cover
Contact Name
Saeful Bahri
Contact Email
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Phone
+622666251992
Journal Mail Official
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Editorial Address
Jln cemerlang no 8 sukakarya kota sukabumi jawabarat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi) : Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial
ISSN : 2355990X     EISSN : 25495178     DOI : 10.31294/swabumi
SWABUMI merupakan jurnal di bidang Ilmu Komputer, Manajemen dan Sosial yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dan telah memiliki ISSN versi cetak. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, Sistem Penunjang Keputusan, Manajemen dan Humaniora
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018" : 13 Documents clear
STRATEGI PEMASARAN PADA PELATIHAN PUBLIC SPEAKING QUECARD SUKABUMI Dicki Prayudi
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4580

Abstract

Abstraksi QueCard adalah nama lembaga pelatihan yang fokus kepada pengembangan soft skill terutama dalam bidang komunikasi di Sukabumi. Tujuan didirikannya lembaga ini adalah untuk memberikan pilihan dan kemudahan bagi peserta dalam mengembangkan komunikasinya. Kelas Public Speaking adalah kelas yang ditujukan kepada mahasiswa atau pekerja yang memerlukan pelatihan komunikasi untuk menunjang kebutuhan pekerjaan ataupun kepentingan pribadinya. Peneliti dilakukan dengan pendekatan secara langsung kepada informan untuk mengamati perilaku, pendapat, sikap serta tanggapan informan terkait dengan subjek penelitian. Penelitian menggunakan parameter tunggal yang menjadi parameter studi yaitu STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning). Bauran pemasarannya berdasarkan yang dikemukakan oleh Kotler untuk pemasaran jasa yaitu: Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Evidence, dan People. Pada penelitian ini, metode kualitatif diambil sebagai metode yang akan digunakan peneliti dalam merumuskan skema penelitian lebih lanjut. Berdasarkan analisis lingkungan internal pemasaran QueCard Public Speaking yang diformulasikan pada matrik IFAS, pemasaran QueCard Public Speaking masih memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan kelemahan. Hasil matrik tersebut menghasilkan hasil pembobotan QueCard Public Speaking yang mempunyai skor 2,05 untuk kekuatan pemasaran dan 0,85 untuk hasil pembobotan kelemahan pemasaran QueCard Public Speaking. Hasil 2,90 yaitu hasil pembobotan kekuatan ditambah dengan kelemahan. Kata Kunci: Rancangan, Pemasaran, Analisis SWOT Abstract QueCard is the name of the training institute that focuses on the development of soft skills, especially in the field of communications in Sukabumi. The objective of establishing the institute is to provide choice and convenience for the participants to develop communication. Research also approaches descriptive analysis to interpret the data obtained with the fact that being in the field so as to get a research subjects. Research using a single parameter into parameter studies are STP (Segmenting, Targeting, and Positioning). Its marketing mix based on that proposed by Kotler's marketing services, such as: Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Evidence, and People. Researchers conducted a detailed elaboration in order to provide data and information for this study. Based on the analysis of the external environment of marketing QueCard Public Speaking at the point where the position is that the overall result of 2.95 is 1.75 and the point opportunities results threat there is a difference of 1.20 to 0.55. It is concluded that the external environment of marketing QueCard Public Speaking is above the average of point that have more opportunities than threats. Keyword: Marketing, SWOT Analyst, Public Speaking
IMPLEMENTASI MODEL AGILE PADA MONITORING SUHU KOLAM IKAN DENGAN ALGORITMA FUZZY LOGIC BERBASIS INTERNET OF THING (IOT) Jamal Maulana Hudin; Desi Susilawati; Mohamad Alfi Faisal
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4566

Abstract

Abstrak Suhu adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi produksi dan metabolism ikan. Suhu air memiliki pengaruh yang dominan terhadap kelangsungan kehidupan ikan, Suhu air yang optimal untuk budidaya ikan adalah 25–30℃. Menjaga suhu air kolam agar selalu dalam kondisi optimal memerlukan pemantauan dan pengontrolan secara terusmenerus, karena suhu dapat berubah akibat pengaruh cuaca dan lingkungan. Penjadwalan alat akan aktif atau tidak yaitu menggunakan metode fuzzy logic yang akan mengontrol secara real time pada kolam ikan. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem yang bisa memantau dan mengontrol secara otomatis suhu air pada kolam ikan melalui jaringan internet. dalam pengujian sensor suhu yang digunakan, hasil pembacaannya dibandingkan dengan thermometer. Sistem ini menggunakan NodeMcu, sensor suhu DS18B20, serta aplikasi Cayenne sebagai platform Iot. Sistem monitoring yang dirancang dapat memberikan informasi kondisi suhu air secara realtime. Sistem kontrol akan menyala secara otomatis ketika suhu berada diluar rentang normal. Pada penerapan sistem jika suhu kolam di bawah 25℃ akan memunculkan notifikasi “Bahaya DINGIN” dan jika suhu kolam di atas 30℃ makan akan memunculkan notifikasi “Bahaya PANAS”. Kata Kunci: fuzzy logic, Suhu, Kolam ikan, Cayenne, NodeMcu, DS18B20
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE PADA MADRASAH TSANAWIYAH YAYASAN FISABILLILAH BEKASI Nuraeni, Nia
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4556

Abstract

Abstraksi Kegiatan akademik adalah proses di mana pelaksanaan kegiatan pendidikan pada kegiatan membutuhkan informasi cepat. Namun nyatanya tidak sedikit hambatan yang terjadi. Hal ini karena sering terjadi akumulasi data siswa dan mengakibatkan kesulitan mencari data siswa jika sewaktu-waktu data diperlukan, dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatan laporan data siswa, pencatatan nilai akademik siswa ke dalam siswa. buku nilai akademik dan ke dalam kartu laporan dan juga membuat nilai laporan siswa akademik yang harus diserahkan kepada kepala sekolah. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu sistem informasi berbasis web yang dapat memberikan informasi akademik lebih cepat untuk diketahui oleh orang tua siswa, sistem informasi berbasis web mencatat data siswa lebih cepat dalam penyajian laporan data siswa Kata Kunci: Sistem Informasi Akademik, Website, MySQL and Php Abstract An academic activity is a process where the conduct of educational activities on the activities requires fast information. But in fact not a few obstacles that occur. This is because often the accumulation of student data and resulted in the difficulty of searching student data if at any time the data is needed, it takes quite a long time in making the report of student data, recording the academic value of students into the student academic score book and into report cards and also create report value academic students who must be submitted to the principal. The end result of this research that is a web-based information system that can provide academic information faster to be known to parents of students, web-based information system recording student data more quickly in presenting data reports students. Keyword: Academy Information System, Website, MySQL and Php
IMPLEMENTASI E-TICKETING UJI KELAYAKAN KENDARAAN BERMOTOR UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK Neng Senja Nekida; Rizal Amegia Saputra; Lis Saumi Ramdhani; Taufik Hidayatulloh
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4839

Abstract

AbstrakPemerintah Tradisional yang identik dengan  paper-based administration mulai ditinggalkan, karena sistem tersebut menjadikan pelayanan kurang efektif dan efisien. Transformasi traditional government  menjadi  electronic government (e-Government)  menjadi salah satu isu kebijakan publik yang hangat dibicarakan saat ini, karena hampir semua perusahaan dan instansi sudah beralih ke sistem yang komputerisasi. Salah satunya pengelolaan layanan uji kendaraan bermotor, dalam proses layanannya banyak permasalahan terutama pada pelayanan pendaftaran pengajuan uji KIR yang masih manual, itu mengakibatkan penumpukan antrian karena dibatasinya kuota uji kendaraan, banyak pemilik kendaraan yang tidak mendapatkan informasi berapa jumlah antrian yang sudah masuk, hal ini menjadi permasalahan yang harus segera diperbaiki agar pelayanan publik semakin membaik. Model pendekatan yang digunakan dalam pengembangan sistem ini yaitu model waterfall, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor) dan databasenya menggunakan MySQL. Tujuan  penelitian yaitu menerapkan sistem informasi E-Ticketing untuk memberikan kemudahan dalam mengelola informasi dengan cepat, tepat dan akurat serta memberikan kemudahan kepada pemilik kendaraan untuk melakukan pendaftaran uji kendaraan tanpa harus datang langsung ke Dinas Perhubungan Kota SukabumiKata kunci : E-Ticketing, Pendaftaran, Uji Kendaraan BermotorAbstractThe traditional government which is identical with paper-based administration is being abandoned, because the system makes services less effective and efficient. Traditional government to electronic government (e-Government) transformation has become one of the most publicly discussed policy issues today, because almost all companies and agencies have switched to a computerized system. One of them is the management of motorized vehicle testing services, in the service process there are many problems, especially in the registration service for KIR test applications that are still manual, it results in a queue buildup due to the limitation of vehicle test quota, many vehicle owners who do not get information on how many queues have been entered, this becomes a problem that must be corrected immediately so that public services improve. The approach model used in the development of this system is the waterfall model, using the PHP (Hypertext Prepocessor) programming language and its database using MySQL. The research objective is to implement an E-Ticketing information system to provide convenience in managing information quickly, precisely and accurately and to provide convenience to vehicle owners to register vehicle tests without having to come directly to the Transportation Office of Sukabumi CityKeywords: E-Ticketing, Registration, Motorized Vehicle Test
APLIKASI MOBILE VOTING BERBASIS ANDROID UNTUK PEMILIHAN KETUA OSIS DENGAN MODEL RAD STUDI KASUS SMAN 1 PARUNGKUDA A. Gunawan; Ramdhan Saepul Rohman; Andika Purnama; Gunawan Gunawan
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4567

Abstract

Abstrak Penggunaan voting sebagai media dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak telah dimulai sejak lama. Voting merupakan kegiatan yang sangat menentukan pada setiap perhelatan pemilihan, banyak varian kepentingan yang harus diakomodir di dalamnya, bagaimana regulasi atau peraturan yang disepakati dan menjadi aturan main, siapa yang dipilih dan siapa yang berhak memilih. SMA Negeri 1 Parungkuda selama ini dalam menentukan pemilihan ketua osis menggunakan metode voting (pemungutan suara) secara konvensional yaitu dengan cara semua siswa pada setiap kelasnya diberikan lembar yang berisi nama calon-calon yang dimajukan sebagai calon ketua osis, kemudian siswa akan menceklis nomor salah satu dari calon tersebut. RAD merupakan perangkat lunak yang menekankan siklus perkembangan dalam waktu yang singkat. RAD menggunakan metode berulang dalam mengembangkan sistem dimana model bekerja sistem dikonstruksikan di awal tahap pengembangan dengan tujuan menetapkan kebutuhan pengguna. Dalam penulisan skripsi ini di terapkan teknologi mobile voting berbasis android dengan model RAD untuk pemilian ketua osis pada SMA Negeri 1 Parungkuda. Kata Kunci: Voting, Mobile Voting, RAD, SMAN 1 Parung kuda
Pengambilan Keputusan Dalam Penerima Bantuan Raskin Dengan Metode Simple Additive Weigthing (SAW) Mia Hismawati; Hardiyan Hardiyan
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4557

Abstract

Abstrak Kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Program Raskin ini merupakan subsidi pangan sebagai upaya dari Pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan pada keluarga miskin melalui pendistribusian beras yang diharapkan mampu menjangkau keluarga miskin. Dan sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan di tingkat keluarga melalui penjualan beras kepada keluarga penerima manfaat pada tingkat harga bersubsidi dengan jumlah yang telah ditentukan dan mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras. Adapun model metode yang akan digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini merupakan metode dengan cara mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dan pada setiap atribut. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dapat membantu dalam pengambilan keputusan suatu kasus, akan tetapi perhitungan dengan menggunakan metode ini hanya yang menghasilkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif yang terbaik. Kata Kunci : Raskin, Simple Additive Weighting (SAW) Abstract Poverty is one of the problems that cannot be resolved and left unchecked. Poverty is also a condition in which a person is unable to fulfill basic needs such as clothing, food, shelter. The government's efforts in dealing with the problem of poverty are by holding various kinds of social assistance programs for the community so that they are expected to ease the burden of their daily needs. One of them is the Raskin program, this Raskin program is a food subsidy as an effort from the government to improve food security and provide protection to poor families through the distribution of rice which is expected to reach poor families. And as an effort to improve food security at the family level through the sale of rice to beneficiary families at subsidized price levels with a predetermined amount and reduce the target household expenditure burden by fulfilling a portion of staple food needs in the form of rice. The model method used is the Simple Additive Weighting (SAW) method. This Method is a method of finding the weighted sum of performance ratings on each alternative and on each attribute. Simple Additive Weighting (SAW) method can help in decision making of a case, but the calculation using this method only produces the biggest value that will be chosen as the best alternative. Keywords: Raskin, Simple Additive Weighting (SAW)
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN DRIVER GOJEK Eva Marsusanti; Susilawati Susilawati; Rusli Nugraha; Tya Septiani Nurfauzia Koeswara
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.5184

Abstract

AbstrakDriver Gojek online di Sukabumi semakin meningkat, mereka saling bersaing untuk medapatkan penumpang. Hal ini berpengaruh terhadap pendapatan mereka,tidak hanya disebabkan oleh pesaing baru seperti Grab,tetapi  ada juga beberapa faktor yang mempengaruihi pendapatan driver  Go-jek,seperti:,kenaikan BBM dan perubahan sistem point. Penelitian ini dilakukan di kota Sukabumi dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling khususnya simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode  wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, ditemukan bahwa bahwa pesaing transportasi online lainnya (Grab), kenaikan BBM dan perubahan sIstem poin berpengaruh terhadap pendapatan driver GO-JEK. Namun dari hasil wawancara, pesaing dan sistem point memiliki pengaruh 75% dan sedangkan kenaikan BBM hanya berpengaruh  terhadap pendapatan driver Go-jek sebesar 25% saja.Kata Kunci : Gojek,Pesaing Baru,Kenaikan Bbm,Sistem Point,Pendapatan Pengemudi Gojek AbstractGojek online drivers in Sukabumi are increasing, they are competing to get passengers. This affects their income, not only caused by new competitors such as Grab, but there are also several factors that influence the Go-jek driver's income, such as: the increase in fuel prices and changes in the system point. This research was conducted in the city of Sukabumi with a total sample of 100 respondents. The method used in this study is probability sampling, especially simple random sampling. Data collection was done by interview and observation. Based on the results of interviews and observations, it was found that other competitors of online transportation (Grab), increases in fuel prices and changes in system points affected the revenue of GO-JEK drivers. But from the results of interviews, competitors and point systems have an influence of 75% and while the increase in fuel only affects the Go-jek driver's income by only 25%.Keyword: Gojek,Competitor,Point System,BBM Increase,Gojek Driver Income
SISTEM INFORMASI TRANSAKSI KEUANGAN PADA PT AULIA PRIMA ALAMI DEPOK Khairiyyah Putri; Ibnu Rusdi; Ade Sri Mulyani
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4569

Abstract

Abstrak Teknologi komputer telah banyak membantu perusahaan dalam menjalankan kegiatan bisnis, dalam hal ini akuntansi sangat berperan penting bagi perusahaan sebagai penunjang kegiatan. Dengan didukung teknologi komputer, pencatatan transaksi bisnis yang sebelumnya menggunakan buku dan memerlukan tempat pengarsipan dapat diganti dengan teknologi komputer. Penggunaan aplikasi komputer akuntansi sangatlah efektif dan efisien bagi seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. PT Aulia Prima Alami adalah perusahaan dagang yang bergerak dalam bidang penjualan berbagai macam jenis gula dan jahe. Sistem pencatatan data transaksi keuangan pada PT Aulia Prima Alami masih belum menerapkan sistem yang terkomputerisasi, sehingga dalam pembuatan laporan menjadi terhambat. Adanya perkembangan teknologi untuk pencatatan transaksi keuangan dengan terciptanya software MYOB Premier V16 sangat membantu perusahaan dalam pengolahan data transaksi keuangan. Hasil dari penerapan memperlihatkan bahwa aplikasi MYOB Premier dapat berjalan dengan baik dan dapat mengatasi permasalahan penjualan, pembelian, pencatatan uang masuk, pencatatan uang keluar dan pembuatan laporan keuanganyang ada pada PT Aulia Prima Alami. Kata Kunci: Sistem Informasi, Transaksi, Keuangan, PT Aulia Prima Alami Abstract Computer technology has been helped the companies in running the bussiness, in this case accounting is very important for the companiesas the activity support. By the support from computer technology, the record of bussiness transaction which using the book before and need to be archieved can be replaced with computer technology. The use of computer accounting application is very effective and efficience for an entrepreneurin running their bussiness. PT Aulia Prima Alami is a trade company which handle in selling variants of sugar and ginger. The financial data recording system in PT Aulia Prima Alami still not applying the computerization system, which obstracting the report. The exsitance technology development for recording the financial transaction with innovation from the latest software MYOB Premier V16 is very helpful for the company in developing the financial data. The result of this apply shows that MYOB Premier application can running well and also can resolve the problems of selling, buying, the recording of input fund, ouput fund and the making of financial report in PT Aulia Prima Alami. Keywords: Information Systems, Transactions, Finance, PT Aulia Prima Alami
Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Dekstop dengan Model Waterfall Khairul Rizal
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4558

Abstract

Abstrak Saat ini bidang teknologi khususnya Teknologi Informasi (TI) mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama teknologi berbasis komputer. Hampir semua bidang telah menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk mendukung evaluasi, analisis, efisiensi, dan efektifitas serta proses pengambilan keputusan dan kebijaksanaan. Seperti halnya dalam sekolahan, perkantoran , perbankan, perusahaan serta dunia bisnis yang memerlukan data yang akurat untuk mendapatkan informasi dalam setiap aktifitasnya. Salah satu yang menjadi kajian penelitian dalam hal ini adalah Apotik Zam-Zam. Dalam pengamatan, penulis melihat proses pengecekan resep, pembayaran masih dibuat secara manual, yang mengakibatkan lambatnya proses pembayaran dan laporan, serta kurang efektif dan efisien. Berdasarkan permasalah tersebut diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih jauh di Apotik Zam-Zam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan sistem dengan “Metode Waterfall”, serta didukung dengan pengumpulan data melalui cara Observasi, Wawancara dan Studi Pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan maka didapatkan analisa bahwa lambatnya proses transaksi seperti proses pengecekan resep, dan terlambatnya penyampaian laporan dikarenakan banyaknya pekerjaan yang dilakukan dengan manual. Dengan danya sistem informasi penjualan obat yang telah terkomputerisasi akan mempermudah segala aktifitas penjualan dan kesalahan-kesalahan yang terjadi dengan menggunakan sistem yang masih manual dapat diminimalkan Kata Kunci: Metode Waterfall, Teknologi Informasi, Apotik, Teknologi Berbasis Komputer. Abstract Currently the field of technology, especially Information Technology (IT) has progressed very rapidly, especially computer-based technology. Almost all areas have used computers as a tool to support evaluation, analysis, efficiency, and effectiveness as well as decision-making and policy processes. As in schools, offices, banking, companies and businesses that require accurate data to get information in every activity. One of the study studies in this case is Zam-Zam Apotik. In the observation, the authors looked at the prescription checking process, the payment was still made manually, resulting in slow payment and reporting processes, as well as less effective and efficient. Based on the above problems, the researchers are interested to conduct further research at Zam-Zam Pharmacies. In this research, the researcher uses research method of system development with "Waterfall Method", and supported by data collection through Observation, Interview and Library Study. Based on the results of research that has been done authors then got the analysis that the slow process of transactions such as prescription checking process, and delay of report submission due to the number of work done by manual. With danya drug sales information system that has been computerized will facilitate all sales activities and errors that occur by using a system that still manual can be minimized. Keywords: Waterfall Method, Information Technology, Pharmacy, Computer Based Technology.
PERANCANGAN SISTEM TRANSAKSI PEMESANAN PERUSAHAAN JASA SABLON Rifa Nurafifah Syabaniah; Yusti Farlina; Nurlaelasari Nurlaelasari
Swabumi Vol 6, No 2 (2018): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v6i2.4570

Abstract

Abstrak Mugie Screen Printing merupakan suatu perusahaan sablon yang bergerak dibidang jasa. Berdasarkan dari penelitian, perusahaan ini memiliki masalah dalam pemesanan dan transaksi sablon karena masih dilakukan secara konvensional sehingga kerap terjadi kesalahan dalam perhitungan transaksi dan belum adanya katalog bagi konsumen sehingga proses pemesanan sering terhambat. Oleh karena itu dibuatkanlah Rancangan Aplikasi Sistem Katalog Dan Transaksi Perusahaan Jasa Sablon berdasarkan hasil wawancara dan studi pustaka. sehingga Terbentuklah sistem terkomputerisasi yang menggantikan sistem sebelumnya yang masih manual. Dengan dibuatkan sistem katalog dan transaksi ini mecahkan permasalahan yang ada diperusahaan ini, serta dengan sistem ini dapat mencapai kegiatan transaksi lebih mudah, efektif dan cepat. Lalu setiap proses lebih teorganisir dan mengurangi kesalahan dalam pencatatan ataupun dalam perhitungannya. Kata Kunci: Perancangan Sistem Transaksi pemesanan Abstract Mugie Screen Printing is a screen printing company engaged in services. Based on the research, this company has problems in ordering and screen printing because it is still done conventionally so often error in the calculation of transactions and the absence of catalogs for consumers so that the ordering process is often hampered. Therefore made the final task of the Cataloging System and Transaction Company Sablon Services conducted by interview and literature study. So Formed a computerized system that replaces the previous system that is still manual. With this catalog and transaction system made solve the problems that exist in this company, and with this system can achieve transaction activity easier, effective and fast. Then each process is more organized and reduces errors in recording or in its calculations. Keywords: Designing of Catalog System transaction

Page 1 of 2 | Total Record : 13