cover
Contact Name
Brave A. Sugiarso
Contact Email
brave@unsrat.ac.id
Phone
+6282195447295
Journal Mail Official
ejournal.informatika@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Unsrat, Jl. Kampus Unsrat Bahu, Kec. Malalayang, Manado 95115
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika
ISSN : 23018364     EISSN : 26856131     DOI : https://doi.org/10.35793/jti
Rekayasa Perangkat Lunak, IoT, Big Data, Cyber Security, Cloud Computing, Multimedia, Grafika Komputer
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika" : 6 Documents clear
Pengembangan Portal Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi Maulana Ani, Ilhammad; Sentinuwo, Steven R.; Najoan, Xaverius B. N.
Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.7.1.2016.10775

Abstract

Abstract — Pengembagan Portal Web dimaksudkan untuk menyimpan data judul tugas akhir dan menyimpan hasil asistensi tugas akhir mahasiswa. Dengan web ini memudahkan dosen untuk melihat daftar mahasiwa bimbingan tugas akhir. Metodologi yang digunakan dalam melakukan pengembangan web adalah metode Rapid Application Development merupakan pengembangan aplikasi cepat yang merupakan versi adaptasi dari model waterfall. Pengembangan sistem mengunakan PHP framework CodeIgniter sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai basis data. Dengan ini telah menghasilkan aplikasi untuk menyimpan data tugas akhir mahasiswa dan dapat memudahkan dalam pencarian data tugas akhir dan dosen dalam melihat data mahasiswa bimbingan. Kata Kunci : MySQL, Framework Codeigniter, Rapid Applcation Development, Tugas Akhir, Web
ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI KEBERSIHAN MULUT PADA ANAK UMUR 5-10 TAHUN BERBASIS ANDROID Batuwael, Edvin; Lumenta, Arie S.M; Tulenan, Virginia
Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.7.1.2016.10771

Abstract

Abstract – Skripsi ini berisi tentang proses pembuatan game edukasi kebersihan mulut berbasis android, dengan nama game Zinc Citrate yang merupakan aplikasi game bergenre action dengan perspektif Third Person Shooter yang menceritakan tentang keadaan mulut anak yang kurang bersih sehingga munculah beberapa kuman di dalam mulut dan pemain akan mengendalikan karakter hero yang bernama Zat Zinc Citrate untuk membasmi kuman yang ada dalam mulut. Game ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak-anak bahwa pentingnya menjaga kebersihan mulut. Metodologi yang digunakan untuk pembuatan aplikasi game ini adalah Extreme Programming yang meliputi empat kegiatan kerangka kerja yaitu perencanaan, perancangan, pengkodean, dan pengujian. Dengan adanya aplikasi game ini anak-anak bisa bermain sekaligus mengetahui pentingnya menjaga kesehatan mulut, diharapkan aplikasi game ini selanjutnya bisa dikembangkan tingkat kesulitannya dan dapat menggunakan database untuk menyimpan score. Kata Kunci: Game Edukasi, Extreme Programming, Android
Aplikasi Pemetaan Bangunan Berizin Di Kota Manado Pelupessy, Abdul Murzi; Rindengan, Yaulie D.Y; Manembu, Pinrolinvic D. K
Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.7.1.2016.10776

Abstract

Abstract — Kota Manado sebagai salah satu kota dengankeadaan penduduk yang makin padat dan masi banyaknyapenduduk kota manado yang belum memiliki izin mendirikanbangunan, dengan adanya Sistem Informasi Geografis ini. Makalebih memudahkan dinas terkait mengenai lokasi bangunanyang boleh untuk di dirikanya Izin Mendirikan Bangunan. Olehkarena itu, penulis membuat sistem informasi geografis izinmendirikan bangunan di Kota Manado berbasis web denganmenggunakan HTML (HyperText Markup Language), PHP (PerlHyperText Preprocessor), CSS ( Cascading Style Sheets) danJavaScript database sistem dan google API untuk pemetaan.Informasi yang disajikan berupa foto bangunan, nama pemilik,lokasi, peruntukan, nomor SKRD (Surat Ketetapan RetribusiDaerah), nomor IMB (Izin Mendirikan Bangunan), tanggal, danluas. Dengan adanya Sistem Informasi Geografis ini diharapkandinas terkait dapat lebih mudah mencari lokasi yangdibolehkanya untuk membangun bangunan di Kota Manado.Kata Kunci ; Kota Manado, Ssistem Informasi Geografis ,Google Map
Implementasi AHP Sistem Penunjang Keputusan Promosi Jabatan di Universitas Sam Ratulangi Dundu, Martina K. E. T.; Sentinuwo, Steven R.; Jacobus, Agustinus
Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.7.1.2016.12822

Abstract

Pegawai adalah aset yang sangat penting dalamsuatu organisasi tak terkecuali di Unsrat. Guna memberipenghargaan dan sebagai motivasi kepada pegawai yang ada,maka dibuatlah sebuah sistem penunjang pengambilankeputusan sebagai masukan bagi pimpinan Unsrat untukpromosi jabatan. Sistem ini dibuat menggunakan metodeperhitungan AHP(Analytical Hierarchy Process). AHPmenghasilkan sebuah rangking yang didapat darimembandingkan setiap kriteria dan juga alternatif dalam hal inibakal calon yang akan diberikan promosi jabatan. Sistem inimemberikan laporan akhir bakal calon yang paling memenuhipersyaratan yang ada. Perhitungan yang dilakukan sistem inilebih efisien dari cara manual. Sistem ini telah diuji denganbeberapa jenis pengujian.
Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Umur 6 – 9 Tahun Berbasis Android Mukti, Iwayan S. A.; Lumenta, Arie S. M.; Sugiarso, Brave A.
Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.7.1.2016.10772

Abstract

Abstrak — Bahasa inggris merupakan bahasainternational yang kerap digunakan diberbagai bidang,misalnya dibidang pendidikan. Pengetahuan tentang bahasainggris sudah diajarkan sejak dari sekolah dasar, tetapitidak banyak dari anak – anak terlebih khusus anak usia 6– 9 tahun untuk mudah mengerti tentang pengetahuanbahasa inggris. Terkadang orang tua rela mengeluarkanuang lebih untuk memberikan pelajaran khusus diluarsekolah seperti kursus untuk memberikan pengetahuanlebih tentang bahasa inggris kepada anak mereka. Padaperkembangan teknologi informatika terlebih khususnyapada teknologi smartphone yang bersistem operasi androidtelah banyak menyediakan beberapa macam aplikasi yangbisa mempermudah pekerjaan manusia sehari – hari.Tetapi banyaknya aplikasi yang beredar sekarang lebihdidominasi oleh aplikasi yang diperuntukan kepada orangdewasa, sedangkan aplikasi yang dikhususkan untuk anakusia 6 – 9 tahun masih tergolong sedikit dan materiedukasinya terbatas dalam bidang pendidikan khususnyaaplikasi pembalajaran bahasa inggris. Tujuan penelitian iniadalah untuk merancang dan membangun aplikasipembelajaran bahasa inggris untuk anak usia 6 – 9 tahunyang menarik, interaktif dan mampu memberikanpengetahuan lebih tentang bahasa inggris. Aplikasi iniberbasis android dengan menggunakan metodologiMultimedia Development Life Cycle. Tahapan padametodologi multimedia antara lain concept, design, materialcollecting, assembl, testing, dan distribution. Aplikasipembelajaran yang dihasilkan mampu memberikantambahan pengetahuan materi pembelajaran bahasainggris dan mampu digunakan dengan baik oleh anak usia 6– 9 tahun dengan syarat harus dibimbing oleh orang tuapada awal penggunaan aplikasi.Kata kunci —Bahasa inggris, Aplikasi Pembelajaran,Multimedia, Android
Game Pengenalan Objek Wisata Kota Tomohon Pontororing, Novelia; Sengkey, Rizal; Tulenan, Virginia
Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.7.1.2016.10773

Abstract

Abstrak --- Tomohon adalah salah satu Kota di Provinsi Sulawesi Utara yang mempunyai potensi wisata yang menarik serta mendatangkan pendapatan dan memberi pengaruh penting dalam perkembangan Kota Tomohon. Potensi objek wisata tersebut harus di dukung dengan promosi dalam berbagai media untuk mengenalkan objek wisata yang ada di Kota Tomohon, salah satunya melalui media game. Tujuan dari pengembangan game pengenalan objek wisata Kota Tomohon yaitu menghasilkan suatu aplikasi desktop game yang dapat digunakan sebagai media untuk memperkenalkan objek wisata Kota Tomohon kepada masyarakat. Pengembangan game menggunakan Game Engine Unity 3D pada platform desktop dengan genre puzzle dan subgenre memory game dan join game dengan tema objek wisata alam Kota Tomohon. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode prototyping dan perancangan sistem game ini menggunakan Unified Modelling Language (UML). Kelebihan dari game ini yaitu lebih sederhana, penggunaanya sangat mudah di mengerti yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, setiap objek wisata yang ingin dimainkan oleh pengguna memiliki tingkat permainan yang berbeda-beda dan pengguna akan mendapatkan informasi objek wisata jika dapat menyelesaikan permainan. Kata Kunci --- Game, Objek Wisata Kota Tomohon, Unity 3D, Puzzle.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 4 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 16, No 4 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 3 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 4 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 2 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 14, No 4 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 3 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 4 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 3 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika More Issue