cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
ISSN : 20866186     EISSN : 25802453     DOI : -
Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulates knowledge, values, and skills. Scientific manuscripts dealing with contemporary education management topics are openly welcome and highly appreciated. The journal calls for research articles, reviews, and scientific commentaries related to the following topics: 1. Education Administration, 2. Education Management, 3. Education Accounting Management, 4. Education Marketing Management, 5. Education and Curriculum, 6. Philosophy of Education, and 7. Educational Approaches.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM" : 23 Documents clear
PENGEMBANGAN KAPASITAS TENAGA PENDIDIK DAN PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN UTAMA, ESEN PRAMUDYA
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.029 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang akan selalu menarik untuk terus menerus diperbincangkan. Diperlukan kehati-hatian dalam menentukan kebijakan pendidikan karena pendidikan merupakan penentu dari kemajuan suatu masyarakat bahkan negara. Tulisan sederhana ini memaparkan tentang pengembangan kapasitas tenaga pendidik sebagai ujung tombak pendidikan, pemahaman terhadap peserta didik dan juga tentang lembaga pendidikan yang merupakan tempat potensial untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pembahasannya didasarkan atas kajian teoritik dari berbagai sumber dan kajian empiris dari para peneliti terdahulu.  Kata kunci: Pengembangan kapasitas, tenaga pendidik, peran lembaga pendidikan
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN PESAWARAN WULANDARI, SUDEWI
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.829 KB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis pada  objek penelitian maka terdapat beberapa Identifikasi masalah yaitu pada kemampuan yan dimiliki pegawai dalam menyelesaikan pekerjaanya tergolong masih sangat kurang baik hal ini didasarkan pada survey pendahuluan yang dilakukan penulis pada awal penelitian lalu tingkat disiplin kerja pegawai yang dilihat dari absensi tergolong tinggi yaitu sebesar 2,05% hal ini tergolong tinggi dilihat dari rata- rata absensi pertahunnya hanya 0,45%. Dengan demikian terdapat beberapa masalah pada instansi tersebut salah satunya ialah kesadaran diri dan pengaturan diri yang merupakan indikator dari kecerdasan emosional dan kedisiplinan pegawai yang merupakan dari indikator kinerja pegawai. Analisis data digunakan  alat analisis  yaitu : Analisis kualitatif dilakukan dengan menggunakan analisis tabel dan histogram dan analisis kuantitatif    digunakan Analsisis Regresi Linier Sederhana. Tergolong ”sangat baik”. 3.kreativitas pegawai yang mewakili pernyataan 6 dan 7 memiliki mean sebesar 4,55 dan 4,32 dengan standar deviasi sebesar 0,96 maka tergolong ”sangat baik”.4. Disiplin kerja yang mewakili pernyataan 7 dan 8 memiliki mean sebesar 4,58 dan 4,43 dengan standar deviasi sebesar 0,93 maka tergolong ”sangat baik”. Hasil Regresi Sederhana yang diperoleh yaitu Y=16,250+0,417x hal ini menujukkan apabila terjadi penambahan atau pengurangan sebesar satu satuan maka akan terjadi penambahan atau pengurangan sebesar 0,417 terhadap variable y (kinerja pegawai). Uji F yang didapat yaitu F-hit(10,478)>F-tab(4,098) dengan sig 0,003 tujuan perhitungan uji F adalah untuk mengetahui apakah regresi yang digunakan sesuai/linear untuk mengukur variable yang ada. Koefisien Determinasi yang didapat yaitu sebesar 0,216 atau 21,6% diaman kontribusi kecerdasan emosional terhadap kinerja sebesar 21,6% sisanya yaitu sebesar 78,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Sehingga pernyataan Goleman tentang Kecerdasan Emosional terbukti bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh sebesar 80% terhadap pencapaian kinerja yang baik sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci — pegawai, variable, analisis regresi,
MANAJEMEN KURIKULUM SEBAGAI PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN LAZWARDI, DEDI
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.335 KB)

Abstract

Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen kurikulum merupakan suatu kegiatan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum. Tujuan pendidikan nasional adalah tujuan yang ingin dicapai secara nasional, yang dilandari oleh filsafah suatu negara. Sifat tujuan ini ideal, komprehensip, utuh dan menjadi induk bagi tujuan-tujuan yang ada dibawahnya. Kata kunci: manajemen, manajemen kurikulum, tujuan pendidikan
MULTICULTURAL VALUES IN GONTOR 9 ISLAMIC BOARDING SCHOOL LAMPUNG - INDONESIA DERMAWAN, OKI
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.691 KB)

Abstract

Indonesia is one of the most multicultural countries in the world. This fact can be seen from the sociocultural and geographically so diverse and widespread. Multicultural education offers an alternative through the implementation of educational strategies and concepts based on the utilization of the diversity that exists in society, especially for the students such as have ethnic diversity, culture, language, religion, social status, gender, ability, age, etc.. In multicultural education, teachers are not only required to master but also teach  professionally the subjects taught. More than that, an educator must also be able to instill the values of multicultural education such as democracy, humanism, and pluralism as well as instill religious values to the students. In turn, the resulting out-put of the school are not only proficient in accordance with the disciplines practiced, but also able to apply the values of understanding and respect for diversity.  Keywords: multicultural education, diversity and religious 
KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM PERSPEKTIF ISLAM BUDIMAN, HARIS
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.163 KB)

Abstract

The Visionary Leadership is its significant role to improve the institution is including in educational institution. The Visionary Leadership is one of leadership is considered to increase the educational quality today. The Visionary Leadership is the model of leadership is convinced more of human being as it to carry out the future modernity in the Islamic educational institution. Because, this model is its the biggest competency to know, to get the attitude and to get the response of modernity era. According to the Holy Koran and Hadis Rasulullah SAW can be conclusion that the Visionary Leadership in Islamic Perspective is the guidance activity and making reference to God blessing. Key Word: Visionary Leadership, Islamic Perspective
KONFLIK DESENTRALISASI DI BIDANG PENDIDIKAN TERHADAP PENYALAHGUNAAN DANA BIAYA OPERASIONAL SEKOLAH BIAYA OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI INDONESIA HANDAYANI, DESI
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.732 KB)

Abstract

Tujuan pendidikan Indonesia adalah mewujudkan peserta didik yang mampu membawa dampak baik bagi Indonesia, sistem pendidikan Indonesia mengalami berbagai konflik, salah satunya adalah konflik penyalahgunaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS). Program dana BOS adalah program pemerintah pusat yang dananya berumber dari APBN. Dana BOS mengalami beberapa masalah yang signifikan, yaitu penyaluran dana yang kurang tepat sasaran, penyalahgunaan dana oleh pemerintah setempat, serta korupsi yang terjadi di komite sekolah. Dengan lahirnya Undang-Undang NO. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah, pendidikan di Indonesia mengharapkan pendidikanm lebih baik dengan sistem pendidikan yang desentralisasi. Desentralisasi Artinya pemerintah daerah mempunyai wewenang penuh terhadap perkembangan pendidikan yang lebih baik karena pelimpahan wewenang sari Pusat Ke daerah. Sumber dana BOS bukan proses dari desentralisasi melainkan dekonsentrasi. Sehingga menimbulkan kebingungan terhadap pemisahan wewenang di bidang pendidikan.  Kata kunci: Desentralisasi, Pendidikan, Dana Bos
STRATEGI MUTU SDM BERBASIS BROAD BASED EDUCATION DAN HIGH BASED EDUCATION PADA LEMBAGA PENDIDIKAN NU: Perspektif Tantangan Abad ke-21 SUBANDI, SUBANDI
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.228 KB)

Abstract

Although the educational program had been ongoing process since 68 years ago in Indonesia, but this state did not has provided qualified human resources. Since 32 years ago of the New Order Government authority, educational sector development has never been placed as a prime priority of development. The effect of Indonesian educational quality is being worse until now than the other countries in Southeast Asia likes Malaysia, Philippine, Singapore, and Thailand. Indonesia is being affected by dimensional multi crises since eighteen years ago and until now. It is still degraded by its past time which avoided educational development. Moreover, the other states which effected by the same problem like Indonesia could reform by paying attention greater toward educational development sector. They could reform faster and being better states because they have qualified human resources. By this broad based education system and high based education system, we hope the quality of Nahdliyin  human resources will be better and qualified in the next future. Keywords: Human Resources Quality, Broad Based Education, High Broad education, Nahdliyin.
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI TUGAS TAMBAHAN KODIRAN, KODIRAN
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.089 KB)

Abstract

Abstrak Guru adalah jabatan mulia dan terhormat dihadapan Allah SWT dan masyarakat, menjadi guru sama dengan menolong Allah dalam melestarikan syiar-syiar kalimat-Nya dimuka bumi. Dalam pandangan manusia sosok guru adalah figur teladan yang menjadi panutan dalam setiap kata dan tindakan, orang jawa mendifenisikan guru dengan kalimat “ diguguh dan ditiru.Tidak semua orang mudah menjadi guru karena dibutuhkan skill, bakat dan charisma yang kuat itu tak terlepas dari sosok guru yang selalu menjadi ”spion” masyarakat. Dulu orang banyak yang ogah menjadi guru disamping ketidakbebasan figure guru yang selalu dituntut untuk tidak berbuat cacat dimasyarakat juga karena kecilnya honor dari profesi guru. Faktor ini secara otomatis menyaring secara alamiah orang-orang yang berminat jadi guru. Hanya mereka yang betul-betul mempunyai komitmen keikhlasan dan mengharap keridloan Allah yang bias lolos menjadi guru. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Tugas Tambahan
MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DIGITAL PERGURUAN TINGGI ISLAM: Studi Sistem Manajemen Perpustakaan Digital Universitas Islam Bandung LUCYDA, IRMA; ADAWIYAH, WIA
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.216 KB)

Abstract

Jika Sumber Daya Manusia tidak dikelola secara baik, efektivitasnya akan merosot lebih cepat daripada sumber daya yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan Sistem Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi Islam dengan melakukan studi pada Perpustakaan Digital Universitas Islam Negeri Bandung. Metode  yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah analisis kebutuhan pada setiap unit, sehingga seluruh kriteria dan tahapan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan. Namun pada kenyataanya terkadang rasio antara pengguna dengan SDM yang ada tidak seimbang, sehingga terkadang SDM kewalahan ketika melakukan pelayanan. Peningkatkan pengelolaan sumber daya manusia dilakukan agar mampu mengoptimalkan kinerja dan menggerakkan sumber daya lainnya. Pengembangan SDM di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dilakukan di luar Perguruan Tinggi dan hanya untuk pustakawan saja, pelatihan belum secara menyeluruh untuk semua unit dan belum secara khusus dilakukan di perpustakaan Kampus ini sendiri. Pengembangan SDM di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini juga menjadikan Perpustakaan di Perguruan Tinggi Islam sebagai pusat informasi ilmiah dan persebaran ilmu agama dituntut untuk mendukung era digitalisasi. Hadirnya sistem Perpustakaan Digital diharapkan memberikan layanan yang lebih efektif dan efesien sehingga mendukung penguatan keilmuan dilingkungan sivitas akademik di Perguruan Tinggi Islam UIN Bandung. Kata Kunci : Sumber Daya Manusia,  Sistem Informasi Manajemen,  Perpustakaan Digital, Perguruan Tinggi Islam
COVER VOL 7 N0 1 MUHASSIN, MOHAMMAD
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 7, No 1 (2017): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.871 KB)

Abstract

Page 1 of 3 | Total Record : 23