cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR" : 19 Documents clear
IdentikikasiI Faktor Penyebab Siswa Kurang Percaya Diri di SDN X Batusangkar Alhanab Billfadawi; Safrizal Safrizal
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.7797

Abstract

Abstrak Percaya diri merupakan keyakinan yang dimiliki seseorang untuk melakukan dan menyelesaikan tugas terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab siswa kurang percaya diri di SD Negeri X Batusangkar. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri yang dialami oleh anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah salah satu siswa kelas III yang memiliki percaya diri kurang di SD Negeri X Batusangkar. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas III, orang tua siswa, dan siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teriangulasi teknik.. Jadi faktor penyebab kurang percaya diri anak dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekstenal adalah pernah mendapatkan model peran negatif, hubungan dengan keluarga yang terlalu dimanja, tidak merasa nyaman saat di sekolah, tidak yakin dengan kemampuan pribadi.
Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Anasis Derati Meilatalimi
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.7946

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk eksperimen kuasi dengan desain dua grup. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Ciapus 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Ciapus 01 yang berjumlah 61 siswa. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa subtema 3 pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 67, sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 44. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,71) > ttabel (2,01). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar subtema 3 pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia
Desain Didaktis Pengenalan Konsep Pembagian untuk Kelas II Sekolah Dasar Neshi Neshi; Nyiayu Fahriza Fuadiah; Aldora Pratama
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.10197

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini untuk membuat desain didaktis konsep pembagian untuk siswa kelas II Sekolah Dasar berdasarkan analisis Learning Obstacle (LO). Menggunakan pendekatan kualitatif metode DDR (Didactical Design Reseacrh) yang meliputi tiga tahap yaitu: 1) analisis prosfektif, 2) analisis metapedadidaktik dan 3) analisis retrosfektif. Berdasarkan analisis Learning Obstacle (LO) disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) meliputi: 1) tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, 2) aktivitas pembelajaran yang mendukung tujuan dan 3) dugaan-dugaan matematis sebagai hasil aktivitas yang dilandaskan pada level berpikir dan konsep materi dengan bantuan media dan konteks yang sesuai dengan karakter siswa, kemudian dapat merancang desain didaktis hipotetik materi konsep pembagian. Hasil penelitian menunjukan bahwa rancangan desain didaktis yang sudah diujicobakan pada pembelajaran siswa kelas II materi pengenalan konsep pembagian dapat menjadi sebuah solusi yang tepat untuk guru berdasarkan hambatan belajar yang dialami siswa.
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Mustika Wati; Nadya Mahrita Ulfah; Ita Rahmiyani; Fauzia Dwi Sasmita
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.11315

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan selama empat kali pertemuan atau dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas V semester ganjil SDN Rantau Kiwa 2 tahun pelajaran 2022/2023, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, sementara data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus 1 mencapai kriteria baik dan pada siklus 2 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai kriteria cukup aktif dengan persentase 61% dan siklus 2 mencapai kriteria sangat aktif dengan persentase 94%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada siklus 1 mencapai 78% kemudian pada siklus 2 mencapai 94%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Organ Gerak pada Manusia di kelas V SDN Rantau kiwa 2.
Analisis Kemampuan Guru Kelas MI NW Kalijaga Mengembangkan Gerakan Literasi Pada Fase Normal Covid-19 Nur Fitriani; Doni Septu Marsa Ibrahim; Abdul Aziz
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.14821

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat kemampuan guru kelas dalam pengembangan gerakan literasi pada masa fase new normal covid-19 di MI NW Kalijaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap kepala sekolah dan guru kelas MI NW Kalijaga. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan persentase sehingga data yang diperoleh terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Proses pengembangan budaya literasi telah dirancang oleh pihak sekolah MI NW Kalijaga, dalam mengembangkan gerakan literasi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: (1) Perencanaan pengembangan budaya literasi, diwujudkan dalam bentuk perumusan tujuan, perumusan program, perumusan strategi, dan pengelolaan sarana dan prasarana. (2) Implementasi pengembangan budaya literasi. Implementasi pengembangan budaya literasi terdiri dari proses pembiasaan, pengembangan, dan pengajaran. (3) Evaluasi dilakukan oleh setiap guru kelas berupa evaluasi bulanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas dikategorikan cukup mampu mengembangkan gerakan literasi dengan persentase 52,22% sesuai dengan hasil rekapitulasi data observasi yang telah dilakukan oleh peneliti.Kata Kunci: Analisis Kemampuan, Guru Kelas, Pengembangan GLS, Fase Normal Covid-19.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Materi Pecahan Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar Dita Mulyana Ramadhani; Abrar Abira; Irmawati M
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.15166

Abstract

AbstrakLatar belakang penelitian ini ialah sebab rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 35 Panggalo. Perihal ini sebab metode pembelajaran yang dilakukan masih kurang variatif. Tujuan Penelitian ini ialah guna mempertinggi hasil belajar siswa memanfaatkan metode Problem Based Learning (PBL) di SD Negeri 35 Panggalo. Peneliti mendesain pada dua siklus. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskiptif atau penelitian tindakan kelas (PTK). Akibat penelitian pada siklus I, dielaborasikan lantas ditafsirkan kemudian disimbolkan guna menemukan usaha penyempurnaan pada siklus II. Informasi yang berupa jawaban evaluasi keterampilan siswa dalam memahami pecahan dikonseptualisasikan melalui kaidah eksplanasi lalu mencocokkan kualitas tes pada metode penalaran siklus I, kemudian berlanjut ke siklusII. Standar ketuntasan yang harus diraih siswa pada siklus II, yaitu adalah minor 80% siswa dinamis yang mendapatkan nilai di atas KKM yakni 64. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) perihal kegiatan siswa sepanjang menempuh pembelajaran, didapatkan data bahwa keberhasilan pada syarat mula sebesar 12%, kemudian siklus I sebanyak 53%, selanjutnya pada siklus II sebesar 88%. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa observasi yang telah dilaksanakan mulai dari keadaan mula hingga ujung siklus II menyatakan bahwa terdapat kenaikan baik dari tujuan aktivitas ataupun kecakapan siswa. Berdasar hasil observasi Tindakan Kelas tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa penalaran Problem Based Learning (PBL) mampu menaikkan hasil belajar matematika siswa SD Negeri 35 Panggalo kelas V pada materi pecahan.Kata kunci: Matematika, Hasil Belajar, PBL
Pengaruh Metode Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar IPA Andri Prana Mesa; Husniati Husniati
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.16515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 05 Kecamatan Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus 05 Kecamatan Mataram sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Bajur Mataram sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 47 Mataram sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar (post-test) diuji normalitasnya dengan rumus chi-kuadrat kemudian diuji homogenitasnya menggunakan perbandingan varian terbesar dan varian terkecil, pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,642 dan ttabel sebesar 2,010 dengan taraf signifikan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung  lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 05 Kecamatan Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: Giving Question and Getting Answer, Hasil Belajar IPA
Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Gaya Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Aris Widayani Oktaviana Saputri
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.16793

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri Srengat 01, tentang materi macam-macam gaya dalam pembelajaran IPA, kurang mencapai KKM 75, disebabkan penggunaan metode pembelajaran kurang bervariatif. Salah satu metode yang digunakan adalah metode mind mapping, metode ini digunakan karena dalam proses pembelajaran metode ini membuat catatan kecil bergambar sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini menerapkan metode mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV. Dalam menguji efektivitas metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa, Peneliti menempuh prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Setiap siklusnya menempuh empat tahapan berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Melalui berbagai teknik dan instrumen pengumpulan data diperoleh hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui prosentase ketuntasan belajar kelas IV, pada kegiatan pembelajaran pra siklus yaitu 31,00%. Pada siklus 1 meningkat menjadi 58,62%. Siklus 2 meningkat menjadi 89,65%. Berdasarkan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar tentang materi macam-macam gaya dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV UPT SD Negeri Srengat 01.
Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Siti Nurizzati
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.16814

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 2 Lendang Kunyit Desa Pengadang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun pendekatan yang digunakan adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas V di SDN 2 Lendang Kunyit sebanyak 22 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket (kuesioner) dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software IBM SPSS versi 22 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 2 Lendang Kunyit Desa Pengadang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini tunjukkan dari hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software IBM SPSS versi 22 for Windows pada taraf signifikansi α=0,05, dimana nilai F hitung = 3.769 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,066 > 0,05, yang menunjukkan bahwa data tidak berkorelasi sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Kata kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar
Efektivitas Pembelajaran AVIKES Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV B Kuduatun Hasanah
Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/didika.v9i1.16821

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran AVIKES (auditory, visual, kinestetik) dalam meningkatkan minat belajar  IPA peserta didik kelas IV B SDN 1 Teros tahun pelajaran 2022/2023. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Teros tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen utama peneliti adalah dengan mengunakan alat bantu berupa angket, wawancara, dan analisis perencanaan pembelajaran. Adapun hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada 21 orang peserta didik berdasarkan perhitungan angket yang telah diberikan peneliti kepada peserta didik sebelum diberikan tindakan maka didapatkan rata-rata minat belajar peserta didik sebanyak 47% dari 21 siswa, hasil tersebut dikategorikan minat belajar peserta didik masih kurang. Setelah dilakukan pembelajaran AVIKES, minat belajar peserta didik meningkat sebesar 29%. Berdasarkan interpretasi hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan adanya peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran AVIKES yang mencapai 76%. Dengan demikian tindakan untuk meningkatkan hasil minat belajar peserta didik sudah berhasil dan tidak perlu dilakukan pelaksanaan tindakan selanjutnya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan pada nilai lembar angket dan presentase pemantauan tindakan pembelajaran pada proses pembelajaran AVIKES.Kata Kunci:Pembelajaran AVIKES, Minat Belajar, Mata Pelajaran IPA

Page 1 of 2 | Total Record : 19