumsi pangan pokok pada akun Instagram @ayuangling dan pengaruhnya terhadap sikap mengenai diversifikasi konsumsi pangan pokok dengan tingkat pengetahuan diversifikasi konsumsi pangan pokok sebagai variabel intervening. Sumber data diperoleh dari pengisian kuesioner oleh 150 orang responden yang juga merupakan para pengikut (followers) akun Instagram @ayuangling. Sampel ditarik menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan video diversifikasi konsumsi pangan pokok terhadap followers akun Instagram @ayuangling adalah rendah, dan daya tarik video diversifikasi konsumsi pangan pokok menurut followers akun Instagram @ayuangling adalah menarik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terpaan video diversifikasi konsumsi pangan pokok tidak berpengaruh terhadap sikap mengenai diversifikasi konsumsi pangan pokok, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui tingkat pengetahuan diversifikasi konsumsi pangan pokok sebagai variabel intervening, sementara daya tarik video diversifikasi konsumsi pangan pokok tidak berpengaruh secara langsung terhadap sikap mengenai diversifikasi konsumsi pangan pokok, namun berpengaruh secara tidak langsung terhadap sikap mengenai diversifikasi konsumsi pangan pokok melalui tingkat pengetahuan diversifikasi konsumsi pangan pokok sebagai variabel intervening.
Front Cover - Vol. 12 No. 2, Desember 2021 Ail Muldi
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.13533

Abstract

ANALISIS RESEPSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA KAMPANYE NEW NORMAL Eravany Noura Widyanggari
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.12112

Abstract

Penurunan penyebaran Virus Covid-19 di bulan Mei 2020 telah memberikan ‘angin segar’ kepada masyarakat untuk memulai aktivitas dengan tatanan hidup baru (new normal). Langkah ini dimulai dengan kunjungan Presiden Jokowi di salah satu mal di Bekasi dan diikuti oleh penyampaikan informasi protokol kesehatan oleh Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19 di salah satu media sosial Youtube “Tips Cegah Corona di Mal Ala Dokter Reisa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan masyarakat atas video tersebut, keputusan yang akan diambil oleh masyarakat setelah menyaksikan video tersebut dan apakah sosok pembicara berpengaruh terhadap penerimaan informasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis resepsi dari 10 orang informan dengan rentang usia produktif 25 – 34 tahun serta mengacu kepada teori pengambilan keputusan George R. Terry dan Brinckloe. Hasil penelitian menunjukkan tidak semua Informan setuju dengan informasi yang disampaikan atau masuk ke kategori Negotiated Reading. 90% mengambil keputusan akan tetap pergi ke mal dengan mematuhi protokol kesehatan berdasarkan Fakta dan Logika atau Rasionalitas. Masyarakat tidak terlalu memperhatikan sosok pemberi informasi namun lebih kepada informasi yang diberikan dan tetap mengikuti instruksi yang diberikan karena alasan kesehatan.
Back Cover - Vol. 12 No. 2, Desember 2021 Ail Muldi
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.13534

Abstract

DAMPAK KULIAH DARING TERHADAP PEMAHAMAN KOMUNIKASI NONVERBAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2019 Marthin Otniel; Kinkin Yuliaty Subarsa Putri
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.11625

Abstract

Kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan secara daring telah menarik perhatian peneliti untuk mengetahui dampak dari kegiatan perkuliahan daring terhadap pemahaman komunikasi non-verbal mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak dari perkuliahan secara daring terhadap pemahaman komunikasi non-verbal mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 82 orang mahassiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 68 saampel. Hasil yang diperoleh daripada penelitian ini adalah, variabel Kuliah Daring (X) memiliki pengaruh sebesar 65% atas variabel Pemahaman Komunikasi Non-Verbal (Y).
MAKNA DISTURBING VIDEO MELALUI TAYANGAN YOUTUBE BERBASIS ANIMASI PADA ANAK USIA DINI Tasha Pramilenia Risnaldi
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.12345

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan sosial media sering disalahgunakan oleh individu atau kelompok. Seringkali para creator video Youtube membuat tayangan yang tidak sesuai, seperti video yang berbasis animasi yang menampilkan kekerasan. Disturbing video adalah sebuah video yang apabila diamati dapat mengakibatkan para penonton video tersebut merasa terganggu atau merasa gelisah. Salah satu tayangan tersebut adalah video “Spongebob Squarepants – Plankton Wins” yang diunggah dalam kanal Youtube Pamtri. Dalam video ini terdapat tindak kekerasan seperti pembunuhan dengan cara menusuk badan karakter dengan pisau sampai mati. Hal ini sangat tidak mengedukasi dan tidak baik bagi psikologis anak. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui Aspek Makna pengertian (sense), perasaan (feeling), nada (tone) dan tujuan (intention) dalam tayangan “Spongebob Squarepants – Plankton Wins”. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori Aspek Makna Pateda. Untuk mendapatkan hasil penelitian dilakukan wawancara kepada beberapa informan berupa perspektif dan pengalaman anak usia dini, orang tua, dan warga yang sudah menonton tayangan tesebut. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek makna dari video “Spongebob Squarepants – Plankton Wins” berdasarkan informan tidak pantas ditonton anak usia dini dan tidak unsur edukasi. 
REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM RAYA AND THE LAST DRAGON (ANALISIS WACANA JAGER & MAIER) Khairunnisa Setyo Fatimatuzzahra; Mite Setiansah
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.11946

Abstract

Film Raya and the Last Dragon merupakan sebuah film animasi yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dan disutradarai oleh Don Hall, Calos Lopez Estrada. Film ini menarik untuk dikaji karena mengambil inspirasi dari budaya Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui representasi wacana perempuan dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana Jager & Maier dengan enam tahapan dalam prosesnya. Hasil dari penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan kepentingan antar suku dan penyalahgunaan kekuasaan didalam film, sehingga peneliti menggunakan tanda-tanda feminisme untuk menekankan kesadaran dan memperlihatkan representasi perempuan dalam film Raya and the Last Dragonbahwa perempuan mampu mengambil tingkah laku, pekerjaan, dan kegiatan yang diperankan oleh laki-laki dalam karakter yang diperankan melalui adegan baik verbal maupun nonverbal berupa dialog dan penampilan dalam film.
COMPETITION AMONG YOUTUBERS; CELEBRITIES VS NON-CELEBRITIES Lambok Hermanto Sihombing; Annisa Damayanti F.; Fadillah Zuriana; Puji Lestari
Jurnal Riset Komunikasi Vol 12, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v12i2.12561

Abstract

This study is aimed to analyze and compare the effect of controversial celebrity YouTubers and non-celebrity YouTubers in Indonesia. In this study, researchers used three celebrity YouTubers and three non-celebrity YouTubers as a research object. There are several elements to be discussed in this study that include YouTube accounts, types of content, the number of subscribers, and viewers. The theoretical basis used in conducting the analysis is the theory of capital Pierre Bourdieu proposed by Tomasema. There are four capital forms; economic, human, social, and symbolic. Furthermore, the results of the research showed that the presence of celebrity YouTubers has an impact on the existence and careers of non-celebrity YouTuber.

Page 1 of 1 | Total Record : 10