cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Sistem : Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik
ISSN : 02167131     EISSN : 25496867     DOI : 10.37303
Core Subject : Engineering,
Jurnal Sistem diterbitkan 3 (tiga) kali setahun oleh Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana Malang, sebagai sarana informasi dan forum kajian masalah-masalah teknik. Berisi tentang tulisan ilmiah, ringkasan hasil penelitian, pembahasan kepustakaan dan pemikiran kritis yang orisinil dan up to date. Redaksi menerima para ahli, praktisi dan siapa saja yang berminat untuk menyumbangkan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2014)" : 7 Documents clear
ANALISA FAKTOR PENYEBAB PEKERJAAN ULANG PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA MALANG Prianto, Kusnul
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 10 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.121 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuifaktor apa sajakah yang menyebabkan pekerjaan ulang pada proyek konstruksi secara umum, mengetahui faktor apa sajakah yang dominan menyebabkan pekerjaan ulang pada proyek konstruksi, mengetahui pengaruh yang signifikan antara faktor dominan penyebab pekerjaan ulang terhadap pekerjaan ulang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey yang dilakukan pada perusahaan kontraktor di Kota Malang. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner. Data sekunder didapat dari hasil studi pustaka yang dapat berbentuk iteratur, jurnal, dan data-data dari lembaga yang berkepentingan dengan penelitian ini, seperti dari asosiasi profesi dan dinas terkait. Faktor-faktor penyebab pekerjaan ulang secara umum adalah: berdasarkan jenis kontrak masing-masing faktor yang menempati prosentase tertinggi adalah: gabungan lumpsum dan pekerjaan ulang (berdasarkan cara pembayaranya), kontrak tahun tunggal (berdasarkan jangka waktu pelaksanaanya), kontrak pengadaan tunggal (berdasarkan jumlah pengguna barang dan jasa), berdasarkan jenisnya adalah proyek bangunan gedung. faktor-faktor dominan penyebab pekerjaan adalah berdasarkan jenis pekerjaan yang paling sering mengalami pekerjaan ulang adalah pekerjaan finishing, dari segi perencaan/desain faktor yang paling dominan menyebabkan pekerjaan ulang adalah kesalahan gambar yang terlambat diketahui yang memperoleh prosentase sebesar 65%, dari segi pengawasan dan manajerial faktor yang paling dominan menyebabkan pekerjaan ulang adalah spesifikasi bahan/material yang tidak sesuai yang menempati prosentase sebesar 65%, dari segi sumber daya pelaksana konstruksi faktor yang paling dominan menyebabkan pekerjaan ulang adalah minimnya pengetahuan sumber daya manusia/pekerja yang menempati prosentase 60%, berdasarkan analisa, ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara faktor yang paling dominan menyebabkan pekerjaan ulang yaitu kesalahan gambar, kesalahan spek bahan dan minimnya pengetahuan SDM, faktor dominan kesalahan gambar menimbulkan pengaruh yang signifikan terhadap pekerjaan ulang (finishing).
PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PASANGAN BATA RINGAN (Studi Kasus Proyek Pembangunan MIPA Center Tahap 2 Universitas Brawijaya) Youngky Pratama, Hariyono Seputro
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 10 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.938 KB)

Abstract

Suatu keberhasilan proyek konstruksi secara keseluruhan tergantung dari keberhasilan setiap pekerjaan yang ada dalam proyek tersebut, sedangkan salah satu faktor yang mempengaruhi  keberhasilan  suatu  pekerjaan  adalah  produktivitas  tenaga  kerjanya. Salah satu pekerjaan pada proyek konstruksi yang mempunyai volume pekerjaan dan jumlah tenaga kerja yang besar adalah pekerjaan pasangan bata. Dengan volume dan jumlah tenaga kerja yang besar maka diperlukan pula dana yang besar untuk menyelesaikanya, maka produktivitas tenaga kerja harus dimaksimalkan untuk meminimalkan anggaran dan waktu guna memperoleh hasil maksimal. Dalam pengukuran produktivitas terdapat banyak metode yang bisa digunakan, salah satunya productivity rating, dimana aktivitas pekerja diklasifikasikan dalam 3 hal, yaitu Essential contributory work, Effective work, dan not useful. Data pendukung penelitian digunakan laporan harian yang merupakan produk dari kontraktor dengan diklarifikasi dengan data primer yang diperoleh secara langsung di lapangan dengan cara pengamatan terhadap kegiatan-kegiatan tersebut. Analisis data dilakukan dengan cara matematis sederhana untuk mendapatkan besarnya produktivitas. Hasil penelitian yang diperoleh hal-hal sebagai berikut. 1. Besarnya  tingkat  produktivitas  tenaga  kerja  pada  pekerjaan  pasangan  bata  pada proyek Pembangunan MIPA Center Tahap 2 Universitas Brawijaya  cukup memuaskan  karena rata-rata produktivitasnya sebesar 76,14% > 50%. 2. Variabel yang telah ditentukan yaitu umur, pengalaman kerja, tingkat pendidikan, kesesuaian upah, jumlah tanggungan keluarga, kesehatan pekerja, hubungan antar pekerja, manajerial, dan komposisi kelompok kerja secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya produktivitas pekerjaan pasangan bata. Secara   parsial   atau   sendiri-sendiri   variabel   yang   mempunyai   pengaruh   yang signifikan terhadap besarnya tingkat produktivitas tenaga kerja adalah variabel umur dan variable pengalaman kerja. 3.  Variabel pengalaman kerja mempunyai pengaruh yang dominan terhadap tingkat produktivitas tenaga kerja di proyek Pembangunan MIPA Center Tahap 2 Universitas Brawijaya.
PENENTUAN JENIS PEMELIHARAAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA (STUDI KASUS: KECAMATAN JABUNG, KABUPATEN MALANG) Saputro, Dian Agung
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 10 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.66 KB)

Abstract

Kerusakan jalan dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu kerusakan struktural yang mencakup kegagalan perkerasan atau kerusakan dari satu atau lebih komponen perkerasan yang mengakibatkan perkerasan tidak dapat lagi menanggung beban lalu lintas, dan kerusakan fungsional yang mencakup keamanan dan kenyamanan, oleh karena itu perlu dilakukan adanya Pemeliharaan Jalan, yaitu kegiatan penanganan jalan yang meliputi perawatan, rehabilitasi, penunjangan, dan peningkatan. Metode evaluasi kerusakan jalan yang akan digunakan yaitu metode Bina Marga. Metode Bina Marga umumnya digunakan di Indonesia dapat menghasilkan nilai prosentase kerusakan jalan. Pada penelitian ini didapatkan hasil tingkat kerusakan jalan sehingga dapat ditentukan jenis pemeliharaan yang akan dilakukan
KEKUATAN DAN DAKTILITAS PERPINDAHAN KOLOM PENDEK BETON BERTULANG PERSEGI DIBAWAH PENGARUH PEMBEBANAN SIKLIK ', Parmo
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 10 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.818 KB)

Abstract

Indonesia menempati zona tektonik yang sangat aktifsehingga sangat rawanterhadapgempabumi. Oleh karena itu perencanaan elemen struktur bangunan gedung sangatlah perlu memperhatikan kekuatan dan juga daktilitas. Kekuatan struktur berfungsi menahan beban oleh adanya gaya gravitasi sedangkan daktilitas merupakan salah satu persyaratan struktur tahan gempa, sedangkan pembebanan siklik merupakan representasi yang tepat untuk menggambarkan beban dinamis yang terjadi. Kolom merupakan komponen struktur yang berperan penting untuk mendukung beban aksial, beban gempa, momen lentur dan gaya geser. Karena keruntuhan kolom bisa mengakibatkan struktur bangunan runtuh (collapse) secara keseluruhan. Dalam penelitian ini diuji 1 buah kolom masing-masing berpenampang persegi, dengan ukuran tinggi 350 mm, lebar 350 mm dan panjang 1100 mm. Kuat tekan beton rata-rata digunakan f’c = 20,34 Mpa, tegangan leleh tulangan baja longitudinal fy = 549,94 Mpa. Pengujian dilakukan dengan memberikan beban aksial konstan 748 kN dan beban lateral siklik metode displacemet control untuk mensimulasikan beban gempa. Hasil analisa tioritis diagram interaksi sebagai representasi kekuatan kolom secara teoritis diperoleh beban horizontal (Ph) dan momen yang secara teroritis diperoleh Ph  sebesar 185,73 kN dan momen nominal kolom secara teoritis diperoleh 202,45 kN.m sedangkan pengujian ekperimental diperoleh Ph maks sebesar 288,0 kN dengan momen nominal sebesar 316,8 kN.m. Nilai Daktilitas kolom diperoleh setelah benda uji dilakukan pengujian siklik dan hasil pengujian dilakukan analisis. Daktilitas perpindahan (µΔ) kolom uji C-1 sebesar 2,71, sehingga kolom termasuk daktail parsial
PENGARUH SERVICE QUALITY DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PELAYANAN NASABAH BANK Haryanto, Sony
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 10 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.426 KB)

Abstract

Service quality merupakan salah satu dimensi untuk mencapai kepuasan pelanggan karena pelanggan yang puas akan memberikan dampak kepada word of mouth sehingga akan memberikan nilai kepada perusahaan. Namun demikian belum banyak penelitian empiris untuk menguji dimensi service quality sebagai penentu kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap word of mouth khususnya pada industri perbankan di Kota Malang. Penelitian ini bermaksud untuk mengisi kekurangan penelitian empiris tentang kajian antara kepuasan pelanggan dengan service quality dan  word of mouth. Penelitian ini mengambil populasi semua nasabah bank konvensional dan bank syariah yang ada di Malang. Sampel penelitian ini diambil dari nasabah yang berhubungan dengan bank konvensional dan bank syariah di Malang dimana nasabah tersebut meliputi nasabah kredit dan simpanan. Alasan mengapa yang menjadi objek penelitian ini adalah bank konvensional dan bank syariah karena adanya kecenderungan nasabah untuk menggunakan kedua jenis bank tersebut. Penelitian ini menguji model guna mengetahui sejauh mana dimensi service quality sebagai penentu kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap word of mouth pada industri perbankan di Malang antara bank konvensional dan bank syariah. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan pertanyaan yang bersumber dari literatur terdahulu. Penelitian ini membuktikan serta mendukung hipotesis yang menyatakan bahwa komunikasi pemasaran atau word-of-mouth berperan penting dalam membangun citra terhadap institusi perbankan, khususnya perbankan syariah. Word-of-mouth tersebut dapat ditentukan oleh kepuasan yang dirasakan oleh nasabah, baik atas layanan atau produk yang dikonsumsi oleh nasabah. Persepsi atas kepuasan yang diberikan oleh perbankan syariah kepada nasabahnya terbentuk oleh dimensi-dimensi yang menjadi indikator kualitas jasa dan perceived value. Indikator atau dimensi-dimensi kualitas jasa tersebut terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dimensi-dimensi tersebut tidak seluruhnya berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
PEMILIHAN ALTERNATIF ENERGI TERBARUKAN DI KABUPATEN MALANG Maajid, Luqman
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 10 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.302 KB)

Abstract

Kebutuhan akan energi semakin meningkat, akan tetapi sumber energi yang berasal dari fosil semakin lama semakin habis. Dengan demikian akan terjadi kelangkaan sumber energi dalam waktu yang cukup lama.  Padahal sumber energi selain fosil sangat besar sehingga perlu adanya pemanfaatan sumber energi terbarukan untuk alternatif pembangkit listrik. Penelitian ini bertujuan untuk memilihan alternatif sumber energi listrik yang dapat dikembangkan di Kabupaten Malang dengan pendekatan Binary Dominance Matrix. Dalam penelitian ini terdapat dua alternatif sumber energi listrik yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Matahari dan Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu yang nantinya dipilih satu alternatif sumber energi listrik terbaik dengan menggunakan metode Binary Dominance Matrix. Dari hasil penelitian didapatkan alternatif sumber energi listrik terbaik adalah dengan memanfaatkan tenaga matahari (PLTS).
PENGARUH AKTIVITAS KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KEBISINGAN DI KAWASAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PANGUDI LUHUR SURAKARTA Nurmaningsih, Dyah Ratri; ', Kusmiyati; Riyanto SR, Agus
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 10 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.957 KB)

Abstract

Semakin pesatnya aktivitas transportasi khususnya kendaraan bermotor berdampak meningkatnya intensitas polusi suara atau kebisingan berupa kebisingan bagi lingkungan disekitar jalan tersebut. Kawasan Sekolah Menengah Pertama Pangudi Luhur Bintang Laut diambil sebagai objek penelitian karena kawasan tersebut terletak pada kawasan bisnis kota Surakarta atau CBD (Central Bussiness Distric)  dan juga kawasan akses lalu lintas perkotaan Surakarta yang cukup padat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey (dengan menggunakan alat) dan metode analisa pendekatan (dengan menggunakan rumus empiris). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besar nilai tingkat kebisingan telah melampaui baku mutu yang diijinkan, yaitu 55 dB(A)  untuk kawasan sekolah atau sejenisnya. Penanganan/ alternatif solusi dari penelitian ini dilakukan sesuai keadaan karakteristik lokasi yang diteliti : penanaman tanaman-tanaman kecil diantara pohon-pohon besar di pinggir jalan, seperti palem botol, lidah mertua, bambu-bambuan, kemuning, dll., serta penanaman rumput-rumputan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7