cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Al Tijarah
ISSN : 24604089     EISSN : 25282948     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Al Tijarah is a semiannually journal published by Department of Management, Faculty of Economics and Management, University of Darussalam Gontor. In line with the objective of the Department and the University, the journal is committed to the development and promotion of contemporary issues in Islamic management and management in its broadest sense in order to keep scholars on research in the area of management. The editorial board welcomes original submission in the fields of management, finance, human resource management, marketing, operational management, and strategic management including from an Islamic perspective. Al Tijarah is currently indexed by DOAJ, IPI, Google Scholar, Crossref, BASE, Sinta and other reputated indexes in the future.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): Juni 2019" : 6 Documents clear
Peran Diversifikasi Pendapatan pada Pengaruh Kekuatan Pasar terhadap Stabilitas Bank Ahmad Setiyono; Mahadva Meutia Maramis; Rahmat Heru Setianto
Al Tijarah Vol 5, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.935 KB) | DOI: 10.21111/tijarah.v5i1.3612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kekuatan pasar terhadap stabilits bank di Indonesia. Penelitian ini juga menguji peran moderasi diversifikasi pendapatan pada pengaruh kekuatan pasar teradap stabilitas bank. Datayang digunakan adalah 38 bank umum antara perode 2008- 2017. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa kekuatan pasar akan meningkatkan stabilitas bank. Hasil dari regresi moderasi mengindikasikan bahwa pengaruh kekuatan pasar terhadap stabiltas bank akan semakin uat pada bank dengan diversifikasi pendapatan yang tinggi. Hasil ini akan membawa implikasi bagi para manajer dan pembuat kebijakan dalam mengelola bank.
Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia Kurnia Khafidhatur Rafiah
Al Tijarah Vol 5, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.149 KB) | DOI: 10.21111/tijarah.v5i1.3621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kepercayaan pelanggan dan pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam e-commerce. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel, yaitu variabel bebas (kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan) dan variabel terikat (loyalitas pelanggan). Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang didistribusikan kepada masyarakat Indonesia menggunakan media online dan offline. Kriteria sampel yang dapat menjadi koresponden adalah orang-orang yang telah belanja online melalui e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya. Subjek penelitian ini adalah 450 responden. Analisis data dilakukan dengan model persamaan struktural (SEM) menggunakan software Amos 21. Penelitian ini dilakukan berdasarkan peluang yang sangat tinggi dalam bisnis online yang juga sejalan dengan risiko yang harus dihadapi. Berdasarkan evaluasi dan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas. Ini berarti bahwa untuk mendukung bisnis e-commerce, pemilik bisnis perlu terus meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan adalah salah satu hal penting yang mempengaruhi pelanggan untuk melakukan pembelian kembali dan juga akan dengan mudah mempromosikan e-commerce secara langsung atau tidak langsung kepada orang lain.
Analisis Penetapan Harga untuk Peningkatan Jumlah Penjualan Produk (Studi Kasus Sate Hadori Bandung) Merita Bernik; Mukiman Dilyaul Haq
Al Tijarah Vol 5, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.865 KB) | DOI: 10.21111/tijarah.v5i1.3323

Abstract

Persaingan semakin ketat untuk para pelaku bisnis terutama dibidang kuliner. Salah satu cara untuk dapat memenangkan persaingan adalah penetapan harga yang sesuai dengan pangsa pasarnya. Harga merupakan salah satu unsur yang dapat meningkatkan jumlah penjualan. Salah satu kuliner terkenal di kota Bandung adalah sate Hadori. Untuk memenangkan persaingan dengan kuliner sate yang lainnya, adalah dengan menetapkan harga yang sesuai. Oleh karena itu, paper ini mencoba untuk menganalisis penetapan harga yang dapat meningkatkan jumlah penjualan. Hal tersebut bertujuan agar perusahaan dapat menentukan harga yang tepat dan sesuai dengan keinginan konsumen sehingga akan meningkatkan penjualan. Metoda penelitian yang dipergunakan adalah metoda deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder, serta dilakukannya uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan jumlah penjualan sebelum dan setelah dilakukan kenaikan harga. Hasil yang diperoleh ternyata walaupun telah dilakukannya kenaikan harga sebanyak 2 kali dari tahun 2016-2018 jumlah penjualannya mengalami peningkatan.
Islamic Economic Analysis Reviews: the Transparency of Top-up Banking Rahma Yudi Astuti; Dhika Amalia Kurniawan
Al Tijarah Vol 5, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.371 KB) | DOI: 10.21111/tijarah.v5i1.3648

Abstract

Writing this paper is based on customers who are trapped with the facilities provided by the bank, called “top up”. Customers do not need to pay off the remaining loans, customers will receive a new schedule and a new loan ceiling. This is based on many problems experienced by bank customers. The extent to which transparency is applied by banks in accordance with PBI. No. 7/6/2005 is the aim of this study. This research is qualitative research with an evaluative-normative approach. From these problems, the bank in delivering it to customers about Top Up information has not conveyed transparently what should be conveyed to customers. Transparency to customers is very important in accordance with an Islamic economy based on sharia values and principles that can be applied in all aspects of business life and transactions of the Ummah Compliance with regulations issued by the government, namely PBI no. 7/6 / PBI / 2005 which is not yet fully operational in banking in general. With transparency being applied in Islamic economics, customers will know what their rights and obligations are. Transparency to customers is very important to prevent misunderstandings that can cause harm to customers..
The Concept of Had Kifayah in Zakah Management Nurizal Ismail; Siti Aisyah
Al Tijarah Vol 5, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.559 KB) | DOI: 10.21111/tijarah.v5i1.3324

Abstract

 This research attempts to find the concept of had kifayah (the sufficiency line) in classical Islamic texts (turasts) written by Muslim scholars and to be analysed it in the contemporary relevance of zakah management. It employs a qualitative method by exploring the concept of had kifayah of early Muslim Scholars and analyzing its relevance in the current condition. Moreover, the findings are clearly stated that the concept of had kifayah is derived from the works of early Muslim scholars that gives a fundamental philosophical framework toward the development of had kifayah study in zakah management.The existing research covers the study of had kifayah focusing on formulating the measurement of had kifayah with some additional Islamic values that based on the maqasid Shari’ah approach. However, the comprehensive study on the had kifayah based in Islamic perspective has been not executed very much in this regard. This research will contribute to the development of Islamic economics because the concept had kifayah related to the development of zakah management
Perbandingan Pengaruh Kinerja Perusahaan dan Nilai Perusahaan terhadap Tingkat Pertumbuhan Berkelanjutan Dewi Puspitasari
Al Tijarah Vol 5, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.896 KB) | DOI: 10.21111/tijarah.v5i1.3325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberi bukti empiris mengenai perbedaan pengaruh kinerja keuangan dan nilai perusahaan terhadap tingkat pertumbuhan yang berkelanjutan antara perusahaan yang terdaftar dalam Sri Kehati Index (SKI) dan perusahaan diluar SKI selama periode tahun 2015-2017. Tingkat pertumbuhan yang berkelanjutan diproksikan dengan Sustainable Growth Rate (SGR) sebagai variable dependen, sedangkan kinerja keuangan dan nilai perusahaan diproksikan dengan Return on Asset (ROA) dan Price Earning Ratio (PER) sebagai variable independen. Tehnik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan Uji F dan Uji T sebagai penguji hipotesis sehingga diperoleh hasil pengujian empiris. Penelitian ini merupakan hal yang penting untuk mengetahui apakah variabel yang digunakan untuk menyeleksi perusahaan di dalam SKI yaitu ROA dan PER telah tepat dapat mendukung keberlanjutan usaha untuk memberikan pengembalian investor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan pengaruh PER terhadap SGR antara kedua kelompok sampel dan tidak ada perbedaan pengaruh ROA terhadap SGR. Hal ini berarti menunjukkan bahwa nilai PER sangat layak untuk digunakan dalam menilai kondisi perusahaan pada kelompok sampel karena merepresentasikan kondisi suatu perusahaan dengan spesifikasi dan kriteria pengelompokan yang berbeda dalam model penelitian. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel lain yang diduga berpengaruh dalam memoderasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6