cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 23384557     EISSN : 25976230     DOI : -
Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), ISSN 2597-6230 online ; 2338-4557 print , diterbitkan sejak tahun 2013 oleh Pengurus Pusat Asosiasi Forum Manajemen Indonesia (FMI). Terbit secara berkala 3 (tiga) kali dalam 1 tahun, dengan frekwensi penerbitan di bulan Februari, Juni, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017" : 10 Documents clear
Minat, Persepsi dan Harapan Mahasiswa Baru Dalam Memilih FEB Unja Shofia Amin
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.135

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mendorong minat mahasiswa baru memilih FEB Unja, (2) Untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap FEB Unja sebelum mereka diterima dan (3) Untuk mengeksplorasi harapan mahasiswa setelah diwisuda nanti. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara yang mendalam terhadap 24 orang mahasiswa baru angkatan 2016 yang mewakili jurusan Manajemen, Ilmu Ekonomi, Akuntansi dan Ekonomi Islam masing-masing melalui jalur seleksi SNMPTN, SMBPTN dan UMB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa yang menjadi responden dalam penelitian ini memilih FEB Unja karena minat yang berasal dari sendiri, mereka berpersepsi bahwa FEB akan memberikan lebih banyak peluang kerja dibanding fakultas lain dan mereka berharap setelah tamat nanti mayoritas ingin bekerja di bank dan menjadi entrepreneur. Keywords: minat, perseps, harapan, FEB
Brand Value, Asset Tangibility, Profitabilitas Dan Leverage Keuangan I Made Sudana; Gusti Ayu Putu Wyndi Werdhianti
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.136

Abstract

This study aimed to determine effect of brand value, asset tangibility, and profitability on financial leverage in Indonesia. This study used regression analysis to determine the effect of independent variables consisting of brand value, asset tangibility, and profitability on financial leverage.This study uses data sample of non-financial companies which are listed in Bursa Efek Indonesia during 2013-2016 period, the data is also collected from SWA magazine during 2013-2016 period to get brand value information. The analysis results show that brand value and asset tangibility are positive and significant to financial leverage. The higher brand value of the company, cause to higher creditur’s trust. The higher asset tangibility encourages higher collateral asset of the company to earn more loans. While profitability has negative effect, because the higher profitabiltiy will make the company prefer to use internal funding. Keywords: brand value, asset tangibility, leverage
Kepuasan Kerja dan Konsekuensinya Terhaap Otganizational Citizenzhip Behaviour (OCB) dan Kinerja Perawat Pada Rumah Sakit Sogaten Madiun April Liya Prastiyani; Veronika Agustini Srimulyani
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.137

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dan kinerja perawat di Rumah Sakit Sogaten Kota Madiun. Sampel dalam penelitian ini adalah perawat Rumah Sakit Sogaten Kota Madiun dengan jumlah sampel 103 responden. Analisis menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa:1)kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap OCB; 2)OCB berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perawat; 3)Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perawat. Kata Kunci : Kepuasan kerja, organizational citizenship behavior, kinerja perawat
Peran Perilaku Kerja Berbasis Praktek Manajemen Sumber Daya Manusia Islami Menuju Peningkatan Kinerja Organisasi Sandy Mulya Adhi; Olivia Fachrunnisa
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.138

Abstract

Human resource management practice and policy are indicated as one business strategy to improve organizational performance. Research on the linkage between HRM practices and organizational performance has been widely discussed, however, some of them show inconsistent results. Therefore, this study proposes employee work behavior as an intermediary to deliver the impact of HRM practices and policies with organizational performance. In particular, this article discusses HRM practices and policies on companies which provide service on spiritual activities, so that the HRM practices and policies are actualized on the basis of the organization values. This research aims to analyze the influence of Islamic Human Resources Management (HRM) Practices and Policies toward Islamic Work Behavior and Organizational Performance. 67 companies with their main business are organizing Hajj and Umrah involved in this research. Research result shows that respondens has been practicing HRM based on Islamic principles. There are positive and significant result on the influence of Islamic HRM Practices toward Islamic Work behavior, however, two practices namely selection and performance appraisal shows non significant result. This is due to the lack focus of companies in doing selection and performance appraisal. They might more focus on how to provide good service to the customers. Managerial implication and suggestion for future research are also discussed. Keywords: Islamic based HRM practices, HRM policies, Islamic work behavior, organizational performance
Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Rahmisyari Rahmisyari
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.139

Abstract

Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompetensi dan Lingkungan kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 58 responden, kuesioner dijadikan sebagai alat pengumpul data utama dan data dianalisis dengan menggunakan alat path analysis Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa bahwa Kompetensi (X1) dan Lingkungan kerja (X2) Terhadap Kinerja Pegawai (Y), secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai (Y) sebesar 0,808 atau 80,8% dan sisanya 19,2% yang ditentukan oleh faktor - faktor lain yang tidak diteliti. Variabel Kompetensi (X1) secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sebesar 0,507, dan Lingkungan kerja (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja terhadap sebesar 0,322 Kata Kunci : Kompetensi,Lingkungan kerja dan kinerja
Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi, dan Sistem Kontrol Terhadap Kinera Organisasi Melalui Perilaku Pelayanan Dyah Sawitri; Wiliarisa Prita Purwanti; Kohar Adi Setia
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.140

Abstract

The improvement of health services should be directed to the provision of quality health services that are organized in accordance with the ethical standards and professional services. Under these conditions the hospital as a health care unit is required to improve its performance in a way to serve the community as well as possible in order to be a good hospital and the one refered to, able to give satisfaction to the patient. The purpose of study ia to examine the effect of (1) the leadership on the service behavior. (2) the communication on the service behavior. (3) the system of control on the service behavior. (4) the service behavior on the organizational performance. (5) the leadership on the organizational performance. (6) the communication on the organizational performance. (7) the system of control on the organizational performance. (8) the leadership on the organizational performance through the service behavior. (9) the communication on the organizational performance through the service behavior. (10) the system of control on the organizational performance through service behavior. This study is a survey research using a type of explanation (explanatory research). The results showed that: (1) the leadership has a significant effect on the service behavior. (2) the communication has a significant effect on the service behavior. (3) the control has a significant effect on the service behavior. (4) The service behavior has a significant effect on the organizational performance. (5) the leadership has a significant effect on organizational performance. (6) the communication have a significant effect on organizational performance. (7) the system of control has a significant effect on organizational performance. (8) the leadership significantly influences organizational performance through service behavior. (9) the communication significantly influences organizational performance through service behavior. (10) the system of control significantly influences organizational performance through service behavior. Keywords: leadership, communication, system of control, service behavior, organizational performance.
Pengaruh Job Satisfaction, Job Performance dan Workplace Environment Terhadap Employee Turnover Intention pada PT. ABC Setia Tjahyanti; Ranti Noviannisa Purnomo
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.141

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel job satisfaction, job performance, dan workplace environment terhadap employee turnover intention pada PT.ABC. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di PT.ABC. Sampel didapat melalui metode purposive sampling, dimana yang sesuai dengan kriteria berjumlah 76 data. Data yang didapat berasal dari data primer yang di kumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert. Data dianalisis dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 23 dengan menggunakan Regresi Sederhana dan Regresi Linier Berganda. Berdasarkan uji hipotesis, hasil dari penelitian ini adalah job satisfaction, dan job performance berpengaruh terhadap employee turnover intention secara individual. Sementara workplace environment tidak berpengaruh terhadap employee turnover intention secara individual. Keywords: Job Satisfaction, Job Performance, Workplace Environment and Employee Turnover Intention
Model Penentu Market Price of Share Pada Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tita Deitiana; Renata Chriselda
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.142

Abstract

The purpose of this study to investigate the factor that influence Market Price of Share in Manufacture companies. The second objective is to identify influence independent variable to dependent variable. Data for this study is the financial ratios calculated from the financial statement of Manufacture in Indonesia Stock Exchange over the five year period 2010 until 2014. The number of sample with purposive sampling method are 8 company as part of 119 Manufacture company. This study also measured by multiple linear regression method with software E-views 7.2. The result show that there is significant relationship between Dividend per Share, Earnings per Share, and Book Value also there is not a significant relationship between Dividend Payout Ratio, Return on Networth, Price Earnings Ratio and Size with Market Price of Share. Keyword: Market Price of Share, Dividend per Share, Earnings per Share, Book Value, Dividend Payout Ratio, Return on Networth, Price Earnings Ratio, and Size
Analisis Peran Pemerintah Terhadap Keberhasilan UMKM Kota Surabaya Sri Nathasya Br Sitepu
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.143

Abstract

Peran pemerintah dalam perekonominan dapat dilihat melalui kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Kebijakan pemerintah bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pemerintah melalui kebijakan fiskal dan kebihakan moneter terhadap keberhasilan UMKM di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitative dengan analisis SEM-PLS. UMKM kota Surabaya merupakan objek penelitian yang menggunakan 100 sampel UMKM. Hasil penelitian menemukan bahwa pengaruh kebijakan moneter secara terhadap kesuksesan UMKM Kota Surabaya nilaianya lebih kecil dibandingkan pengaruh kebijakan moneter yang menggunakan kebijakan fiskal memediasi kesuksesan UMKM Kota Surabaya. Kata Kunci: Kesuksesan UMKM, SEM-PLS, Kebijakan Fiskal, Kebijakan Moneter
Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Pada Koran Harian Suara Merdeka di Kota Semarang) Suzy Widyasari; Euis Soliha; Sophiyanto Wuryan; Lenny Dwi Damayanti
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Oktober 2017
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31843/jmbi.v5i1.144

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap kepuasan serta dampaknya pada loyalitas pelanggan pada koran Harian Suara Merdeka di Semarang. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk, persepsi harga dan citra merek secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Citra merek dan kepuasan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan lainnya menunjukkan bahwa kualitas produk dan persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sementara itu uji mediasi menunjukkan bahwa kepuasan memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan juga memediasi pengaruh persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan namun tidak memediasi pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Kualitas produk, Persepsi harga, Citra merek, Kepuasan pelanggan dan Loyalitas pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10