cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jalan Jembatan
ISSN : 19070284     EISSN : 25278681     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan. Terbit pertama kali tahun 1984, dengan frekuensi terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Mulai tahun 2016 terbit dengan frekuensi dua kali setahun, edisi Januari - Juni dan edisi Juli - Desember, dalam versi cetak dan versi elektronik.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 3 (1992)" : 5 Documents clear
Pengaruh Kenaikan Suhu Terhadap Stabilitas Jembatan Rangka Baja Wirapradja, Russeno
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 8 No 3 (1992)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of the project was to study the influence of opposed right-turns on saturation flow. It was intended to use this as a tool for design and timing of signalised intersections because no guidance procedure was available in Indonesia.Data was collected from two signalised intersections in Bandung by video-camera, three theoretical models were discussed and applied to the collected data and then compared with the observations. The theoretical methods increasingly over estimatd the saturation flow at higher approach width.Generally good correlations were obtained between observed saturation flow, approach width and opposing flow. However, thus was not the case regarding the ratio of right-turns.Field observations showed that the right-turning vehicles did not give way to opposing flow, which is an important difference between Indonesian and Western traffic behaviour. Therefore, it its necessary to develop a model for capacity calculations applicable to Indonesian conditions based on further data collection for a wide range of conditions and sites.
Penelitian Ketahanan Beberapa Ketebalan Lapisan Cat Marka Jalan terhadap Lingkungan Jalan Sih, Lekss Mining
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 8 No 3 (1992)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan cat marka jalan pada peningkatan dan pemeliharaaan jalan akhir-akhir ini menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi. Dilain pihak dari pengamatan dilapangan menunjukkan cukup banyak usia teknis cat marka jalan tidak seperti yang diharapkan yaitu terjadi kerusakan aus dan lepasnya cat sebelum waktunya. Pada laporan ini dilakukan penelitian terhadap 2 macam jenis cat marka jalan reflektif, jenis Chlorinated Ruber dan Acrylic dengan 3 macam ketebalan. Penelitian ini merupakan penelitian tahap pendahuluan dimana pengamatan ditekankan pada kerusakan cat marka jalan berupa keausan dan lepasnya cat yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan lalu lintas ringan. Lokasi penelitian dilaksanakan dilingkungan komplek Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan. Keausan dan lepasnya cat marka jalan pada penelitian memperlihatkan bahwa cat dengan ketebalan 1 lapis pada umur pengecatan 2 tahun telah mencapai kurang lebih 95%, untuk 2 lapis kurang lebih 60%, dan 3 lapis kurang lebih 50%
Pengaruh Gaya Prategang pada Tegangan Geser akibat Gaya Lintang Suhud, Ridwan
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 8 No 3 (1992)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Didalam perencanaan balok-balok beton prategang, biasanya untuk mengurangi tegangan geser yang cukup tinggi akibat gaya lintang, maka diujung balok-balok itu penampangnya diperbesar dengan jalan memperlebar ujung-ujung balok tersebut. Namun demikian karena keterbatasan-keterbatasan tertentu cara diatas tidak dapat dilakukan. Untuk melihat apakah pelebaran ujung balok itu memang mutlak diperlukan, maka sebaiknya ditinjau dulu pengaruh prategang yang bersangkutan terhadap tegangan geser akibat gaya lintangnya. Untuk meninjau lebih detail masalah diatas, tulisan ini menyajikan pembahasan mengenai 'Pengaruh gaya prategang pada tegangan geser akibat gaya lintang". Dengan peninjauan ini maka dapat dilihat apakah pada ujung suatu balok beton prategang masih cukup dipasang ulangan sengkang atau harus diperbesar penampangnya.
Beberapa Alternatif Perbaikan Lempung Lunak sebagai Tanah Dasar Badan Jalan Tjahyati, Hermin
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 8 No 3 (1992)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbaikan daya dukung tanah terutama pada tanah lempung yang lunak adalah masalah yang sering dihadapi pada pembangunan jalan raya yang harus melewati daerah tersebut. Beberapa metode perbaikan tanah antara lain dengan mengganti sebagian lapisan tanah lunak dengan pasir, metode lima column ataupun dengan vertical drain pernah diperhitungkan pada pembangunan jalan Surabaya-Gresik tahun 1985. Metode diatas bertujuan meningkatkan daya dukung tanah, kecuali vertical drain yang tujuannya adalah untuk mempercepat penurunan (proses konsolidasi). Faktor biaya yang cukup mahal hanya akan efektif bila dikaitkan dengan volume pekerjaan yang cukup besar.
Usulan Peninjauan Kembali Spesifikasi Aspal Keras untuk Indonesia Suroso, Tjitjik
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 8 No 3 (1992)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aspal adalah hasil samping pengilangan minyak bumi yang digunakan sebagai bahan pengikat batuan untuk konstruksi jalan. Menyadari bahwa : 1. Temperatur serta kondisi lingkungan Indonesia terus menerus kena sinar matahari dibanding dengan temperatur/kondisi lingkungan di negara asal spesifikasi aspal ASTMIAASHTO. 2. Spesifikasi aspal yang dikeluarkan oleh Direktur Penyelidikan Masalah Tanah dan Jalan tahun 1973 melalui KPTS No. III/3/1973. 3. Hasil-hasil pengujian contoh aspal (yang diterima), keawetannya menunjukkan penurunan. 4. Adanya kemajuan terhadap teknologi, untuk itu penulis mengusulkan untuk meninjau kembali (menyempurnakan) spesifikasi aspal yang dikeluarkan berdasarkan KPTS tersebut diatas dan diusulkan menjadi Standar Nasional Indonesia. Penyempurnaan itu antara lain : 1. Pengujian loss on heating dari thick film menjadi thin film. 2. Memasukkan pengujian daktilitas setelah thin film. 3. Memasukkan pengujian asphalthene/parameter komposisi malthene.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

1992 1992


Filter By Issues
All Issue Vol 39 No 1 (2022) Vol 38 No 2 (2021) Vol 38 No 1 (2021) Vol 37 No 2 (2020) Vol 37 No 1 (2020) Vol 36 No 2 (2019) Vol 36 No 1 (2019) Vol 35 No 2 (2018) Vol 35 No 1 (2018) Vol 34 No 2 (2017) Vol 34 No 1 (2017) Vol 33 No 2 (2016) Vol 33 No 1 (2016) Vol 32 No 3 (2015) Vol 32 No 2 (2015) Vol 32 No 1 (2015) Vol 31 No 3 (2014) Vol 31 No 2 (2014) Vol 31 No 1 (2014) Vol 30 No 3 (2013) Vol 30 No 2 (2013) Vol 30 No 1 (2013) Vol 29 No 3 (2012) Vol 29 No 2 (2012) Vol 29 No 1 (2012) Vol 28 No 3 (2011) Vol 28 No 2 (2011) Vol 28 No 1 (2011) Vol 27 No 3 (2010) Vol 27 No 2 (2010) Vol 27 No 1 (2010) Vol 26 No 3 (2009) Vol 26 No 2 (2009) Vol 26 No 1 (2009) Vol 25 No 3 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 1 (2008) Vol 24 No 3 (2007) Vol 24 No 2 (2007) Vol 24 No 1 (2007) Vol 23 No 3 (2006) Vol 23 No 2 (2006) Vol 23 No 1 (2006) Vol 22 No 4 (2005) Vol 22 No 3 (2005) Vol 22 No 2 (2005) Vol 22 No 1 (2005) Vol 21 No 4 (2004) Vol 21 No 3 (2004) Vol 21 No 2 (2004) Vol 21 No 1 (2004) Vol 20 No 4 (2003) Vol 19 No 3 (2002) Vol 19 No 2 (2002) Vol 19 No 1 (2002) Vol 18 No 2 (2001) Vol 18 No 1 (2001) Vol 17 No 2 (2000) Vol 17 No 1 (2000) Vol 16 No 3 (2000) Vol 16 No 2 (1999) Vol 15 No 4 (1999) Vol 15 No 1 (1998) Vol 15 No 3 (1997) Vol 15 No 1 (1997) No 4 (1997) No 2 (1997) Vol 13 No 2 (1996) Vol 13 No 1 (1996) No 4 (1996) No 3 (1996) Vol 12 No 3 (1995) Vol 12 No 2 (1995) Vol 12 No 1 (1995) Vol 11 No 1 (1994) Vol 10 No 3 (1993) Vol 10 No 2 (1993) Vol 10 No 1 (1993) Vol 9 No 4 (1993) Vol 9 No 3 (1992) Vol 9 No 2 (1992) Vol 9 No 1 (1992) Vol 8 No 3 (1992) Vol 7 No 3 (1991) No 2 (1991) No 1 (1991) No 1 (1990) No 2 (1989) No 1 (1989) No 4 (1987) No 2 (1987) No 1 (1987) No 1 (1986) No 3 (1985) No 3 (1984) No 2 (1984) No 1 (1984) More Issue