cover
Contact Name
Muhammad Rizaldi Trias jaya Putra Nurdin
Contact Email
rizaldi.bsh@gmail.com
Phone
+6282333330819
Journal Mail Official
celebesbiodiversitas@gmail.com
Editorial Address
Jl. Inspeksi Kanal Citraland No. 10 (Gedung YASPIM)
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2018)" : 7 Documents clear
Penerapan Strategi Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Peer Mediated Instruction And Intervention (PMII) Tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Program Studi Pendidikan Biologi STKIP-PI Makassar Arwin Arif; Herlina Tahir
CELEBES BIODIVERSITAS Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.559 KB) | DOI: 10.51336/cb.v1i2.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) terintegrasi model pembelajaran kooperatif Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) Tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) pada mata kuliah fisiologi tumbuhan Program studi pendidikan biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pembagunan Indonesia (STKIP-PI) Makassar.Jenis penelitian ini ádalah penelitian tindakan kelas (Classrom Action). Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang menempuh mata kuliah Fisiologi Tumbuhan pada semester genap (dua) tahun akademik 2017/2018. Prosedur Penelitian dilaksanakan melalui proses beralur terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, tes, angket dan dokumentasi.Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil kinerja/prestasi mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase, statistik deskriptif, dan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa untuk motivasi belajar pada siklus 1 sebesar 76,18% dan siklus 2 sebesar 85,72% menunjukkan peningkatan sebesar 9,54%. Untuk aktivitas belajar pada siklus 1 sebesar 73% dan siklus 2 78% menunjukkan peningkatan 5%. Untuk hasil belajar siklus 1 sebesar 38,09% dan siklus 2 sebesar 61,91% menunjukkan peningkatan 23,82%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa  penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) terintegrasi model pembelajaran kooperatif Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) Tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar fisiologi tumbuhan mahasiswa STKIP Pembagunan Indonesia Makassar. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), CWPT, PTK,Motivasi,Aktivitas dan Hasil Belajar.
Pengaruh Strategi Pembelajaran Induktif Berbasis Masalah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Biologi Program Studi Pendidikan Biologi STKIP-PI Makassar Haris Munandar; St Humaerah Syarif
CELEBES BIODIVERSITAS Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.736 KB) | DOI: 10.51336/cb.v1i2.122

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran induktif berbasis masalah terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian adalah adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang menempuh mata kuliah penilaian hasil belajar biologi pada semester genap (VI) tahun akademik 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random kelas (Class Random Sampling). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket untuk motivasi belajar dan pretest-postest untuk hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,27 dan kelas kontrol 73,03 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 7,46 dan 9,95. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Independent Samples T-test melalui program SPSS for Windows 20, diperoleh nilai signifikan 0.033. Nilai signifikan 0.000 < α= 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran induktif berbasis masalah berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa mata kuliah penilaian pembelajaran biologi Program Studi Pendidikan Biologi STKIP-PI Makassar.Kata kunci:  Strategi pembelajaran induktif berbasis masalah, motivasi, hasil belajar
Aktivitas Antioksidan Senyawa Antosianin dari Ekstrak Etanol Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L) Widiastini Arifuddin
CELEBES BIODIVERSITAS Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.506 KB) | DOI: 10.51336/cb.v1i2.123

Abstract

Ubi jalar ungu banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Warna ungu pada ubi jalar disebabkan oleh adanya zat warna alami yang disebut antosianin. Senyawa antosianin ini mempunyai banyak fungsi, salah satunya yaitu sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan senyawa antosianin ekstrak ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu maserasi, pengujian dengan metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT), dan aktivitas antioksidan. Dari hasil penelitian diperoleh ekstrak kental ubi jalar ungu kurang lebih 300 mL. Pada uji KLT diperoleh nilai Rf sebesar 0,5 yang menunjukkan senyawa antosianin jenis sianidin 3-rhamnosida. Selanjutnya pada pengukuran aktivitas antioksidan diperoleh hasil sebesar 61,05 %.Kata Kunci: Ubi jalar ungu, antosianin, aktivitas antioksidan 
Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Saponin Ekstrak Butanol Daun Majapahit (Cresentia cujete) Dengan Metode Kromatografi Lapis Tipis dan Spektrofotometri Infra Merah Firawati Firawati
CELEBES BIODIVERSITAS Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.696 KB) | DOI: 10.51336/cb.v1i2.119

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang isolasi dan identifikasi senyawa saponin ekstrak butanol daun majapahit (Cresentia cujete). Hasil penelitian diperoleh bahwa isolat murni ekstrak butanol daun majapahit dengan nilai Rf 0,6 diduga teridentifikasi mengandung senyawa saponin pada uji busa dan hasil spektum infra merah yang ditandai dengan adanya gugus O-H, C=C, C-C, dan C-H. Kata kunci: Saponin, Majapahit (Cresentia cujete), KLT, dan spektrofotometri infra merah.
Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasional Makassar Nur Indah Sari
CELEBES BIODIVERSITAS Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.28 KB) | DOI: 10.51336/cb.v1i2.124

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil belajar Biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT dan dan model pembelajaran kooperatif Tipe GI pada siswa kelas VIII SMP Nasiponal Makassar. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain nonequivalent kelompok control. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional-Makassar, dengan sampel yaitu siswa kelas VIII A dan kelas VIII B SMP Nasional-Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil uji t menunjukan bahwa; nilai thitung = 2,163> nilai Ttabel = 2,000 dari derajat kebebasan dengan kesalahan 5% .Dengan demikian dapat masudkan bahwaada perbedaan yang signifikan hasil belajar Biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipeTeams Games Tournament dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII SMP Nasional Makassar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tornament(TGT),Kooperatif  Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar.
Ketahanan Kulit Batang Sagu terhadap Rayap Tanah Eka Pratiwi Tenriawaru; Idawati Supu; Sunarti Cambaba
CELEBES BIODIVERSITAS Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.679 KB) | DOI: 10.51336/cb.v1i2.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji ketahanan kulit batang sagu terhadap rayap tanah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan lima kali pengulangan. Preparasi sampel kulit batang kayu mengacu pada SNI ISO 3129: 2011, dan pengujian terhadap rayap tanah (Coptotermes curvignathus Holmgren) mengacu pada SNI 01-7207-2006. Hasil ditentukan berdasarkan penurunan berat kulit batang sagu setelah perlakuan yang dibandingkan dengan kelas ketahanan terhadap rayap berdasarkan SNI 01-7207-2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kulit batang sagu tidak tahan terhadap rayap tanah dan tergolong dalam kelas ketahanan IV berdasarkan SNI 01-7206-2006. Kata kunci:  kulit batang sagu, ketahanan terhadap rayap tanah, kekuatan kayu.
Pengaruh Pemberian Tes Formatif terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Biologi Tahun Ajaran 2015/2016 Universitas Cendrawasih Ruth Megawati; Maik Akobiarek
CELEBES BIODIVERSITAS Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.211 KB) | DOI: 10.51336/cb.v1i2.126

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian tes formatif terhadap hasil belajar mahasiswa semester IV program studi pendidikan biologi, tahun ajaran 2015/2016). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester genap (IV) program studi pendidikan biologi, yang berjumlah 26 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu; (1)Tes formatif berupa uraian untuk menjaring hasil belajar mahasiswa yang diberikan setiap usai satu topik bahasan, (2) kuesioner berisi pertanyaan yang relevan dengan penelitian, (3) dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan atau transkrip nilai. Teknik ini digunakan untuk mengungkap data tentang hasil belajar mahasiswa, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk menggambarkan variable yang diteliti dan untuk melihat pengaruh antar variabel digunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 17. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan tes formatif mampu meningkatkan penguasan konsep mata kuliah struktur hewan semester genap tahun akademik 2016/2017 sebesar 84,61%; selanjutnya hasil analisis data menunjukkan Uji t satu sampel ini menguji H0: µ≥ 60 terhadap H1: µ< 60. Nilai p-values untuk 2-tailed = 0.325; karena kita melakukan uji hipotesis satu maka nilai p-values harus dibagi 2 = 0.162 dengan demikian nilainya lebih besar dari α = 0,05 H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bentuk tes formatif pengaruhnya signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.Kata kunci: Tes Formatif, Hasil Belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7