cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Published by Politeknik Kediri
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Volume 7, nomor 1 (2018)" : 5 Documents clear
PENGARUH VARIASI ETANOLTERHADAP PRESTASI MESIN INDIRECT INJECTION irawan, Dani
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Volume 7, nomor 1 (2018)
Publisher : Program Studi Perawaran dan Perbaikan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahan bakar etanol-campuran bensin digunakan untuk menguji mesin indirect injection terhadap rasio udara-bahan bakar (λ) untuk mengetahui kinerja dan emisi gas buang. Jumlah injeksi bahan bakar disesuaikan secara manual oleh sistem kontrol loop terbuka menggunakan pengontrol. Ditemukan bahwa tanpa mengubah bukaan throttle dan strategi injeksi, λ menjadi lebih sedikit karena kandungan etanol meningkat. Hasil tes performa mesin menunjukkan torsi output akan meningkat sedikit pada pembukaan katup throttle yang kecil ketika bahan bakar etanol-campuran bensin digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa emisi CO dan HC berkurang dengan meningkatnya kandungan etanol dalam bahan bakar campuran, yang dihasilkan dari pengayaan oksigen. Pada rasio kesetaraan udara-bahan bakar sedikit lebih besar dari jumlah terkecil CO dan HC dan jumlah CO 2 terbesar dihasilkan. Tercatat bahwa kondisi pembakaran emisi CO2 adalah dikendalikan oleh rasio kesetaraan udara-bahan bakar; sementara di bawah kondisi pembakaran yang kaya, emisi CO2 diimbangi oleh emisi CO.  ditemukan bahwa emisi CO2 per unit untuk bahan bakar campuran adalah sama untuk bahan bakar bensin. Dari data percobaan, kadar etanol optimal untuk meningkat rasio udara dan bahan bakar bensin, meningkatkan performa mesin dan mengurangi polusi udara. Kata kunci: Bahan bakar etanol-campuran bensin; Rasio udara-bahan bakar; Emisi ; Performa mesin
PENGARUH GAP VOLTAGE DAN DUTY FACTOR PADA PROSES ELECTRICAL DISCHARGE MACHINING MATERIAL BAJA PERKAKAS TERHADAP RASIO KEAUSAN ELEKTRODA MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI Bisono, Rahayu Mekar; Jainudin, Muhamad
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Volume 7, nomor 1 (2018)
Publisher : Program Studi Perawaran dan Perbaikan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

EDM sinking adalah proses pemotongan logam menggunakan erosi karena loncatan bunga api listrik. Metode ini secara teratur digunakan ketika geometri, dimensi dan toleransi benda kerja tidak dapat dicapai dengan proses pemesinan lainnya. Pemilihan variabel proses dilakukan untuk mencapai kinerja pemesinan terbaik. Variabel proses ditentukan berdasarkan pada pengalaman dan buku manual. Seperti pada proses pemesinan konvensional, elektroda dalam proses EDM sinking juga mengalami keausan. Jumlah keausan elektroda dipengaruhi oleh lompatan bunga api listrik dari elektroda ke benda kerja. Pengaturan yang tepat pada pemesinan sinking EDM untuk menghasilkan rasio keausan elektroda minimum adalah dengan menggunakan kombinasi gap voltage 40 dan duty factor 0,5. Katakunci :  sinking EDM, gap voltage, duty factor, RKE
PERAWATAN MESIN BUBUT (BAGIAN ERETAN MELINTANG) PADA UNIT KERJA WORKSHOP PT. GUDANG GARAM .Tbk. Afifudin, Helmi; Wahyu, Mujahid
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Volume 7, nomor 1 (2018)
Publisher : Program Studi Perawaran dan Perbaikan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mesin Bubut adalah suatu Mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannyadilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. salah satupermasalahan yang terjadi pada mesin bubut adalaah tidak adanya prosedur perawatan mesin eretan yang berfungsi untuk mencekram benda kerja. tujuan dari penelitian ini adalahmembuat SOP tentang perawatan mesin bubut khususnya pada bagian eretan melintang. Merode yang digunakan adalah metode observasi. Hasil dari penelitian ini adalahtervbentuknya SOP bangian eretan melintang pada mesin bubut.Lathe is a machine tool used to cut rotated objects. Lathe itself is a process of feeding workpieces whose incisions are carried out by rotating the workpiece then worn on the toolthat is moved in translation parallel to the rotating axis of the workpiece. one of the problems that occur in the lathe is the absence of erection machine maintenance procedures that serve to grip workpieces. The purpose of this study was to make an SOP on the treatment of lathes, especially in cross section erections. The method used is the observation method. The results of this study are the formation of a cross-sectional SOP on a lathe.
PENGARUH KECEPATAN PUTARAN, KEMIRINGAN TATAKAN, DAN BANYAKNYA PUTARAN TERHADAP HASIL PENGUPASAN KULIT TELUR PUYUH REBUS arif, Saiful; Nurlina, Nila
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Volume 7, nomor 1 (2018)
Publisher : Program Studi Perawaran dan Perbaikan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Telur puyuh adalah telur burung puyuh yang kerap dijadikan bahan makanan di berbagai tradisi kuliner di dunia. Penyajian masakan telur puyuh seperti sate telur puyuh, sambal goreng telur puyuh, bakso telur puyuh, dan beberapa masakan lainnya, telur harus dikupas terlebih dahulu. Jumlah telur ayam perkilogram berkisat antara 15-20 butir tergantung besar kecilnya telur tersebut, sedangkan jumlah telur uyuh perkilogram sekitar 100 butir. Waktu pengupasan telur ayam rebus membutuhkan waktu sekitar ±3 menit perkilogram (Wahyudi, 2014), sedangkan waktu pengupasan telur puyuh rebus yang memakan waktu jauh lebih banyak yaitu sekitar ±20 menit perkilogram Waktu pengupasan telur puyuh untuk usaha kuliner atau catering yang membutuhkan telur puyuh dengan jumlah yang cukup banyak akan dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sementara ini kebanyakan proses pengupasan masih dilakukan secara manual sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengupas telur puyuh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagimana pembuatan mesin pengupas mesin telur puyuh rebus agar diperoleh hasil telur puyuh kupas yang baik, keselamatan kerja terpenuhi, serta waktu proses pengupasan yang singkat. Analisis yang digunakan yaitu analisis variansi (Anova) dengan variabel proses: putaran spindel mesin = 60 rpm dan 120 rpm; - kemiringan tatakan terhadap spindle 30º, 45º dan 60 º; dan banyaknya putaran dalam proses pengupasan yaitu 5, 7 dan 9 putaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan banyaknya putaran pada sudut kemiringan tatakan yang sama dapat meningkatkan hasil pengupasan, Penggunaan jumlah putaran spindle 12 dan 15 pada kecepatan spindle yang sama yaitu 60 rpm menghasilkan hasil pengupasan yang tuntas dan baik, penggunaan sudut kemiringan 60˚ diperoleh hasil pengupasan yang terbaik. peningkatan banyaknya putaran yang digunakan pada proses pengupasan telur puyuh rebus meningkatkan waktu pengupasan Kata Kunci: telur puyuh, pengupasan, hasil, waktu, anova,
PERANCANGAN SUMBER TENAGA KENDARAAN RODA EMPAT “MEPITU” BERTENAGA HYBRID LISTRIK DAN ANGIN Riswan Eko Wahyu S., M. Nur Wakhid ,
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Volume 7, nomor 1 (2018)
Publisher : Program Studi Perawaran dan Perbaikan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kendaraan yang menggunakan tenaga hybrid ini sangat ramah lingkungan. Pembuatan kendaraan roda empat hybrid ini bertujuan agar menghemat bahan bakar minyak dan mengurangi pencemaran udara. KendaraannRoda Empat Hybrid BertenagaaListrik dan Angin “Mepitu” merupakan salah satu kendaraan yang menggunakan energi alternatif sebagai bahannbakar. Energiikinetik angin menjadi energiilistrik dan Baterai sebagai tenaga listriknya untuk menggerakkan motor listrik sertaaroda kendaraan tersebut. Dalam proses pembuatan Kendaraan tenaga Hybrid Listrik dan Angin mempunyai beberapa perencanaan, salah satuyaayaitu Perencanaan Sumber Tenagaameliputi 1 motor listrik, 2 baling-baling, 2 generator dan 5 accu. Jadi dalam proses pembuatan telah ditentukan dengan dataaawal meliputi 1 motor listrik yang mempunyai dayaa1000 W dengan putaran 2750 Rpm, 2 baling-baling dengan jenis Multi-bladee dengan diameter 30 cm, 2 generator  dengan dayaa60 W dengan tegangan 60 Hz. Dan menggunakan 5 accu dengan 1 accu  kering (12 volt, 3 ampere) untuk penerangan dan 4 accu kering ( 12 volt, 12 ampere) untuk pengisian dan dirangkai secara seri. Hasil pembahasan yang telah dilakukan didapatkan simpulan sebagai berikut: Torsi yang didapat padaamotor listrik sebesar 354,2 kg. Dayaauntuk kapasitas storage sebesar 576 W atau 0,576 kW. Lamaawaktu pemakaian selama 34,2 menit. Menggunakan baling-baling jenis multi blade dengan luas penampang sudu sebesar 24,64 cm2. Perhitungan dayaaangin sebesar 2327,94 Watt. Putaran pada generator sebesar 1800 Rpm dan daya 60 W.

Page 1 of 1 | Total Record : 5