cover
Contact Name
Reza Maulana
Contact Email
saya@rezamaulana.com
Phone
+6282330060777
Journal Mail Official
insypro@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan Building D, 4th floor
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing)
ISSN : 2597419X     EISSN : 2579468X     DOI : https://doi.org/10.24252/insypro
Jurnal Insypro adalah jurnal yang bergerak di bidang Sistem Informasi, hadir untuk diharapkan mampu mengembangkan riset pada bidang sistem informasi di Indonesia dan dunia internasional secara umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2019)" : 15 Documents clear
DESAIN DAN IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB STUDI KASUS JURUSAN SISTEM INFORMASI UIN ALAUDDIN MAKASSAR Nurlisah S Nurlisah
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.998 KB) | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.9754

Abstract

Abstrak – Perkembangan teknologi di dunia pendidikan sangat membantu pendidik seperti guru dan dosen untuk mendapatkan dan mengumpulkan materi pembelajaran dengan cepat. Jumlah website yan ratusan juta membuat pengguna internet harus lebih selektif dalam mengambil informasi serta menari tahu dari mana sumbernya. Banyaknya fenomena yang terjadi seperti halnya pada mahasiswa baru maupun tingkat atas yang kebingungan untuk mencari materi pembelajaran yang penah diajarkan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah wadah yang dapat menjadi penampung materi pembelajaran yang dimiliki oleh para dosen. Karena masalah tersebut, peneliti bertujuan untuk Mendesain dan Mengimplementasikan Learning management System Berbasis Web Studi Kasus Jurusan Sistem Informasi UIN Alauddin Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu memahami kondisi yang terjadi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan Library Research. Metode perancangan aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Waterfall dan Unified Modeling Language (UML). Teknik pengujian yang digunakan penulis yaitu pengujian Black Box. Hasil dari penelitian berupa aplikasi Website sebagai salah satu media pembelajaran untuk memudahkan dosen dan mahasiswa untuk melakukan proses belajar dan mengajar khususnya pada jurusan Sistem Informasi.
SISTEM INFORMASI PRODUKSI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PADA ZAHROH BAROKAH Herlina Widiastuti; Azizah Fatmawati
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (945.86 KB) | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.9469

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan. Zahroh Barokah adalah salah satu contoh UMKM yang bergerak dibidang makanan ringan yang mempunyai beberapa kendala dalam memproses pendataan produksi makanan serta laporan yang masih dikerjakan secara manual dengan menggunakan media kertas yang gampang hilang dan rusak. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan sistem informasi produksi UMKM pada Zahroh Barokah. Metode yang digunakan dalam sistem ini menggunakan metode waterfall, meliputi kebutuhan analisis kebutuhan, desain, pemrograman, pengujian dan  implementasi. Hasil dari sistem informasi produksi pada Zahroh Barokah ialah membantu dalam pengelolaan data pemasukan dan pengeluaran suatu produksi dagang dengan waktu yang efektif dan mempermudah dalam proses pencetakan laporan data secara efesien. Berdasarkan pengujian black box, sistem berjalan sesuai dengan fungsinya. Kemudian hasil pengujian System usability Scale (SUS) memperoleh rata-rata nilai 74  dan dapat disimpulkan bahwa nilai sistem berada pada kategori yang baik dan dapat diterima oleh pengguna.
SISTEM INFORMASI JUAL BELI MOTOR BEKAS BERBASIS APLIKASI MOBILE DI DEALER AMANAH SYARIAH MOTOR Tomy Ilham Hanafi
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2230.34 KB) | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.7907

Abstract

Abstrak – Bisnis jual-beli motor bekas merupakan salah satu bisnis yang sedang diminati oleh beberapa orang, karena dengan adanya bisnis tersebut masyarakat yang kurang mampu terbantu dalam melakukan aktivitas menjual maupun membeli motor bekas. Akan tetapi, adanya persaingan dealer di berbagai tempat yang begitu ketat sehingga membuat dealer tertentu sepi pembeli. Aplikasi jual beli motor bekas berbasis mobile adalah solusi untuk masalah ini, aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel dan database MySQL. Dengan adanya inovasi aplikasi jual beli motor bekas berbasis mobile tersebut, hasil yang dicapai di dealer Amanah Syariah Motor diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat yang kurang mampu untuk melakukan jual maupun beli motor bekas dengan lebih mudah, cepat, dan murah. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan distribusi penjualan dan pembelian sehingga keduanya baik pembeli maupun penjual memperoleh keuntungan yang lebih baik karena proses pemasaran yang berbeda dari dealer-dealer yang lain.
Sistem Informasi Pengelolaan Pariwisata "SIPETA" Fendy Finanda
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.106 KB) | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.9649

Abstract

Kabupaten Pekalongan memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Ada lebih dari 30 destinasi wisata dengan skala kunjungan lokal dan internasional. Kondisi saat ini, pengelolaan pariwisata di Kabupaten Pekalongan masih dilakukan secara konvensional. Meskipun jarak tempuh jauh, rekap data dari setiap objek wisata harus diantarkan langsung ke kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata sehingga, sering mengalami keterlambatan. Selain itu, publikasi pariwisata masih menggunakan media brosur dan tidak ada sumber informasi pariwisata yang lengkap dan akurat yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi berbasis web untuk pengelolaan dan meningkatkan publikasi pariwisata di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall, yang terdiri dari empat tahap, yakni tahap analysis (analisis), design (desain), code (pengkodean) dan test (pengujian). Sistem dibuat menggunakan text editor visual studio code dengan bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter dan Bootstrap, serta database MySQL. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi berbasis web untuk pengelolaan dan publikasi pariwisata di Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan hasil uji black-box, sistem yang dibuat memiliki fungsionalitas sesuai dengan apa yang diharapkan. Sistem memiliki fitur kelola data wisata dan permohonan bantuan yang diajukan oleh pengelola wisata kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata. Sistem juga menyajikan informasi wisata secara lengkap dan akurat. Berdasarkan hasil uji tingkat penerimaan calon pengguna dengan metode SUS,  sistem mendapat skor 76,29 yang berarti sistem dapat diterima dan masuk dalam kategori good-excellent.
RANCANG BANGUN SISTEM LAYANAN INFORMASI JADWAL PERKULIAHAN BERBENTUK DENAH RUANG INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT Junaedy Junaedy; Husni Anggriani
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2888.884 KB) | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.6724

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem layanan informasi jadwal perkuliahan yang lengkap, interaktif, menarik, dan mudah digunakan oleh mahasiswa. Layanan informasi jadwal perkuliahan yang akan dibuat dapat terhubung ke database dengan mudah, efisien dan dapat diakses melalui browser. Penelitian ini akan dilakukan dengan mengambil studi kasus jadwal perkuliahan pada kampus STMIK KHARISMA Makassar. Informasi jadwal perkuliahan yang digunakan saat ini masih menggunakan poster atau lembaran pengumuman yang berisi jadwal perkuliahan yang dipasang pada papan pengumuman kampus. Informasi perkuliahan nantinya dapat ditampilkan secara interaktif dengan menggunakan flash. Selain itu untuk menambah kelengkapan dari layanan informasi yang  dibangun maka penulis menambahkan fitur news ticker yang dapat menampilkan berbagai informasi akademik yang penting seperti jika ada jadwal mata kuliah yang dipindahkan atau dosen yang bersangkutan berhalangan mengajar, serta berbagai informasi STMIK KHARISMA Makassar dalam tampilan animasi poster. Metode yang digunakan dalam merancang dan membangun sistem ini adalah Rapid Application Development (RAPID), karena memiliki sistem yang dinamis, fleksibel, melibatkan pengguna secara langsung dan perancangan sistem tidak membutuhkan waktu yang lama. Sistem ini nantinya diharapkan dapat menggantikan sistem yang lama sehingga dapat membantu pihak STMIK KHARISMA Makassar dan dapat menjadi referensi buat pihak lain dalam menyampaikan informasi jadwal perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem layanan informasi jadwal perkuliahan yang lengkap, interaktif, menarik, dan mudah digunakan oleh mahasiswa. Layanan informasi jadwal perkuliahan yang akan dibuat dapat terhubung ke database dengan mudah, efisien dan dapat diakses melalui browser. Penelitian ini akan dilakukan dengan mengambil studi kasus jadwal perkuliahan pada kampus STMIK KHARISMA Makassar. Informasi jadwal perkuliahan yang digunakan saat ini masih menggunakan poster atau lembaran pengumuman yang berisi jadwal perkuliahan yang dipasang pada papan pengumuman kampus. Informasi perkuliahan nantinya dapat ditampilkan secara interaktif dengan menggunakan flash. Selain itu untuk menambah kelengkapan dari layanan informasi yang  dibangun maka penulis menambahkan fitur news ticker yang dapat menampilkan berbagai informasi akademik yang penting seperti jika ada jadwal mata kuliah yang dipindahkan atau dosen yang bersangkutan berhalangan mengajar, serta berbagai informasi STMIK KHARISMA Makassar dalam tampilan animasi poster.
Alat Pengindeteksi Spektrum Warna Bagi Penderita Buta Warna Output Teks dan Suara Menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno Muh Fauzi Natsir
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.716 KB) | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.11031

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membuat pengindeteksi spektrum warna untuk penderita buta warna. Sensor warna yang digunakan adalah TCS3200 yang dihubungkan dengan Arduino Uno. Alat Pendeteksi Warna Primer Untuk Membantu Orang Buta Warna ini mampu mendeteksi 7 macam warna dengan menggunakan sensor TCS3200. Pada tampilan LCD akan didapatkan besarnya nilai frekuensi yang terukur sesuai dengan nilai Red Green Blue (RGB), Jumlah Value dan gelombang suara dikeluarkan oleh mini speaker yang berasal dari sistem I2C dan DFPlayer yang semua terintegrasi dengan mikrokontroler Arduino Uno, Selanjutnya mengeluarkan suara melalui mini speaker. Pengujian dilakukan pada jarak 1 sampai 5 cm dari sensor ke objek warna yang akan dideteksi. Pembacaan sensor akan selalu berubah tergantung pada intensitas cahaya sekitar dan jarak antara sensor dan objek. Semakin besar jarak jangkauan maka nilai frekuensi akan semakin besar pula, batas nilai frekuensi adalah 255 sehingga apabila jarak semakin besar maka akan kembali pada nilai awal frekuensi warna yaitu 0. Jarak pembacaan akurat sensor yaitu pada jarak 2 cm. tampilan LCD akan didapatkan besarnya nilai frekuensi yang terukur sesuai dengan nilai Red Green Blue (RGB), Jumlah Value dan gelombang suara dikeluarkan oleh mini speaker yang berasal dari sistem I2C dan DFPlayer yang semua terintegrasi dengan mikrokontroler Arduino Uno Selanjutnya mengeluarkan suara melalui mini speaker. Pengujian dilakukan pada jarak 1 sampai 5 cm dari sensor ke objek warna yang akan dideteksi. Pembacaan sensor akan selalu berubah tergantung pada intensitas cahaya sekitar dan jarak antara sensor dan objek. Semakin besar jarak jangkauan maka nilai frekuensi akan semakin besar pula, batas nilai frekuensi adalah 255 sehingga apabila jarak semakin besar maka akan kembali pada nilai awal frekuensi warna yaitu 0. Jarak pembacaan akurat sensor yaitu pada jarak 2 cm.
Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Web dengan Scan QR Code Rindhitya Arfiananda; Azizah Fatmawati
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.9451

Abstract

Setiap mahasiswa yang hadir pada perkuliahan wajib mengisi presensi sebagai bukti kehadiran. Seperti halnya di Universitas Muhammadiyah Surakarta, presensi tersebut digunakan sebagai syarat mengikuti ujian akhir semester. Presensi masih dilakukan secara manual dengan mencantumkan tanda tangan pada kertas yang disediakan. Presensi secara manual seperti yang dilakukan saat ini di Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat memunculkan kemungkinan pemalsuan presensi oleh mahasiswa dikarenakan tidak adanya pengecekan ulang oleh dosen. Selain itu perlu dilakukannya rekapitulasi data presensi dari kertas untuk dimasukkan kedalam sistem yang memungkinkan terjadinya kesalahan masukan. Penelitian ini bertujuan guna meminimalisasi adanya pemalsuan presensi yang dilakukan oleh mahasiswa juga demi mewujudkan adanya kemudahan serta  penghematan waktu dan tenaga dalam melakukan rekapitulasi ulang presensi mahasiswa. Penelitian ini juga berguna untuk melakukan penghematan kertas yang selama ini digunakan untuk media presensi. Metode penelitian meliputi analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, dan pengujian sistem. Penelitian ini menghasilkan sistem presensi mahasiswa yang dapat memudahkan para penggunanya. Sistem presensi mahasiswa diuji dengan pengujian black box yang hasilnya menunjukan bahwa fungsi yang terdapat pada sistem berjalan sesuai yang diharapkan. Selain pengujian black box, sistem presensi mahasiswa juga diuji menggunakan pengujian  System Usability Score (SUS) menghasilkan skor akhir sebesar 71,288 yang masuk ke dalam kategori acceptable.
Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Manggar Dwi Pratiwi Putri; Azizah Fatmawati
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1003.032 KB) | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.7612

Abstract

Kegiatan yang menyangkut pengelolaan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Manggar selama ini masih menggunakan media konvensional dan dilakukan secara manual sehingga pekerjaan menjadi kurang efektif dan efisien. Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium ini mendukung kegiatan yang terkait dengan pengelolaan barang inventaris  yang terdapat pada laboratorium sehingga dapat membantu memaksimalkan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam membangun sistem informasi ini ialah dengan metode pengembangan waterfall, yaitu dimulai pada tahapan perencanaan, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi atau penerapan hingga pada tahap pengujian sistem. Sistem informasi ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai media penyimpanan data. Hasil pengujian Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium di SMP Negeri 1 Manggar yang menggunakan ISO 9126 menunjukan bahwa 96% responden setuju bahwa sistem mampu mencapai tujuannya yaitu dapat memudahkan dokumentasi laporan inventaris dan mendukung proses pengelolaan inventaris peralatan laboratorium secara efektif dan efisien.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PENERIMA BEASISWA MURID BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE SAW Rizki Yuni Astari; Rizki Yuni Astari
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.781 KB) | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.9456

Abstract

Beasiswa berprestasi adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh pihak sekolah kepada siswa yang memiliki prestasi. Penghargaan diberikan dalam bentuk sejumlah dana yang tujuannya untuk menunjang proses belajar siswa selama masa studinya. Penentuan calon penerima beasiswa biasanya sering terjadi kesalahan seperti siswa yang berprestasi dari sejumlah siswa yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing kurang tepat sasaran dalam memberikan penilaian. Proses penilaiannya masih menggunakan cara yang konvensional sehingga sering terjadi kerangkapan data dan kurang akuratnya hasil akhir. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mempermudah penilaian calon penerima beasiswa agar tepat sasaran serta meminimalisir kesalahan yang ada. Metode yang digunakan yaitu algoritma Simple Additive Weighting (SAW). Kriteria-kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai rata-rata raport siswa, prestasi siswa, absensi kehadiran siswa serta poin pelanggaran siswa. Pada penelitian ini pengujian black box menyatakan bahwa sistem berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya sedangkan pengujian usability memperoleh hasil rata-rata dari nilai kepuasan responden sebesar 73,5% yang dapat disimpulkan bahwa sistem dalam keadaan baik. Hasil dari penelitian yaitu berupa sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat mempermudah pihak sekolah dalam memberikan penilaian kepada siswa calon penerima beasiswa murid berprestasi yang tepat sasaran sesuai dengan syarat dan kriteria yang telah ditentukan. Kata Kunci:beasiswa,simple additive weighthing (SAW),  siswaberprestasi
Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Website Ancas Nuzul Nur Hidayah; Heru Supriyono
Jurnal INSYPRO (Information System and Processing) Vol 4 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2328.725 KB) | DOI: 10.24252/insypro.v4i2.7748

Abstract

Abstrak - Rumah makan adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi. Tidak sedikit rumah makan yang kewalahan untuk melayani para pelanggan ketika ramai. Pelanggan pun juga merasa tidak nyaman jika pelayanan dalam rumah makan tersebut tidak maksimal. Salah satu permasalahannya adalah sistem pemesanan menu yang masih menggunakan cara manual. Hal itu dinilai tidak efektif dan efisien mengingat terbatasnya pegawai yang tidak sebanding dengan ramainya pengunjung yang datang. Sehingga diperlukan sistem yang dapat mempermudah pemesanan menu pada rumah makan. Oleh karena itu, dibuatlah sistem pemesanan menu makanan dan minuman berbasis website yang memudahkan para pelanggan maupun pegawai. Dengan sistem ini pegawai juga merasa dimudahkan dalam pengecekan pemesanan pelanggan maupun perekapan pesanan. Pemesanan menu oleh pelanggan juga memanfaatkan sistem QR Code.  Penggunaan QR Code ini bertujuan untuk menggantikan inputan manual nomor meja dan nama pelanggan. QR Code ini dilakukan dengan cara men-scan kode menggunakan smartphone masing-masing pelanggan. Sistem ini diuji oleh pegawai dan pelanggan di Warung Gaul dan didapatkan kesimpulan yakni 88,8% responden admin dan 89,4% responden user setuju bahwa sistem ini membuat proses pemesanan menjadi lebih efektif dan efisien serta mudah digunakan dan dipahami.

Page 1 of 2 | Total Record : 15