cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
haryani.hyi@bsi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika
ISSN : 14118637     EISSN : 25501178     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Perspektif pertama kali diterbitkan pada tahun 2013. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis kritis mengenai penelitian di Bidang Ilmu Sistem Informasi, Manajemen dan Ekonomi. Jurnal Perspektif menerbitkan 2 (dua) jurnal dalam setiap tahunnya, yaitu terbit di bulan Maret dan September. Jurnal Perspektif sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Perspektif menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Ilmu Komputer dan Manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022" : 15 Documents clear
Evaluasi Servqual pada Petshop Indonesia menggunakan Metode IPA dan CSI Widiyanti, Wiwik
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.12087

Abstract

Pet Shop is very important existence for animal lovers because it provides all the needs of animals from food to pet health. Therefore, each petshop competes in competing to maintain it. This can be done by regularly competing with each other for the quality of service from the petshop. One that conducts periodic evaluations is Petshop Indonesia. This is deemed necessary because there are still complaints submitted to employees regarding Petshop Indonesia services. The purpose of this study is the attributes that must be improved and maintained and to find out how big the consumer satisfaction index is. While the research method used is quantitative research with the analytical methods used are Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfied Index (CSI). The research results obtained are that there are six attributes that need to be improved. The six attributes are the availability of boxes and criticisms, employee submissions, speed of responding to customers, confidentiality of customer data, paying attention to suggestions and criticisms, and services that do not differentiate status. The CSI obtained is included in the satisfaction criteria. The new thing in this research is that there is no servqual evaluation research in a petshop using the IPA and CSI methods.
Analisis Peran Perempuan dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Agustin, Lussi; Solikin, Moh Yusron
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.11605

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia sedang mengalami goncangan hebat akibat mewabahnya COVID-19 yang belum bisa dikendalikan. Dampak dari pandemi ini sangat mempengaruhi segala aspek terutama pada aspek kesehatan dan perekonomian, sistem kesehatan nasional masih belum siap menghadapi wabah yang semakin menggila dan lumpuhnya perekonomian. Hal ini berdampak signifikan ke daerah, tidak terkecuali Kota Mojokerto. Secara keseluruhan, hampir semua sektor mengalami dampak dari adanya pandemi ini termasuk sektor UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran penting perempuan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi dalam situasi pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penelitian ini melakukan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan study literature atau studi kepustakaan. Proses analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Pasar Tanjung Mojokerto dengan responden ibu-ibu pedagang pasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran penting perempuan yang dapat dilakukan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi di masa pandemi adalah dengan mencari pendapatan tambahan, mengelola keuangan rumah tangga, dan melakukan aktivitas lain untuk berbagi peran sebagai sosok perempuan tanpa meninggalkan tugas utamanya. Dukungan dari keluarga sangat dibutuhkan oleh para perempuan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi di masa pandemi COVID-19.
Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Status Pionir terhadap Minat Beli Jasa Reservasi Hotel Online Hadinata, Denda Rinaldi; Haryanti, Sri
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.12561

Abstract

Situasi pandemi saat ini menjadikan masyarakat memiliki allternatif lain untuk berwisata yaitu dengan cara staycation. Ketertarikan masyarakat untuk staycation menjadikan penyedia jasa reservasi hotel online sangat dibutuhkan untuk memesan kamar hotel dengan cepat dibandingkan harus pergi ke hotel terlebih dahulu. Penyedia jasa reservasi hotel online dengan merek Traveloka berhasil memimpin pasar dan berhasil mengenalkan mereknya dengan sukses kepada masyarakat luas. Namun di sisi lain Traveloka bukanlah merek pionir penyedia jasa reservasi hotel online yang pertama kali muncul di Indonesia, melainkan Tiket.com. Walaupun Tiket.com merupakan merek pionir namun kenyataannya pengetahuan konsumen akan keberadaan merek pionir masih rendah. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh kesadaran merek, citra merek dan status merek pionir terhadap minat beli konsumen jasa reservasi hotel online di Kota Bogor. Analisin pada peneltian ini menggunakan Structural Equation Modeling dengan menggunakan smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tiket.com memiliki empat pengaruh yang positif signifikan antar variabelnya antara lain kesadaran merek yang mempengaruhi citra merek, citra merek yang mempengaruhi status  merek pionir, kesadaran merek yang mempengaruhi minat beli konsumen, dan status merek pioner yang mempengaruhi minat beli konsumen. Namun, hanya satu yang tidak memberikan pengaruh yang tidak signifikan yaitu citra merek terhadap minat beli konsumen.
Refleksi Persepsi dan Preferensi Merek Terhadap Institusional Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Yuningsih, Yuyun Yuniati; Raspati, Galih; Riyanto, Andi; Rahayu, Yuri
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.12326

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat berperan dalam menekan tingkat penjualan ponsel pintar dari produsen ponsel pintar di seluruh dunia. Permasalahan yang terjadi secara global tersebut turut mempengaruhi persepsi dan preferensi merek terhadap institusional konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian dari produk ponsel Samsung Galaxy A12. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan lebih detail mengenai refleksi dari persepsi dan preferensi merek terhadap instusional konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian tipe  ponsel Samsung Galaxy A12 di Erafone area Sukabumi pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan hasil kuesioner dari responden dengan jumlah populasi sebanyak 162 yang diambil dari periode Juli sampai Desember 2021 dalam kondisi pandemi Covid-19 dan sampel ditetapkan dengan menggunakan pendekatan Slovin sebesar 62 responden yang merupakan konsumen  Erafone area Sukabumi. Uji statistik diterapkan dalam menganalisis data angket. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya refleksi dari variabel persepsi merek dan preferensi merek secara bersama-sama terhadap institusional konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.
Perkembangan dan Dampak Program Bantuan Pemerintah Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Hermawan, Elpa
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.11744

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan dampak dari program bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro di masa pandemi Covid-19. Program ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam menghadapi dampak dari kondisi pandemi terhadap perputaran ekonomi masyarakat. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif melalui metode evaluasi model CIPP (context, input, process, product). Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumen kebijakan program BPUM. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap aspek CIPP telah diterapkan sesuai prosedur dan pemerintah juga melakukan kerjasama dengan stakeholder terkait. Program BPUM telah memiliki dampak yang besar terhadap pertahanan usaha bagi para pelaku usaha mikro. Program bantuan ini yang dimulai pada tahun 2020 sebagai salah satu bentuk pertahanan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 telah dikembangkan dengan sangat baik sesuai kebutuhan pelaku usaha. Program ini juga tetap dilakukan pada tahun 2021. Artinya bahwa perkembangan program bantuan modal kepada pelaku usaha telah berhasil dan memberikan dampak pada para pelaku usaha dalam mempertahankan usaha mereka. Aspek konteks menunjukkan bahwa segala persiapan dalam meluncurkan program ini dilakukan dengan matang sehingga berdampak pada keberhasilan pengguna program BPUM. Aspek Input dirancang sesuai payung hukum resmi yang disesuaikan dengan peraturan yang telah dibuat pemerintah sehingga berdampak pada tata cara penyaluran bantuan yang benar. Aspek proses dilakukan mulai dari kegiatan sosialisasi sampai distribusi bantuan BPUM kepada para pelaku usaha secara procedural sehingga berdampak pada keberhasilan menyasar pelaku usaha yang membutuhkan bantuan modal. Pada aspek produk diketahui bahwa BPUM memberikan dampak yang cukup baik terhadap kondisi pemulihan bisnis pelaku usaha mikro.
Pengaruh Usability, Information Quality, dan Service Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri) Bintari, Wulan Probo; Udayana, IBN; Maharani, Bernadetta Diansepti
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.12286

Abstract

Tokopedia merupakan salah satu marketplace asal Indonesia dengan pertumbuhan yang pesat. Pada tahun 2021 Tokopedia meraih jumlah kunjungan web bulanan terbanyak di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara usability, information quality, dan service interaction terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri. Penelitian dilakukan secara online dengan menyebarkan kuesioner melalui google forms kepada 96 konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, uji koefisien determinasi, dan uji sobel, yang diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa (1) usability berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri; (2) information quality berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri; (3) service interaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri; (4) usability, information quality, service interaction secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri; (5) kepuasan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri.
Pengaruh Pendapatan, Social Influence, dan Kondisi Ekonomi Makro Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kusuma, Tubagus Mahendra; Suniantara, I Ketut Putu
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.11767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan, social influence, dan persepsi akan kondisi ekonomi makro terhadap keputusan pembelian pada e-commerce yang dilakukan oleh konsumen melalui penyebaran kuesioner secara daring. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah berkeluarga atau berumah tangga dengan kriteria usia maksimal 35 tahun yang melakukan pembelian barang melalui e-commerce kemudian diambil sampel sebanyak 80 orang yang diperoleh dengan prosedur purposive sampling. Sumber data primer merupakan hasil pengisian kuisioner yang berjumlah 80 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun secara simultan. Simpulan dari hasil analisis adalah Secara parsial terdapat pengaruh negatif dan signifikan pendapatan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan variabel social influence dan variabel ekonomi makro terhadap keputusan pembelian. Secara simultan dengan nilai Fhitung (15,632) > Ftabel(3,12) dengan sig. 0,000 variabel pendapatan, social influence, dan ekonomi makro secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk melalui e-commerce.
Apakah Karakteristik Manajemen Puncak Akan Mempengaruhi Manajemen Laba Pada Badan Usaha Milik Negara? Olivia, Theresia; Setiawan, Temy; Sihombing, Pardomuan Robinson
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.12442

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan pembuktian empiris karakteristik manajemen dan GCG mempengaruhi kualitas laba di tengah urgensi informasi kualitas laba yang rentan terhadap conflict of interest. Terutama pada perusahaan BUMN saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mana populasinya adalah seluruh perusahaan BUMN di Indonesia yang listed di Bursa Efek Indonesia 2016 – 2018. Teknik purposive sampling digunakan untuk mendapatkan 67 perusahaan yang memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data dengan mengambil informasi dari laporan tahunan perusahaan sehingga sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis menggunakan PLS. Hasil penelitian menunjukan masa kerja direksi mempengaruhi kualitas laba. Latar belakang pendidikan direksi, gender dan GCG tidak mempengaruhi kualitas laba. Penelitian ini menjadi penting karena masih terbatasnya penelitian karakteristik manajemen puncak terhadap kualitas laba pada perusahaan BUMN. Karakteristik manajemen puncak memainkan peran penting karena orang – orang yang duduk sebagai direksi pada perusahaan BUMN menjadi sorotan publik terkaitnya luasnya kepentingan stakeholder.Kata Kunci: Karakteristik Manajer, tata kelola, kualitas laba, persistensi laba
Pengaruh Modal Intelektual dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perkebunan Christina Christina
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.11825

Abstract

Riset ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisis terdapatnya pengaruh dari Modal Intelektual (VAICTM) dan Struktur Modal (DER) terhadap Kinerja Keuangan (ROA) perusahaan perkebunan yang listing di BEI periode 2014 - 2019 sehingga bisa membagikan cerminan serta uraian terinci sehingga bisa digunakan pemodal serta pelakon bisnis dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Metode yang digunakan merupakan metode purposive random sampling periode tahun 2014 sampai tahun 2019. Variabel yang digunakan adalah variabel Modal Intelektual (VAICTM) dan Struktur Modal (DER) sebagai variabel independen, variabel Kinerja Keuangan yang diwakili oleh ROA selaku variabel dependen. Data sekunder ialah data yang digunakan dalam riset ini dalam bentuk laporan keuangan 66 perusahaan perkebunan yang aktif sepanjang periode 2014 – 2019 serta listing pada BEI. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, bersumber pada beberapa kriteria yang sudah dipilih sehingga diperoleh 66 perusahaan sebagai sampel riset ini. Sumber informasi data bersumber dari Laporan Keuangan Perusahaan Perkebunan yang listing di BEI periode 2014 – 2019. Metode analisis data memakai analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil riset ini memberikan bukti secara parsial bahwa Modal Intelektual dan Struktur Modal mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perkebunan. Modal Intelektual dan Struktur Modal secara simultan mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perkebunan.
Pengaruh Media Komunikasi dan Kepuasan Informasi Produk Terhadap Penarikan Pelanggan (Studi Kasus Warga Lagoa Tj Priok ) Ramadhayanti, Ana
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 20, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v20i1.11503

Abstract

Media memiliki peran yang cukup penting dalam mempromosikan barang maupun jasa. Selain media TV sebagai media mengiklankan saat ini media yang banyak digunakan ada Youtube. Baik TV ataupun Youtobe memberikan informasi yang terkait produk yang diiklankan.  Masing-masing media baik TV ataupun Youtobe saling berlomba-lomba dalam mengiklankan produk barang maupun jasa. Jika dahulu media yang paling banyak digunakan masyrakat adalah TV, namun sekarang orang banyak yang menggunakan youtobe sebagai media hiburan. Seakan tidak ingin tertinggal, saat TV mengeluarkan produk terbaru berupa TV Android. Maka tidak heran jika saat ini di TV Android dapat mengaktifkan beberapa fitur yang ada dihandphone ke sebuah TV yang berbasis Android. Tentunya semua ini dilakukan untuk menarik pelanggan agar membeli produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada warga lagoa sebanyak 400 sampel. Peneltian bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara media TV & Youtobe dan Kepuasan informasi Produk  terhadap Penarikan Pelanggan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa terdapat pengaruh  yang kuat antara media TV & Youtobe dan Kepuasan Informasi terhadap Penarikan Pelanggan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15