cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat artikel tentang hasil penelitian dan kajian mengenai Pendidikan Bahasa atau serumpunnya yang terbit setiap Juni dan Desember
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa" : 19 Documents clear
Adaptasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif dalam Pembelajaran Menulis Puisi melalui Media Lagu Wa Mirna; Nursalam Nursalam
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.3544

Abstract

Fokus penelitian ini ialah proses penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, dan responsif  dalam pembelajaran. Model pembelajaran aktif, kreatif dan responsif  lebih menekankan pada keaktifan, kreativitas, dan respon siswa terhadap materi pembelajaran melalui lagu yang diputar dalam pembelajaran  menulis puisi. Model ini diadaptasi dari model pembelajaran Direct Intruksional (Pembelajaran langsung) yang diaplikasikan melalui penjabaran KI dan KD Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian terdiri atas empat, yaitu (1) memaparkan adaptasi pengembangan model pembelajaran aktif, kreatif dan responsif yang bersumber dari model pembelajaran langsung, (2) menjelaskan sintaks dan langkah-langkah model pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif yang diadaptasi atau dikembangkan dari model pembelajaran langsung, (3) memaparkan konteks pemakaian dan sarana pendukung dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran aktif, kreatif, dan responsive, dan (4) memaparkan contoh aplikasi model  pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif sesuai KI dan KD kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penerapan Modul Digital Fonologi Bahasa Mandarin pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang Karina Fefi Laksana Sakti
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.3552

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan modul digital fonologi bahasa Mandarin pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang, dan (2) mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap modul digital fonologi bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan hasil wawancara. Hasil observasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menerapkan modul digital fonologi bahasa Mandarin dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Mahasiswa antusias dan semangat mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir. Selain itu, mahasiswa juga dapat memahami materi fonologi bahasa Mandarin dengan mudah dibuktikan dengan mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal latihan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui bahwa modul digital fonologi bahasa Mandarin memudahkan siswa mempelajari fonologi bahasa Mandarin di manapun dan kapanpun. Siswa dapat mengingat  komponen dan materi fonologi bahasa Mandarin dengan cepat, karena modul digital fonologi bahasa Mandarin ini dilengkapi dengan penjelasan dalam bahasa Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa modul digital fonologi bahasa Mandarin efektif untuk diterapkan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang.
Tuturan Imperatif Guru Sekolah Dasar di Kota Bengkulu Gumono Gumono
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.3491

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tuturan imperatif guru sekolah dasar di Kota Bengkulu. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah  deskriptif. Populasi penelitian adalah guru wali kelas VI  sekolah dasar  di kota Bengkulu, berjumlah 78 sekolah. Teknik sampling yang digunakan stratified random sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan November 2020. Hasil penelitian menunjukkan guru Sekolah Dasar Negeri di kota Bengkulu,  menggunakan tuturan pragmatik imperatif, sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.  Tuturan  imperatif yang diujarkan guru meliputi imperatif perintah, suruhan, permintaan, permohonan, desakan, bujukan, imbauan, pesilaan, ajakan, mengizinkan,  minta izin, larangan, harapan, ucapan selamat, umpatan, dan anjuran. Tuturan imperatif yang tidak dituturkan guru adalah “ngelulu, permohonan dan umpatan.
Pengembangan Media Ajar Kartu Perawat dengan Pendekatan Content-Based Instruction Alvina Yolanda; Dewi Ismu Purwaningsih
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.3172

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan produk berupa media pembelajaran yang berbentuk permainan yang disebut dengan Kartu Perawat (KaPe). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mencangkup tahap need analisis, desain produk, evaluasi produk, dan ujicoba. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Kesehatan Cahaya Bangsa, Kubu Raya. Sementara itu, instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi, kusioner, wawancara,angket validasi media dan materi dan angket validasi respon siswa terhadap ujicoba produk. Hasil yang ditemukan pada penelitian adalah media permainan Kartu Perawat( KaPe) yang dikembangkan dengan pendekatan Content Based Instruction telah layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Keperawatan. Beberapa keunggulan dari produk ini adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berbicara, membaca, dan menyimak secara terintegrasi; meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa inggris; memberikan kesempatan untuk siswa berkolaborasi karena dimainkan dalam kelompok; memberikan situasi atau konteks bagaimana bahasa itu digunakan pada penggunaan sesungguhnya serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi secara autentik sehingga memudahkan siswa untuk mengakusisi bahasa. Namun, guru perlu mengalokasikan waktu dan memastikan agar siswa tetap dapat terkontrol ketika pembelajaran berlangsung melalui permainan.     
Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Immanuel Kota Pontianak Putri Sinta Ekklesia; Muhamad Ali Daud; Andini Linarsih; Marmawi Marmawi; Desni Yuniarni
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.3942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Kristen Immanuel Pontianak. Subjek penelitian yaitu guru kelas B1 dan anak kelas B1 usia 5-6 tahun. Lokasi penelitian di TK Kristen Immanuel Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak, sudah  dilakukan guru dengan optimal yaitu membantu membimbing anak dari awal hingga akhir pembelajaran 2. Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak sudah dilakukan guru dengan optimal yaitu memberikan semangat, dorongan, apresiasi dan memberikan kalimat pujian pada anak 3. Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak sudah dilakukan guru dengan optimal yaitu memfasilitasi anak dengan media dan metode pembelajaran. Dengan demikian peran yang telah guru lakukan dan terapkan dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Kristen Immanuel Pontianak sudah dilaksanakan dengan optimal sesuai dengan perannya.
"How Do I Engage in My Class?"; EFL Teachers' and Tertiary Students' Perceptions during Online Speaking Class Masriatus Sholikhah; Afi Ni’amah; Riris Nur Eriyanti
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.3803

Abstract

Incorporated with the positive and negative perceptions of Robbins' theory (2002) and the concept of students' engagement pioneered by J.A Fredericks (2004) and Gibbs (2010), this research concerned with the students' and the teachers' perceptions about the use of online learning platforms based on student engagement in speaking class and if the students can be actively involved in aspects of behavior, cognitive, and emotional during the learning process. Carried out with a descriptive qualitative approach, this research obtained the data from the first- and fourth-year student college students speaking one and speaking 3 in STKIP PGRI Jombang, UNWAHA, and IAIN Kudus. It administered questionnaires and interviews to both students and teachers. The result showed that students' behavioral engagement was eventually high. However, their cognitive and emotional engagement was not significantly positive in some aspects. Hence, it contributes to understanding the various aspects of web-based classes and the EFL student engagement in the virtual speaking class.
Pola Pemilihan Bahasa Kelompok Pendatang Pendalungan di Wilayah Roomo Pesisir, Gresik : Studi Etnososiolinguistik Putri Indah Yanti; Bambang Yulianto; Suhartono Suhartono
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.3794

Abstract

Tulisan ini merupakan penelitian yang mengaji tentang kode bahasa yang dipakai oleh masyarakat pendatang dari wilayah Tapal Kuda Jawa Timur yang tinggal dan menetap di wilayah Roomo Pesisir, Gresik beserta pola bahasanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Pada tahap analisis data, menggunakan teknik etnometodologi yang ada dalam Etnososiolinguistik. Penelitian ini menghasilkan tiga kode bahasa masyarakat pendatang di wilayah Roomo Pesisir, Gresik dengan rincian: 1) bahasa Indonesia; 2) bahasa Jawa (ngoko dan krama); 3) bahasa Madura (kasar), dan tujuh pola pemilihan bahasa yakni 1) Bahasa sehari-hari dalam keluarga; 2) Bahasa di sekolah/tempat kerja; 3) Bahasa dengan sesama pendatang dari daerah yang sama; 4) Bahasa pada acara (hajatan, posyandu, vaksin, pengajian, dsb.); 5) Bahasa dengan orang tua; 6) Bahasa berdasarkan etnis; 7) Bahasa berdasarkan status sosial (pendidikan/jabatan). Ketujuh pola bahasa tersebut merupakan akibat dari pergesekan penggunaan tiga bahasa oleh penutur yang sama dan dalam waktu yang sama.
Gaya Bahasa Perbandingan dalam Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka Eti Sunarsih; Zulfahita Zulfahita
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.3456

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan gaya bahasa yang tergolong figuratif dalam pantun melayu redaksi balai pustaka. Penggunaan gaya bahasa perbandingan tersebut digunakan untuk menimbulkan efek keindahan. Penelitian ini bertujuan untuk  pendeskripsian gaya bahasa perumpamaan, metafora, personifikasi, antithesis, dan pleonasme dalam pantun melayu redaksi balai pustaka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian kualitatif dan pendekatan stilistika. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari buku pantun melayu redaksi balai pustaka. Berdasarkan hasil analisis maka di dapatkan data pada gaya bahasa perbandingan yang digunakan dalam pantun melayu redaksi balai pustaka terdapat 34 data. Adapun hasilnya adalah gaya bahasa perumpamaan terdapat 10 data,  metafora terdapat 8 data, personifikasi terdapat 8 data, depersonifikasi terdapat 3 data, antitesis terdapat 3 data dan pleonasme terdapat 2 data.
Discovering Students’ Cognitive Perspective on the Use of Cooperative Learning in EFL Classroom Nida Fauziah; Nita Sari Narulita Dewi; Arini Nurul Hidayati; Fuad Abdullah
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.3753

Abstract

This study aims to explore the students' cognitive perspectives when learning English in the classroom using the cooperative learning method. Cooperative learning is a learning method in which students with different learning abilities are conditioned to work together in a group to achieve the same learning goals. Johnson et al. (2013) added that in cooperative learning students can work together and maximize their learning. The data collection technique used in this study was semi-structured interviews conducted on three students as participants in this study. The data was processed qualitatively using thematic analysis. The findings of this study indicated positive cognitive perception obtained from students' learning experiences, namely, the discovery of partners that become supportive system in learning development and also the improvement of self-accountability in learning English.
Problematik Pembelajaran Sastra (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Kolaka) Syarifuddin Tundreng
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Bahasa
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/bahasa.v11i1.4083

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan-permasalahan yang dialami siswa SMK Negeri 2 Kolaka dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada aspek pembelajaran sastra. Penelitian menggunakan penelitian Kualitatif, dengan metode Penelitian bersifat deskriptif kualitatif, studi kasus digunakan sebagai media untuk menemukan, mempelajari, dan mengkaji secara mendalam kasus-kasus yang dialami siswa di SMK Negeri 2 Kolaka terkait aspek pembelajaran sastra Indonesia. Sumber data penelitian yaitu siswa SMK Negeri 2 Kolaka yang berjumlah 50 dari 130 jumlah keseluruhan siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik penelitian  guna menemukan data, yaitu berupa observasi (pengamaatan langsung), wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian yaitu: 1) kualitas guru yang yang mengajarkan sastra di SMK Negeri  Kolaka adalah guru bahasa Indonesia yang kurang memiliki kompetensi terhadap aspek sastra,     2) srana dan prasana sebagai pendukung dalam proses pembelajaran kurang memadai, sehingga membuat siswa tidak mampu mengembangkan kompetensi diri dalam mengapresiasi pembelajaran sastra secara teoretis dan praktis, 3) rendahnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sastra perlu menjadi perhatian khusus, dan 4) lembaga pendidikan yang terkait sebagai bagian dari birokrasi, kurang mampu memberikan pelayanan kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan sarana dan prasarana dalam rangka pengembangan kompetensi siswa di sekolah.

Page 1 of 2 | Total Record : 19


Filter by Year

2022 2022