cover
Contact Name
David
Contact Email
david_liauw@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
sisfotenika@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
SISFOTENIKA
ISSN : 20877897     EISSN : 24605344     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA diterbitkan oleh LPPM STMIK Pontianak dan IndoCEISS. Frekuensi Terbit Tengah Tahunan (2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli). Topik yang akan dipublikasikan oleh jurnal SISFOTENIKA berhubungan dengan teknologi informasi, komunikasi dan komputer yang berbentuk kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empirik atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan atau usulan baru.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA" : 8 Documents clear
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN RETRIBUSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN ACEH UTARA Dahlan Abdullah
SISFOTENIKA Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.975 KB) | DOI: 10.30700/jst.v5i2.92

Abstract

AbstrakPada Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara, pengelolaan retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor masih terbilang manual. Selama ini pengelolaan retribusi tersebut masih menggunakan aplikasi database yang masih terlalu sulit dan membutuhkan waktu yang relatif lama dalam proses pengoperasiannya. Penelitian ini ingin merancang sebuah sistem informasi mengenai pengelolaan retribusi tersebut. Perancangan dilakukan dengan menggunakan DFD dan ERD untuk memodelkan data dan proses. Dengan adanya sistem ini, diharapkan akan dapat memudahkan dalam pengelolaan data retribusi pengujian kendaraan bermotor.Kata Kunci : Perancangan, Sistem Informasi, Retribusi
Penerapan Rapid Application Development (RAD) pada Aplikasi Pencabutan Layanan Reguler Smart PT.PLN (Persero) Herlinda Kusmiati; Medhy Ansori
SISFOTENIKA Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.228 KB) | DOI: 10.30700/jst.v5i2.86

Abstract

AbstrakPT.PLN (Persero) WS2JB Area Palembang adalah perusahaan yang bergerak di bidang Energi Listrik yang merupakan salah satu perusahaan BUMN di kota Palembang. Perkembangan teknologi telah membawa PT.PLN (persero) dengan kebutuhan akan informasi. Hingga saat ini, PT.PLN (persero) menyediakan layanan Reguler Smart yang terdiri dari pemasangan, pencabutan, dan penambahan daya listrik.Dalam proses pencabutan layanan RESA PT. PLN (Persero) WS2JB saat ini belum terkomputerisasi secara keseluruhan. Pencabutan layanan RESA dilakukan oleh pelanggan dengan datang ke PT.PLN(persero), staff administrasi melakukan pencarian data pelanggan tersebut satu persatu untuk dapat diproses administrasi pencabutan layanan RESA. Metode pengembangan aplikasi perangkat lunak menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dan untuk pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian Black Box yang terdiri dari pengujian Usability serta User Statisfaction Testing. Aplikasi ini dapat mempermudah staff admin dalam proses pengolahan data administrasi pencabutan layanan. Aplikasi ini menyediakan basisdata yang dapat menyimpan data-data pencabutan layanan RESA, sehingga dapat membantu staff admin dalam pencarian data pemasangan yang digunakan untuk proses pencabutan layanan RESA.Kata kunci : pencabutan layanan RESA, Reguler Smart, Rapid Application Development (RAD)
PENERAPAN NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE DALAM PERANCANGAN INTRANET UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN Hendra Kurniawan
SISFOTENIKA Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.344 KB) | DOI: 10.30700/jst.v5i2.96

Abstract

AbstrakPengguna Jaringan intranet pada suatu organisasi maupun perusahaan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) yang biasanya sudah ada untuk menghubungkan beberapa komputer dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Jaringan LAN (Local Area Network) hanya dapat diakses oleh anggota organisasi, karyawan, atau orang lain yang sudah di otorisasi, STMIK Pontianak salah satu perguruan tinggi yang berbasis pada teknologi informasi (TI) sudah seharusnya mempertimbangkan penerapan intranet guna proses pembelajaran berbasis multimedia dengan memanfaatkan sarana dan prasarana teknologi jaringan intranet dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbasis multimedia dengan pengaksesan jaringan intranet. Pengguna teknologi jaringan saat ini khususnya mahasiswa dalam men-download modul-modul kuliah serta meng upload tugas terstruktur, serta dosen upload modul-modul kuliah serta mendownload tugas terstruktur yang dikumpulkan oleh mahasiswa. STMIK Pontianak adalah salah satu perguruan tinggi yang mempelajari teknologi informasi, untuk mendukung tercapainya tujuan perguruan tinggi, saat ini dipandang perlu adanya dukungan media pembelajaran yang memberikan pelayanan yang baik terutama dalam hal kemudahan dalam proses pembelajaran, oleh karena itu perlu dilakukan perancangan arsitektur intranet yang mendukung proses pembelajaran berbasis multimedia dimasing-masing kelas yang ada pada STMIK Pontianak.Kata kunci : intranet, Network Development Life Cycle (NDLC), LAN, Download dan Upload
Sistem Monitoring dan Peringatan Ketinggian Air berbasis Web dan SMS Gateway Alfred Tenggono; Yovan Wijaya; Erick Kusuma; Welly .
SISFOTENIKA Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.223 KB) | DOI: 10.30700/jst.v5i2.85

Abstract

AbstrakIndonesia merupakan negara dengan curah hujan yang tinggi, musim penghujan dapat berlangsung selama empat bulan dalam kurun waktu satu tahun. Dengan meningkatnya pembangunan di wilayah perkotaan, menyebabkan semakin sedikitnya daerah penyerapan air. Serta kebiasaan masyarakat membuang sampah di aliran air, juga merupakan faktor pendukung penyebab terjadinya banjir. Selain dapat menimbulkan kerugian harta benda, banjir juga dapat menimbulkan korban jiwa. Dibutuhkan sebuah sistem monitoring dan peringatan, agar menghindari terjadinya korban jiwa, dan meminimalisir kerugian materil yang terjadi akibat banjir. Dengan menggunakan metode waterfall dibuat sebuah sistem monitoring dan peringatan yang menggunakan web dan sms gateway. Sistem monitoring ketinggian air dibuat agar dapat mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Sistem peringatan juga dibuat agar dapat menyampaikan peringatan dengan cepat, dan memiliki wilayah cakupan yang luas. Dengan menggunakan sistem ini dapat dipantau ketinggian air secara real time melalui halaman web, dan mendapatkan peringatan akan terjadinya banjir melalui pesan singkat. Sehingga sistem ini dapat membantu pengguna, terhindar ataupun dapat menekan kerugian yang ditimbulkan dari banjir yang terjadi.Kata kunci — Sistem Monitoring, sistem peringatan, sms gateway, bencana banjir 
UJI PERFORMA SOFTWARE-BASED OPENFLOW SWITCH BERBASIS OPENWRT Rikie Kartadie; Tommy Suryanto
SISFOTENIKA Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.658 KB) | DOI: 10.30700/jst.v5i2.83

Abstract

AbstrakPerkembangan pesat Software-Defined Network telah dirasakan oleh vendor vendor besar. HP, Google dan IBM, mulai merubah pola routing-switching pada network mereka dari pola routingswitching tradisional ke pola infrastruktur routing-switching Software-defined Network. Untuk melakukan eksperimen tentang OpenFlow, para peneliti sering kali harus menggunakan perangkat hardware/dedicated switch OpenFlow yang dikeluarkan oleh beberapa vendor dengan harga yang tinggi. Kenyataannya, software-based switch OpenFlow (selanjutnya dalam penelitian ini digunakan istilah Switch OF software-based) masih belum teruji performanya, sehingga masih belum dapat menjadi acuan/rekomendasi yang tepat untuk dapat menggantikan perangkat dedicated switch OpenFlow yang berharga tinggi. Penelitian ini menguji performa dari switch OF software-based dengan membandingkannya dengan dedicated OpenFlow switch yang dipresentasikan oleh mininet dan dengan switch none OF. Performa switch OF software-based dapat dikatakan baik dengan hasil gap rata-rata pada setiap pengujian menunjukkan angka yang tidak tinggi. Pada pengujian jitter dapat dikatakan sama. Pada pengujian throughput protokol TCP, switch OF software-based memberikan hasil yang rendah dibandingkan dengan pembandingnya. Pada pengujian throughput protokol UDP, bandwidth yang diperoleh nilai gap throughput bandwidth protokol UDP rata-rata switch OF software-based lebih tinggi dibandingkan switch non OF dan lebih rendah dibandingkan mininet. Switch OF software-based dapat digunakan untuk menggantikan dedicated openflow switch untuk mengimplementasikan SDN baik pada sekala menengah dan kampus.Kata kunci: switch OpenFlow software-based, Software-Defined Network, Uji performa
PENGAMBILAN PUTUSAN HUKUMAN PIDANA PEMBUNUHAN DENGAN CASE BASED REASONING David .; Sandy Kosasi
SISFOTENIKA Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.092 KB) | DOI: 10.30700/jst.v5i2.84

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk pengambilan putusan hukuman pidana pembunuhan menggunakan metode Case Based Reasoning adalah sebagai aplikasi bantuan, yang dikhususkan bagi seorang Jaksa/Hakim dalam memilah-milah kasus tindak pidana pembunuhan, serta sebagai bahan referensi dalam memutuskan vonis pidana, yang tentunya lebih efektif dan efisien, dikarenakan data basis kasus dalam perangkat lunak bersumber dari kualifikasi delik pidana pembunuhan menurut KUHP. Reuse based digunakan sebagai model proses pengembangan aplikasi ini dengan siklus Case Based Reasoning. Hasil yang dibuat merupakan aplikasi yang menggabungkan Case Based Reasoning dengan jaringan syaraf tiruan perceptron. Perangkat lunak pengambilan putusan hukuman pidana pembunuhan menggunakan metode Case Based Reasoning dapat membantu praktisi hukum (Hakim/Jaksa) dalam menelusuri kasus tindak pidana pembunuhan, serta menjadikan kasus dalam aplikasi sebagai referensi dalam pemutusan vonis dalam dunia hukum yang real, dikarenakan solusi yang diberikan berdasarkan sumber yang mengatur hukum pidana di indonesia (KUHP).Kata Kunci: Case Based Reasoning, Perceptron, Pengujian Penerimaan Pengguna, pengembangan berorientasi pemakaian ulang.
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN METODE JIGSAW Luh Made Yulyantari
SISFOTENIKA Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.994 KB) | DOI: 10.30700/jst.v5i2.93

Abstract

AbstrakPembelajaran dapat dilakukan secara individu maupun secara kelompok. Terdapat beberapa pendekatan atau metode dalam pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah metode Jigsaw. Model pembelajaran “Kooperatif Jigsaw” yaitu suatu metode pembelajaran yang mengkondisikan siswa belajar dalam kelompok, bertanggung jawab atas penguasaan materi belajar yang ditugaskan kepadanya, kemudian mengajarkan bagian tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Proses pembuatan media pembelajaran ini harus melalui tahapan analisa dan perancangan. Oleh karena itu, analisis dan perancangan akan dibuat dengan detail dalam dokumen perancangan, yang sering disebut dengan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) dan dilanjutkan dengan pembuatan Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL). Metode pengembangan yang digunakan sesuai dengan unsurunsur yang terkandung di dalam jenis-jenis dokumen tersebut. Berdasarkan analisa dan perancangan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa sistem yang dirancang sudah menggunakan konsep dan tahapan pembelajaran dengan metode Jigsaw, sehingga dapat dijadikan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran.Kata kunci: media pembelajaran, jigsaw, spesifikasi kebutuhan, deskripsi perancangan 
Penerapan Konsep Gamification pada Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Berbasis Web Bety Wulan Sari; Ema Utami; Hanif Al Fatta
SISFOTENIKA Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.268 KB) | DOI: 10.30700/jst.v5i2.87

Abstract

AbstrakTenses merupakan suatu bentuk kata kerja dalam tata bahasa pada bahasa Inggris yang berhubungan dengan waktu terjadinya suatu peristiwa. Dengan memahami dan menguasai tenses, maka bahasa Inggris akan terasa mudah karena tenses adalah dasar dari suatu pola kalimat bahasa Inggris. Terdapat 12 tenses yang sering digunakan dan seringkali membingungkan dan rumit bagi sebagian besar orang. Saat ini, e-learning semakin berkembang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, sehingga siapapun yang membutuhkannya dapat mengakses darimanapun ia berada. Akan tetapi mayoritas e-learning saat ini tidak mampu menarik perhatian dan minat dari penggunanya. Konsep gamification akan terapkan ke dalam e-learning tenses bahasa Inggris agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.Perancangan gamified system ini akan menggunakan Marczewski’s Gamification Framework. Framework yang memiliki user types dengan kebutuhan pembelajaran dan pengembangan diri. Game mechanics pada user types ini seperti levels, challenges, dan rewards dapat mendukung pengguna gamified system dalam mencapai goals. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan dalam penerapan framework Marczewski terhadap kebutuhan fungsional pengguna. Kata Kunci : tenses, gamification, Marczewski’s Gamification Framework

Page 1 of 1 | Total Record : 8