cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing Goodwill diterbitkan oleh Program Magister Akuntansi (MAKSI) Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi, penelitian dan karya ilmiah antara pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. Redaksi menerima naskah yang belum diterbitkan oleh media dan tinjauan atas buku-buku akuntansi terbitan dalam dan luar negeri yang baru serta catatan/komentar atas artikel yang dimuat dalam jurnal ini. Surat-surat mengenai naskah yang diterbitkan, langganan, keagenan, dan lainnya dapat dialamatkan langsung ke redaksi atau lewat email : goodwillmaksi@yahoo.com.
Arjuna Subject : -
Articles 229 Documents
Pengaruh Inventarisasi, Legal Audit, Penilaian dan Kondisi Aset terhadap Optimalisasi Pemanfaatan Aset pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango Pauweni, Sherly; Karamoy, Herman; Gamaliel, Hendrik
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 8, No 2 (2017): Goodwill Vol. 8 No. 2 Juli-Desember 2017
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v8i2.17172

Abstract

Abstract. One of the main problems in the asset management is the asset utilisation and management disorders. This creates difficulties for the local government to identify the assets that they hold or manage, thus the asset utilisation and its management tend not to be optimal. The objective of this research is to analyse the impact of asset management to the optimisation of the asset utilisation at Local Government of Bone Bolango. The variables utilised for this research are stocktaking, legal auditing, assessment and condition of the asset. The samples for this research are 104 people. Respondents were selected through purposive sampling. This is a quantitative research and the method used was multiple regression analysis. The research finding shows that partially, the stocktaking, assessment and condition of the asset have positive and significant impact to the optimisation of asset utilisation; while the legal auditing has no impact toward the optimisation of asset utilisation. The value of the coefficient of determination shows that the stocktaking, legal auditing, assessment and condition of the asset altogether contribute to the optimisation of asset utilisation which is 58,8% and the remaining of 41,2% is affected by the factors beyond this research.Keywords: The Optimization of Asset Utilisation, Stocktaking, Legal Auditing, Assessment, and Condition of the asset.Abstrak. Salah satu masalah utama dalam manajemen aset adalah ketidaktertiban dalam penggunaan dan pemanfaatannya. Ini menyebabkan pemerintah daerah kesulitan untuk mengetahui secara pasti aset yang dikuasai atau dikelolanya, sehingga aset-aset tersebut cenderung tidak optimal dalam penggunaan maupun pemanfaatannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen aset terhadap optimalisasi pemanfaatan aset pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventarisasi, legal audit, penilaian dan kondisi aset. Dengan menggunakan purposive sampling, jumlah sampel penelitian yang diambil sebanyak 104 orang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial inventarisasi, penilaian dan kondisi aset berpengaruh positif dan signifikan terhadap optimalisasi pemanfaatan aset, sedangkan legal audit tidak berpengaruh terhadap optimalisasi pemanfaatan aset. Nilai dari koefesien determinasi menunjukkan bahwa inventarisasi, legal audit, penilain dan kondisi aset bersama-sama berkontribusi terhadap optimalisasi pemanfaatan aset yaitu sebesar 58,8 %, dan sisanya 41,2 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian.Kata kunci: Optimalisasi Pemanfaatan Aset, Inventarisasi, Legal Audit, Penilaian dan Kondisi Aset 
Pengaruh Independensi, Profesionalisme dan Role Stress Terhadap Kinerja Auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Tubagus, Sofyan; Pio, Riane Johnly; Rumawas, Wehelmina
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 9, No 1 (2018): Goodwill Vol. 9 No. 1 Januari-Juni 2018
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v9i1.19102

Abstract

Abstract. This research aims to know the influence of independence, professionalism and role stress on the performance of BPK RI auditors Regional Office For North Sulawesi Province. The sample size in this study is 63 respondents which is the total population of BPK RI auditor Regional Office for North Sulawesi Province. Method of analysis used is Structural Equation Modeling with Partial Least Squares approach (SEM-PLS).The results of this study show that as partially, independence has a positive effect on performance, as well as professionalism that positively affect the performance, while for variable role stress has a negative effect on performance. Furthermore, the simultaneous test found that independence, professionalism and role stress simultaneously affect to the performance. The results of this study also found that besides the independence and professionalism variables, the role stress variable has the most dominant influence, therefore it is always necessary to review and formulate the rules, policies and institutional strategies of BPK RI, especially at the Regional Office For North Sulawesi to suppress level of role stress for better auditor performance.Keywords: Independency, Profesionalism, Role Stress, PerformanceAbstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh independensi, profesionalisme dan role stress terhadap kinerja auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 responden yang merupakan jumlah populasi keseluruhan dari auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara yang ada. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial independensi berpengaruh positif terhadap kinerja, begitu juga dengan profesionalisme yang berpengaruh positif terhadap kinerja, sedangkan untuk variabel role stress memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja. Selanjutnya untuk pengujian simultan didapatkan independensi, profesionalisme dan role stress secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja. Hasil dari penelitian ini juga menemukan bahwa disamping variabel independensi dan profesionalisme, variabel role stress adalah yang memiliki pengaruh paling dominan, untuk itu perlu selalu dilakukan pengkajian dan perumusan terhadap aturan, kebijakan maupun strategi kelembagaan dari BPK RI khususnya pada Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara untuk bisa menekan tingkat role stress agar kinerja auditor semakin baik.Kata kunci: Independensi, Profesionalisme, Role Stress, Kinerja
ANALISIS KUALITAS APARAT PENGAWAS INTERN PEMERINTAH DALAM PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara) Lumbantobing, Josua H.R.; Saerang, David Paul Elia; Wokas, Heince
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 6, No 1 (2015): Goodwill Vol. 6 No. 1 Juni 2015
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v6i1.8449

Abstract

This study aimed to analyze the quality of internal government regulatory authorities. A common problem in this study is the finding of the audit that is not detected by the inspectorate apparatus as an internal auditor, but was found by the external auditor, the Supreme Audit Agency (BPK). The method used in this research is descriptive qualitative. As in qualitative research, the authors use the method of in-depth interviews and Forum Group of Discussion with informants who have knowledge related to this research. The results show, that became key points of analysis of internal audit quality authorities Southeast Minahasa regency government is to meet the needs of the Inspectorate competent authorities by providing technical guidance, education and ongoing training to improve quality. Not doing too frequent mutations, mutation should be done in accordance with the competence of the employees. While that is key to improving the quality of the Inspectorate is a strong commitment of the Head of Region for the creation of good and clean government to push for a more active role Inspectorate. The existence of the fulfillment of the budget for the Inspectorate of 1%. This study certainly has limitations that can not be ignored. Therefore, further research is needed as a future research agenda.
Pengaruh Kompetensi, Pengalaman Kerja, Etika, dan Supervisi Audit Terhadap Kualitas Hasil Audit Inspektorat Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara JUMRI, PAULINA THERESIA RAHAYU; SONDAKH, JULLIE J.; WARONGAN, JESSY D.L.
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 8, No 1 (2017): Goodwill Vol. 8 No. 1 Juni 2017
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v8i1.15253

Abstract

Abstract. The consequence of the regional autonomy is the responsibility of local government to manage the region according to the principles of good governance. The Inspectorate’s role and functions were expected to create it, through improving the audit quality supported by quality and integrity of Government Internal Auditor (APIP). This study aimed to analyze the influences of competence, work experience, ethic, and audit supervision to the audit quality of Municipality Inspectorates in North Sulawesi Province simultaneously and partially used F-test and t-test with multiple linear analysis method.The population of this study was all of Inspectorate’s APIP of municipalities in North Sulawesi Province, and the sample were Inspectorate’s APIP of 4 municipality consist of Bitung, North Minahasa, Manado, and Talaud Islands as many as 125 respondents of APIP. The data used in this study was primary data collected by questionnaires.The results based on the calculation of the coefficient of determination in this study was 0.701 means the 70.1% audit quality influenced by competence, work experience, ethic, and audit supervision while the remaining 29.9% is influenced by other factors outside the study. After testing the hypothesis concluded that competence, ethic, and audit supervision has positively significant influences on the audit quality. While work experience has none positively significant influence on the audit quality.Keywords : competence, work experience, ethic, audit supervisionAbstrak. Konsekuensi dari otonomi daerah adalah semakin besar tanggungjawab pemerintah daerah dalam mengelola daerahnya yang sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan daerah yang baik. Peran dan fungsi Inspektorat sangat diharapkan dalam mewujudkannya, melalui meningkatkan kualitas hasil audit yang didukung sumber daya APIP yang berkualitas dan berintegritas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, pengalaman kerja, etika, dan supervisi audit terhadap kualitas hasil audit Inspektorat Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara secara simultan dan parsial digunakan Uji F dan Uji t dengan metode analisis linier berganda.Populasi pada penelitian ini adalah APIP Inspektorat Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 4 Kabupaten/kota yaitu Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado, dan Kabupaten Kepulauan Talaud sebanyak 125 orang APIP. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner.Hasil penelitian berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 0,701 artinya kualitas hasil audit sebesar 70,1% dipengaruhi oleh kompetensi, pengalaman kerja, etika, supervisi audit sedangkan sisanya 29,9 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Setelah dilakukan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa kompetensi, etika dan supervisi audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hasil audit. Sedangkan pengalaman kerja berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kualitas hasil audit.Kata Kunci : kompetensi, pengalaman kerja, etika, supervisi audit.
Analisis Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dollah, Kasman; Saerang, David P E; Manossoh, Hendrik
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 8, No 1 (2017): Goodwill Vol. 8 No. 1 Juni 2017
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v8i1.15663

Abstract

Abstract. The issuance of Government Regulation (PP) No.71 in 2010 about Government Accounting Standards and Regulation of the Minister of Home Affairs (Permendagri) No.64 in 2013 regarding application of accrual basis government accounting standards in local government, requires that each local government to be able to implement the slowest starting from fiscal year 2015. This study is aimed to analyze the obstacles faced and the efforts to overcome the obstacles encountered in the implementation of the Government Accounting Standards (SAP) Accrual Basis in the Government Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. The method used in this study is a qualitative research method with case study approach. Data collection techniques were observation, indepth interviews, and documentation. Data was analyzed by data reduction, data presentation and drawing conclusions. Method of triangulation was employed to check data validity. This study found that there are 4 (four) factors as the obstacles in the implementation of accrual basis SAP in resources, dispositions/ attitudes, fixed asset accounting and accounting obligations. Based on the existing constraints, Kabupatan Bolaang Mongondow Utara government has made efforts to overcome them. However, the efforts still have not overcome the obstacles faced primarily related to fixed asset accounting. Key Words: Accrual Basis, Constraints, Effort Abstrak. Diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) No.71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.64 Tahun 2013 tentang penerapan SAP berbasis akrual pada pemerintah daerah, mewajibkan setiap pemerintah daerah untuk dapat melaksanakannya paling lambat mulai tahun anggaran 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi dan upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam implementasi SAP Berbasis Akrual pada pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik memeriksa validitas data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 (empat) faktor yang menjadi kendala dalam implementasi SAP Berbasis Akrual yaitu sumber daya, disposisi/sikap, akuntansi aset tetap dan akuntansi kewajiban. Dari kendala yang ada, pemerintah Kabupatan Bolaang Mongondow Utara telah melakukan upaya-upaya untuk mengatasinya. Tetapi upaya yang dilakukan masih belum bisa mengatasi kendala yang dihadapi terutama yang berkaitan dengan akuntansi aset tetap.Kata Kunci : Basis Akrual, Kendala, Upaya
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelaksanaan Pengadaan Barang/jasa Di Pemerintah Provinsi Gorontalo Ahmad, Surya H; Sondakh, Jullie J; Morasa, Jenny
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 8, No 2 (2017): Goodwill Vol. 8 No. 2 Juli-Desember 2017
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v8i2.18620

Abstract

Abstract. Procurement of government goods / services is the activity of obtaining goods / services at reasonable prices, quantity and quality appropriately and timely. Goods / services procurement activities cover efforts to meet the needs of goods / services based on prevailing regulations and legislation, with various considerations for the purposes of easy control and evaluation. By implementating good procurement of goods / services, the good governance atmosphere is hoped to be established. This study aims to analyze the factors that affect the quality of procurement of goods / services in the Provincial Government of Gorontalo. This is a quantitative research and data were analysed by multiple linear regression analysis. Primary data were employed in this study and collected by distributing questionnaires. This study uses four independent variables, namely self-estimate price (HPS), time of procurement of goods / services, integrity, method of selection of goods / service providers, and one dependent variable is the quality of procurement of goods / services.The result of the research shows that the estimated price affect negatively and significantly the quality of the procurement of goods / services. On the other hand, the time of procurement of goods / services, integrity, and the method of selection of goods / service providers affect positively and significantly  the quality of procurement of goods / services in the Government Gorontalo Province.Keywords: HPS, Implementation of procurement of goods / services period, integrity, procurement of goods/services. Abstrak. Pengadaan barang/jasa pemerintah merupakan kegiatan memperoleh barang/jasa dengan harga yang dapat dipertanggungjawabkan, jumlah dan kualitas yang sesuai serta pengadaan yang tepat waktu. Kegiatan pengadaan barag/jasa mencakup usaha-usaha untuk mencukupi kebutuhan barang/jasa berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dengan berbagai pertimbangan agar pengendalian dan evaluasi mudah dilakukan. Dengan pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang baik akan menciptakan suasana pemerintahan yang baik (Good Governance). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelaksanaan pengadaan barang/jasa di Pemerintah Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen yaitu harga perkiraan sendiri (HPS), waktu pelaksanaan pengadaan barang/jasa, integritas, metode pemilihan penyedia barang/jasa, dan satu variabel dependen yaitu kualitas pelaksanaan pengadaan barang/jasa.Hasil penelitian menunjukan bahwa harga perkiraan memiliki  pengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas pelaksanaan pengadaan barang/jasa, sedangkan waktu pelaksanaan pengadaan barang/jasa, integritas, dan metode pemilihan penyedia barang/jasa memiliki pengaruh positif dan signifikan  terhadap kualitas pelaksanaan pengadaan barang/jasa di Pemerintah Provinsi Gorontalo.Kata Kunci: HPS, waktu pelaksanaan pengadaan barang/jasa, integritas, pengadaan barang/jasa.
Pengaruh Komitmen, Kualitas Sumber Daya Manusia, Gaya Kepemimpinan Terhadap Kemampuan Penyusunan Anggaran pada Pemerintah Kota Manado Rumenser, Peggy
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 5, No 2 (2014): Goodwill
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v5i2.6312

Abstract

The implementation of the local government can not be separated from the budget. In Regulation No. 13 of 2006, the draft budget work units contained in a document called the Draft Budget Unit (Rask). Rask standard includes expenditure analysis, a benchmark of the performance of standard costs as the principal instrument in the budget performance. The budget is important because it is used in the allocation of funds for the implementation of local government activities. In budgeting involvement of various work units (SKPD) in Manado City Government is indispensable. This is to improve the effectiveness and efficiency of governance and public service. This study aims to analyze Effect of Commitment, Quality of Human Resources, Leadership Style, to the ability of Local Government Budgeting in Manado. Sources of data in this study are primary data and secondary data in the form of a questionnaire. The population in this study is the employee on education (Department and Agency) Manado, and in this study the sampling method used was judgment sampling, the sample in this study is the Secretary, Head of Division (third tier). Data used in this study is mainly qualitative data were quantified by using multiple regression analysis. To test the quality of the data with validity and reliability. Besides testing the classical assumption of normality, multicollinearity and heteroscedasticity. The research proves that in partial Commitment, Quality of Human Resources does not affect the ability of Budgeting in Local Government Leadership Style Manado while variable positive effect on the ability of Local Government Budgeting in Manado.
Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terhadap Barang Milik Daerah Pemerintah Kota Bitung Madesen, Piter Mangnga'; Karamoy, Herman; Lambey, Linda
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 9, No 2 (2018): Goodwill Vol.9 No. 2 Juli-Desember 2018
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v9i2.26470

Abstract

 Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terhadapa Barang Milik Daerah Pemerintah Kota Bitung, menganalisis kendala yang dihadapi serta upaya-upaya yang dilakukan untuk penerapan yang lebih baik.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data di peroleh melalui teknik wawancara secara mendalam, observasi dan studi dokumentasi.  Informan kunci ditetapkan secara purposive sampling dengan syarat memenuhi kriteria yang di tetapkan untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat. Teknik triangulasi digunakan untuk menguji validitas data dan sumber data.  Data transkrip yang di uraikan dari hasil wawancara dianalisis menggunakan metode analisis yang terdiri dari pemberian tema/coding, konseptualisasi pernyataan ilmiah dan menginterpretasikannya dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) belum dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang di tetapkan oleh Pemerintah. Kendala yang dihadapi yakni SPIP belum dipahami, dasar hukum/aturan tidak dilaksanakan,  kurangnya kompetensi sumber daya manusia, komunikasi dan informasi yang  tidak berjalan dengan baik, kurangnya komitmen setiap penanggung jawab dan masih kurangnya sarana, prasarana dan bimbingan teknis. Upaya yang dilakukan rekonsiliasi pengurus barang dengan Bidang Aset, optimalisasi pemanfaatan SIMDA BMD, klinik aset serta penambahan anggaran.Kata kunci: Penerapan SPIP, Barang Milik Daerah, Sumber Daya Manusia.
PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, KOMPETENSI, DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS PEMERIKSAAN DALAM PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DENGAN KEPATUHAN PADA KODE ETIK SEBAGAI VARIABEL MODERATING Turangan, Feibe Maria; Saerang, David Paul .E.; Sondakh, Jullie. J.
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 7, No 2 (2016): Goodwill Vol. 7 No. 2 Desember 2016
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v7i2.13553

Abstract

Auditing quality is a complex issue as it deals with so many interfering factors and depends on the viewpoints of each party. The objective of this research is to find out the influence of professional scepticism, competence, independence on auditing quality with complience to the code of ethics as moderating variable at Inspectorate of North Sulawesi Province. The respondents are all the 67 internal auditors Inspectorate of North Sulawesi Province. Inferential statistic has been multiple linear regression analysis (multiple regression) and Moderated Regression Anlyisis (MRA). The results show that professional scepticism have a significant influencing on auditing quality, competence has no significant influencing on auditing quality, independence have a significant influencing on auditing quality, complience to the code of ethics have a significant influencing on auditing quality, professional scepticism is moderated by complience to the code of ethics has no influencing on auditing quality, competence is moderated by complience to the code of ethics has no influencing on auditing quality and independence is moderated by complience to the code of ethics has no influencing on auditing quality. Keywords : Professional skepticism , competence , independence, complience to the code of ethics, auditing quality.
Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Pada Kabupaten Gorontalo Paneo, Fitrianty; Sondakh, Jullie J; Morasa, Jenny
JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING "GOODWILL" Vol 8, No 2 (2017): Goodwill Vol. 8 No. 2 Juli-Desember 2017
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35800/jjs.v8i2.18132

Abstract

Abstract. This study aims to analyze the suitability of GICS implementation in Gorontalo District with Government Regulation Number 60 Year 2008 on  GICS, the obstacles in the implemention of GICS  as well as what efforts have been made to overcome the obstacles of GICS implementation and to increase GICS maturity level in Gorontalo District. This is a qualitative research with case study approach. This study used primary and secondary data. Primary data were obtained from in depth interviews, observation and documentation. On the other hand, secondary data were in the form of documents related to the reseach. The results show that GICSin Gorontalo District has been implemented in accordance to Government Regulation Number 60 Year 2008. However, GICS level 3 (three) maturity targets have not yet been achieved and it means that the implementation of GICS still encounters many obstacles. The obstacles in the application of GICS in Gorontalo District are: 1) insufficient human resource competence, 2) the number of human resources is not in accordance with the needs of organization, 3) limited budget, 4) lack of compliance, 5) evaluation and documentation activities are not maximized yet, and 6) many activities have not been supported by Standard Operational Procedures (SOP). Furthermore, the efforts made to overcome the obstacles of GICS implementation are by 1) encouraging human resources development program such as substantive training and training of their own office, 2) maximizing budget, 3) establishing effective communications, 4) increasing the number of auditors and 5) building organizational commitment.Keywords: Implementation of Government Internal Control System (GICS), GICS Maturity Result, Constraints and efforts Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian penerapan SPIP pada Kabupaten Gorontalo dengan PP 60 Tahun 2008 tentang SPIP, mengidentifikasi dan menganalisis kendala dalam penerapan SPIP serta upaya-upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi kendala penerapan SPIP untuk peningkatan tingkat maturitas SPIP di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Serta data sekunder berupa dokumen-dokumen terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan SPIP pada Kabupaten Gorontalo telah sesuai dengan PP 60 Tahun 2008 tentang SPIP. Namun, belum tercapainya target level 3 (tiga) maturitas SPIP di Kabupaten Gorontalo mengindikasikan bahwa penerapan SPIP masih mengalami banyak kendala. Kendala-kendala dalam penerapan SPIP yaitu; 1) kompetensi SDM belum memadai, 2) kuantitas SDM belum sesuai dengan kebutuhan organisasi, 3) terbatasnya anggaran, 4) kurangnya kepatuhan, 5) belum maksimalnya kegiatan evaluasi dan dokumentasi, dan 6) terdapat kegiatan yang belum didukung dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam penerapan SPIP yaitu: 1) program pengembangan SDM melalui diklat substantif dan pelatihan kantor sendiri, 2) memaksimalkan anggaran, 3) membangun komunikasi yang efektif, 4) menambah jumlah auditor dan 5) membangun komitmen organisasi.Kata kunci: Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Tingkat Maturitas Penyelenggaraan SPIP, Kendala dan Upaya.

Page 1 of 23 | Total Record : 229