cover
Contact Name
irfai fathurohman
Contact Email
irfai.fathurohman@umk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
kredo@umk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra
ISSN : 25983202     EISSN : 2599316X     DOI : -
Jurnal ilmiah "Kredo" merupakan jurnal ilmiah bahasa dan sastra, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada tiap bulan Oktober dan April.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021" : 20 Documents clear
Tindak Tutur Ekspresif dan Direktif dalam Acara Mata Najwa Edisi Bulan April-Mei 2019 di Trans 7 Aziza, Aulia Nur; Wahidy, Achmad; Masnunnah, Masnunnah
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.3662

Abstract

 Penelitian ini mendeskripsikan Tindak Tutur Ekspresif dan Tindak Tutur Direktif dalam Acara Mata Najwa Edisi Bulan April-Mei 2019 Di Trans.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik rekam dan catat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat empat tindak tutur ekspresif dalam acara Mata Najwa edisi April-Mei 2019, yaitu, (1) tindak tutur ekspresif mengucapkan selamat (2) tindak tutur ekspresif memuji. (3) tindak tutur ekspresif  mengkritik. (4) tindak tutur  ekspresif mengucapkan terima kasih. Sedangkan  tindak tutur direktif  terdapat 6 macam, yaitu, (1) tindak tutur ekspresif menyuruh. (2) tindak tutur ekspresif melarang. (3) tindak tutur ekspresif  memohon. (4) tindak tutur ekspresif  menasehati. (5) tindak tutur ekspresif  mengajak. (6) tindak tutur ekspresif  meminta.
PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PATI UNTUK SMP/MTs priyadi, priyadi; Kanzunnudin, Mohammad; Murtono, Murtono
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.5595

Abstract

AbstrakPengembangan buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal masih belum banyak dilakukan oleh peneliti. Hal tersebut menjadi alasan peneliti untuk mengembangkan buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal, khususnya daerah Pati. Berdasarkan permasalahan yang ada, penelitian ini bermaksud (1) untuk mengidentifikasi kebutuhan guru terhadap materi bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati SMP/MTs; (2) untuk menguji validasi prototipe buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati SMP/MTs berdasarkan penilaian guru dan dosen; (3) untuk menjelaskan efektivitas buku pengembangan teks bahasa  Indonesia berbasis kearifan lokal Pati SMP/MTs. Metode dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)  Borg and Gall yang direduksi menjadi tujuh tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Hasil dalam pengembangan buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati yang telah dikembangkan (1) pengembangan dinyatakan layak digunakan sebagai buku untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil tersebut membuat buku yang dikembangkan mendapat respon yang baik dari guru. Peneliti berharap agar penelitian pengembangan ini dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan. (2) Pengembangan buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal, guru dapat memanfaatkan teks nonsastra yang ada dalam buku teks bahasa sebagai pendamping buku utama dari pemerintah. (3) Dengan  adanya pengembangan buku teks bahasa indonesia berbasis kearifan lokal Pati, guru bisa menanamkan pendidikan karakter melalui contoh teks-teks yang ada dalam buku.
KECERDASAN EMOSIONAL DALAM KARYA FIKSI ASMA NADIA suprihatma suprihatma
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.5319

Abstract

AbstrakTulisan ini bertujuan untuk mengkaji wujud ekspresi kecerdasan emosional tokoh utama novel Catatan Hati Seorang Istri karya Asma Nadia. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian sastra, dengan pendekatan psikologi sastra dan termasuk jenis penelitian kualitatif. Teori yang digunakan untuk meneliti novel Catatan Hati Seorang Istri adalah teori strukturalisme, hakikat novel, psikologi sastra, dan kecerdasan emosional. Tulisan ini menyimpulkan bahwa Wujud ekspresi kecerdasan emosional tokoh utama dalam novel Catatan hati Sorang Istri  merupakan kecerdasan pribadi. Kecerdasan tersebut dibagi menjadi lima bagian antara lain: mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan. Wujud ekspresi kecerdasan emosional tokoh utama pada novel Catatan hati Sorang Istri  karya Asma Nadia titik tolaknya bertumpu pada tokoh utama pada masing-masing cerita tersebut.
ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL I AM SARAHZA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS & RANGGA ALMAHENDRA Runi Fazalani
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.4716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, (1) karakter tokoh utama dengan berkesesuaian dengan olah hati dalam novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra, (2) karakter tokoh utama yang berkesesuaian dengan olah pikir dalam novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra, (3) gambaran karakter tokoh utama dalam novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena-fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti macam-macam karakter yang dimiliki oleh tokoh utama. Dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data yang digunakan peneliti yaitu novel yang berjudul I Am Sarahzan karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Data penelitian ini adalah satuan-satuan bahasa yang berupa kutipan satuan cerita yang berwujud kata-kata, paragraf, kalimat yang mengandung macam-macam karakter tokoh utama I Am Sarahza. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa teknik studi dokumenter. Adapun hasil penelitian ini yaitu, beberapa karakter yang berkesesuaian dengan olah hati, olah pikir da nada beberapa sifat yang dimiliki oleh tokoh utama seperti, (1) sifat optimis, (2) tertarik dengan lawan jenis, (3) kuat, dan (4) pantang menyerah.
PROGRAM TOWN4KIDS UNTUK MEMPERKAYA PENGUASAAN KOSAKATA SISWA Retno Dwigustini; Susilawati Susilawati
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.5317

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menemukan apakah permainan dalam laboratorium multimedia town4kids (seperti as memory game, listen and unscramble game, name the picture, find the word, matching similar pictures) mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa.  Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Insan Madani Bekasi. 22 orang siswa terlibat dalam penelitian ini. Observasi dan pretest-posttest digunakan untuk pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan dua jenis analisis data: kualitatif dan kuantitatif. Data kualiattif dikumpulkan menggunakan desain Kemmis and McTaggart dalam dua sikllus. Data kuantitatif dihitung dengan menggunakan uji t-test untuk non-independent sample. Haisl penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada peningkatan yang signifikan dalam pemerolehan kosakata bahasa Inggris siwa; 2) permainan dalam laboratorium multimedia town4kids memberikan efek yang positif dan efektif terhadap penguasaan kosakata siswa; 3) penggunaan permainan di town4kids menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan aktif untuk siswa. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk bisa meningkatkan kompetensi pedagogik, sementara untuk peneliti berikutnya, disarankan untuk mempersiapkan materi pembelajaran yang cukup dan waktu dalam pengelolaan kelas.  
KAJIAN FEMINISME DALAM NOVEL CINTA 2 KODI KARYA ASMA NADIA Dita Ariaseli; Yenny Puspita
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.4551

Abstract

AbstractThis research intend to know and describe feminism in novel Cinta 2 Kodi by Asma Nadia in regards to social-cultural, economy, religion, education. The method used for this research is descriptive. The technique for collecting data is documentation. The content validity use triangulation. This research use content analysis as technique for analyzing data. It was found in this research that there was some feminism found in this novel seen from the social-cultural which show that female was not always “the number two” after male. Female is comparable to male as long as they work hard. Economically, female could also work in public just like male. Female could perform double role as housewives or career women. Religiously, both male and female can pray. Success is also the result of their prayer. Educationally, having a higher education is not a must for female because in the end they will become a houswife. However, as long as they have faith on their abilities, they will have a bright future just like male. Keywords : feminism, social-cultural, economically, religiously, educationally. AbstrakPenelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan feminisme dalam novel Cinta 2 Kodi karya Asma Nadia dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek sosial-kultural, ekonomi, agama, pendidikan. metode yang digunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi. Teknik Keabsahan data yang digunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis konten. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa aspek feminisme dalam aspek sosial-kultural yaitu perempuan tidak selamanya menjadi “makhluk kedua” setelah laki-laki. Perempuan dapat sejajar dengan laki-laki jika dirinya mau berusaha. Aspek ekonomi yaitu perempuan mampu berkarir di sektor publik seperti laki-laki. perempuan mampu memiliki peran ganda baik sebagai ibu rumah tangga maupun wanita karir. Aspek agama yaitu perempuan ataupun laki-laki tidak ada halangan melakukan ibadah. Kesuksesan hasil dari setiap proses ibadah yang dilakukan. Aspek pendidikan yaitu perempuan dianggap tidak harus memiliki pendidikan yang hebat karena akan bekerja sebagai ibu rumah tangga. Namun, selama dirinya yakin pada kemampuannya mereka akan memiliki masa depan cerah seperti  laki-laki. Kata kunci : kajian feminisme, aspek sosial-kultural, aspek ekonomi, aspek agama, aspek pendidikan.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM BERDISKUSI MELALUI IMPLEMENTASI TEKNIK SINEKTIK Abdul Kadir; Aziz Thaba; Abdul Karim Mahmut
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.5822

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan teknik sinektik dalam meningkatkan keterampilan berdiskusi pada siswa kelas XI Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi dengan menggunakan teknik sinektik pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, prosedur penelitian ini meliputi pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 32 siswa hanya 12 siswa atau 37,5% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 65,16. Pada siklus II dari 32 jumlah siswa terdapat 29 siswa atau 96,6% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai maksimal yang diperoleh rata-rata  76,09 atau berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas mengemukakan bahwa keterampilan berdiskusi melalui teknik sinektik dapat ditingkatkan.
PENINGKATAN KOMPETENSI MENGOMUNIKASIKAN OPINI TENTANG ISI BUKU SASTRA MELALUI MODEL SINEKTIK BERBANTUAN CIRC BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Panca Dewi Purwati; Nugraheti Sismulyasih Sb
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.6048

Abstract

Abstrak: Keterampilan berbicara masih menjadi masalah dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar, salah satunya  adalah kompetensi mengomunikasikan opini. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini memiliki tiga tujuan: 1) mendeskripsi karakteristik model pembelajaran sinektik berbantuan CIRC, 2) mendeskripsi indikator penilaian hasil pembelajaran, dan 3) mengidentifikasi nilai karakter dalam proses belajar mengomunikasikan opini tentang isi buku sastra pada siswa kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang  dikemukakan Miles, Hubermen, dan Saldana (2014) melalui tujuh kegiatan berikut: membangun kerangka konseptual, merumuskan masalah, memilih dan membatasi  sampel, instrumentasi, mengumpulkan data, menganalisis data, dan matriks serta pengujian simpulan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Karakteristik model berupa pengintegrasian pembelajaran tim dan  mandiri, materi sastra dan bahasa, serta produk belajar berupa teks sinopsis dan teks opini. (2) teks sinopsis dan teks opini siswa tentang isi buku sastra yang telah dibacanya dinilai berdasarkan aspek dasar teks. (3) Nilai karakter rasa ingin tahu, kooperatif, dan mandiri diamati mitra guru sejawat sejalan dengan pengamatan kinerja guru selama pembelajaran.  
STUDENTS’ LANGUAGE AWARENESS ON LINGUISTICS PROBLEMS DURING NEGOTIATION OF MEANING IN PAIR WORK DISCUSSION. Flora Flora
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.5131

Abstract

The objectives of this study are :1) to describe linguistics problems produced by the students during the negotiation of meaning in pair work discussion, and 2) to describe the students’ language awareness (willingness and unwillingness to correct the linguistics problems). This study applied descriptive quantitative design and the subjects are 3 pairs consisting of high-high (H-H) learner, high and low (H-L) learner and low- low (L-L) learner. All of them are the fourth semester students of English department of teachers training faculty of Lampung University in academic 2018/2019. Each pair was given a topic (chosing 5 personality traits that a teacher should have). Each pair discussed the topic and during the discussion, all their utterances were recorded, transcribed and were analyzed based on relevant theories. The results show that each pair produced linguistics problems, such as grammatical and vocabulary. Most of the learners, especially H-L and L-L are not aware of linguistics problems because they focus more on the message across. Eventhough some of the pairs are aware of linguistics problems and are willing to correct them, it does not guarantee that the input can be internalized by their pairs since they focus more on meaning during the interaction. Therefore, it is suggested further researchers investigate this phenomena.
PEMETAAN MATERI SASTRA DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Miftakhul Huda; Uswatun Khasanah; Vitria Indriyani Setyaningsih
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2 (2021): JURNAL KREDO VOLUME 4 NO 2 TAHUN 2021
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/kredo.v4i2.5900

Abstract

Penelitian ini bertujuan memaparkan pemetaan materi sastra dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini kualitatif. Hal tersebut digunakan untuk memecahkan masalah yang ada berdasarkan data-data yang sudah diperoleh, dideskripsikan, dianalisis, dan disimpulkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa materi-materi sastra yang terdapat dalam pelajaran sastra dan kesesuaian atau kompoleksitas materi-materi sastra pelajaran pada buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP diterbitkan oleh Kemendikbud edisi revisi 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Dalam Penelitian ini digunakan teknik analisis interaktif kualitatif, terdapat beberapa tahapan, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan, serta verifikasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa materi sastra dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama kelas VII terdiri dari cerita fantasi, puisi rakyat, dan fabel. Kelas VIII terdiri dari puisi, cerita pendek, drama, dan fiksi. Kelas IX terdiri dari teks eksemplum. Materi sastra dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama berjumlah 8 dari jumlah total 26 materi. Dengan demikian, materi sastra dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia memiliki persentase sebanyak 37, 8%.

Page 1 of 2 | Total Record : 20