cover
Contact Name
Krida Singgih Kuncoro
Contact Email
krida.kuncoro@ustjogja.ac.id
Phone
+6285742771889
Journal Mail Official
union@ustjogja.ac.id
Editorial Address
Jl. Batikan, UH III No.1043, Tahunan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167.
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 2339224X     EISSN : 25793209     DOI : https://doi.org/10.30738/union
Core Subject : Education,
Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share knowledge in the form of empirical and theoretical research articles. The scope of Union is Mathematics Education which includes, but is not limited to the following topics: Mathematics Ability, Mathematics Learning Model, Mathematics Learning Media, Curriculum Development, Assessment and Evaluation, Didactical Design Research (DDR), Realistic Mathematics Education (RME), Ethnomathematics, Research and Development (RnD), PISA Task.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2020)" : 14 Documents clear
Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Maftuh, Moh. Syukron
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.102 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.7895

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui puposive sampling terpilih 3 siswa kelas XI MA Tarbiyatus Shibyan Sidorejo Panceng Gresik yang masing-masing mewakili setiap gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik. Metode pengumpulan data menggunakan Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis (TKKMT) dan wawancara. Tahapan penelitian yang digunakan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya tahap penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) siswa dengan gaya belajar Visual  memenuhi aspek komunikasi tertulis yaitu kurang akurat, kurang lengkap, dan lancar. Kurang akuratnya terletak pada tahap membuat rencana dan kurang lengkapnya terletak pada tahap memahami masalah, membuat rencana, dan menyelesaikan masalah, (2) siswa dengan gaya belajar Auditorial memenuhi aspek komunikasi tertulis yaitu akurat, lengkap, dan lancar pada setiap tahap pemecahan masalah, dan (3) Siswa dengan gaya belajar Kinestetik memenuhi aspek komunikasi tertulis yaitu kurang akurat, lengkap, dan lancar,Kurang akuratnya terletak pada tahap membuat rencana.
Hubungan antara Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Persepsi terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar Kholisyoh, Syifa Annisatul; Kusmanto, Benedictus; Arigiyati, Tri Astuti
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.477 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.8061

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan minat belajar, perhatian orang tua, dan persepsi siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei menggunakan analisis korelasional. Sampel diperoleh secara acak sebanyak 97 siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Kutowinangun yaitu SMP Negeri 1, 2, dan 3 Kutowinangun. Teknik analisis data menggunakan uji regresi ganda. Dapat diperoleh bahwa: Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar, perhatian orang tua, dan persepsi siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika baik secara bersama-sama maupun mandiri. Hal ini dilihat dari nilai koefisien korelasi yang positif dan sig. > 0,05.
Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SMA terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Hardianty, Muty; Septian, Ari
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.381 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.4558

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor utama penyebab kesulitan belajar matematika ditinjau pada faktor psikologis siswa SMA dan upaya guru mengatasi masalah kesulitan belajar matematika terhadap implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cilaku tahun 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang diambil secara purposive sampling yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, data hasil psikotes siswa, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya, faktor utama penyebab kesulitan belajar matematika terdapat pada aspek kebiasaan belajar berkategori rendah serta upaya yang telah dilakukan oleh guru yaitu membantu memperbaiki kebiasaan belajar siswa dan memberikan memberikan latihan soal-soal.
Penerapan Supervisi Klinis guna Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Matematika Saputra, Aswin; Endaryono, Endaryono
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.63 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.7903

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki kualitas mengajar guru melalui supervisi klinis. Supervisi klinis merupakan pembinaan profesional oleh kepala sekolah kepada guru dengan tujuan memperbaiki kemampuan mengajar dengan transparan. Subjek penelitian ini adalah empat orang guru Matematika. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi serta teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling. Data yang diperoleh oleh peneliti adalah data primer yang dikumpulkan dan diolah langsung oleh peneliti dari subjek penelitian ini, analisis data yang digunakan yaitu menggunakan statistik deskriptif yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dilakukan dalam dua siklus, dalam beberapa siklus tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan atau kemampuan mengajar Guru Matematika SMK PGRI 5 Jakarta. Hasil penelitian ini terungkap bahwa terjadi peningkatan dari prasiklus 33,29 %, siklus pertama 60,7 %, dan siklus kedua 87,6 %. Artinya terjadi peningkatan kemampuan mengajar guru dari beberapa indikator yang diukur.
Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Thifal, Rizka Faridah; Sujadi, A. A.; Arigiyati, Tri Astuti
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.108 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.8062

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Jigsaw lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw lebih efektif jika dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran konvensional metode ceramah, dapat dilihat dari nilai . Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis data secara statistik yang menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran di kelas.
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Kubus dan Balok Sayogo, Tri Hindro; Siswanto, Rizki Dwi; Nurafni, Nurafni
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.802 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.7073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif pada materi kubus dan balok. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek penelitian yaitu 4 peserta didik kelas IX-8 SMPN 21 Kota Bekasi, yang terdiri dari 2 peserta didik bergaya kognitif Field Dependent dan 2 peserta didik bergaya kognitif Field Independent. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan koneksi matematis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu dengan membandingkan data hasil tes kemampuan koneksi matematis dan hasil wawancara peneliti dengan subjek. Hasil penelitian menunjukan subjek bergaya kognitif Field Dependent dan Field Independent yang dapat mencapai 3 dari 6 indikator kemampuan koneksi matematis adalah S1,S3, S4, sedangkan S2 hanya memenuhi 1 indikator kemampuan koneksi matematis.
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa SMP Asrika, Nila; Harini, Esti; Agustito, Denik
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.405 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.7958

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, angket dan tes. Sebelum digunakan untuk mengambil data dilakukan uji coba instrumen yang meliputi validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data keaktifan dengan menghitung jumlah skor keseluruhan sesuai dengan skor yang telah diperoleh pada setiap indikator observasi dan untuk hasil belajar dengan menghitung rata-rata belajar pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar dengan rata-rata persentase pada pra siklus 46%, siklus I 61% dan siklus II 79% sedangkan hasil belajar matematika mengalami peningkatan rata-rata pra siklus 57,18, siklus I 66,14 dan pada siklus II menjadi 73,93.
Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ardiana, Nava Anggita; Pardimin, Pardimin; Wijayanto, Zainnur
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.735 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.8064

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP yang ditinjau dari disposisi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen di SMP Negeri 1 Sewon dengan subjek penelitian yaitu kelompok kontrol berjumlah 33 siswa dan kelompok eksperimen berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Flipped Classroom lebih efektif dibanding dengan penerapan model pembelajaran langsung dan memiliki interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan disposisi matematis. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil dari interaksi terhadap model pembelajaran dan disposisi matematis Sig = 0,046 < α = 0,05 sehingga model pembelajaran berpengaruh terhadap disposisi matematis siswa. Model pembelajaran Flipped Classroom dapat digunakan pada mata pelajaran matematika sebagai model pembelajaran alternatif terutama pada materi persamaan garis lurus.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Chamilo pada Pembelajaran Segitiga dan Segiempat Febryana, Eka; Pujiastuti, Heni
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.885 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.7734

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan tujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan Chamilo pada materi segitiga dan segiempat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,44 dan termasuk ke dalam kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata 4,35 dan termasuk kedalam kategori sangat valid. Hasil penilaian respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan mendapat nilai rata-rata 4,13 dan termasuk kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka media pembelajaran yang dikembangkan ini baik untuk digunakan untuk membantu proses pembelajaran matematika dengan materi segitiga dan segiempat.
Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Julianti, Lisa; Kusmanto, Benedictus; Setiana, Dafid Slamet
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.175 KB) | DOI: 10.30738/union.v8i2.7959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan minimal 2 dua siklus, dengan teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, angket, dan tes objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran dengan menggunakan tipe TAI (Team Assisted Individualization), motivasi dan prestasi belajar matematika mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya motivasi pada siklus I 69,68% menjadi 74,17% pada siklus II. Adapun rata-rata prestasi belajar matematika siswa dari pra siklus 39,21 meningkat menjadi 59,42 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 69,37. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi Kelas X di SMK Muhammadiyah Pakem.

Page 1 of 2 | Total Record : 14