cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : 26141353     DOI : -
Core Subject : Science,
This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: (1) Strategic Management; (2) Financial Management; (3) Human Resource Management, and (4) Marketing Management. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis (JDMB) is published twice a year, in April and September.
Arjuna Subject : -
Articles 80 Documents
ANALISIS PENGARUH CAPITAL/LABOUR INTENSIVE, INVESTASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LEVERAGE OPERASI DENGAN VARIABEL MEDIASI KEBIJAKAN DIVIDEN DAN LEVERAGE KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Robi Nugraha
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.589 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.5

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the influence of capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage, dividen and financial leverage on the firm value of Indonesia non financial sector companies, the influence of capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable on dividen and financial leverage of Indonesia non financial sector companies, and the influence of capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable on the firm value through dividen and financial leverage as intervening variable. The research data was collected using purposive sampling method to the data of non financial sector companies listed on the Indonesian Stock Exchange during the period 2003-2012. Based on the criteria of the study obtained 310 samples were then analyzed Using the panel data regression and path analysis. The results show that the capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage, dividen and financial leverage have significant influences on the firm value of Indonesia non financial sector companies. The capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable do not have significant influences on dividen. The capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable have significant influences on financial leverage. With path analysis, the result show the The capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable do not have significant influence on the firm value of Indonesia non financial sector companies with dividen and financial leverage as intervening variable. Keywords: Capital Labour Intensive, Investment, Managerial Ownership, Operating Leverage, Dividen and Financial Leverage, Firm Value.
ANALISA FAKTOR-FAKTOR INTRINSIK DAN KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN TRIPPLE BOTTOM LINES SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Mia Andika Sari; Harya Kuncara Wiralaga; Ari Warokka
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.607 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.1

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor-faktor intrinsik yang diproksikan dengan struktur modal, ukuran perusahaan, usia perusahaan dan faktor keuangan yang diproksikan dengan likuditas, profitabilitas, serta aktivitas dengan tripple bottom lines sebagai variabel mediasi terhadap nilai perusahaan sektor perusahaan properti. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan publikasi selama periode 2010 sampai dengan 2013, serta laporan tahunan yang dapat diakses melalui website idx. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan data panel dan analisa jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor intrinsik dan keuangan memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, begitu pula variabel faktor intrinsik dan keuangan memiliki pengaruh signifikan terhadap tripple bottom lines. Dari Hasil analisa path dibuktikan bahwa pengaruh tidak langsung dengan menggunakan tripple bottom lines sebagai variabel mediasi lebih besar total pengaruhnya dibandingkan dengan pengaruh langsung. Kata kunci : Faktor Intrinsik, Faktor Keuangan, Nilai Perusahaan, Tripple Bottom Lines.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI SERTA KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SANJAYATAMA LESTARI Jublina Oktora; Mohamad Rizan; Sihol Situngkir
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.042 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.2

Abstract

Abstrak: Dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk melakukan pengujian secara sistematis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Dan Transformasional, Motivasi Serta Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sanjayatama Lestari. Sampel yang digunakan adalah karyawan PT. Sanjayatama Lestari dengan jumlah responden sebanyak 95 orang. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Penelitian ini menguji 5 variabel yaitu Gaya Kepemimpinan Transaksional (X1), Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2), Motivasi (X3) dan Kompetensi (X4) sebagai variabel bebas dan kinerja (Y) sebagai variabel terikat. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh sebesar 3,876 (positif dan signifikan) terhadap kinerja. Gaya kepemimpinan transformasional juga berpengaruh secara signifikan sebesar 3,128. Selanjutnya, motivasi juga mempunyai pengaruh secara signifikan sebesar 4,210 dan yang terakhir yaitu kompetensi berpengaruh secara signifikan sebesar 6,283. Kata Kunci: Gaya kepemimpinan transaksional, gaya kepemimpinan transformasional, motivasi, kompetensi, kinerja dan regresi linear berganda.
PENGARUH FAKTOR EKONOMI MAKRO, STRATEGI PERLUASAN MARKET SHARE DAN KARAKTERISTIK BANK TERHADAP PROFITABILITAS PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, TBK Novi Andriansyah; Mohamad Rizan; Harya Kuncara Wiralaga
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1069.558 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.3

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor ekonomi makro yang diproksi dengan tingkat inflasi dan pertumbuhan GDP, strategi perluasan market share yang diukur dengan penambahan jaringan kantor untuk meningkatkan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan penyaluran kredit serta karakteristik bank yang diukur dengan LDR, CAR, NPL, BOPO, SIZE terhadap Profitabilitas yang diproksi dengan Return On Asset (ROA) Bank BJB. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan publikasi Bank BJB selama periode triwulan I tahun 2005 sampai dengan triwulan IV tahun 2013, serta laporan publikasi Statistik Perbankan Indonesia melalui website. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dimana sebelumnya data telah diuji dengan pengujian asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikolinieritas. Selama periode penelitian menunjukan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan hasil uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikolinieritas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat inflasi dan pertumbuhan GDP tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) Bank BJB. Begitu juga dengan variabel market share, LDR, CAR, NPL, maupun Size tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) Bank BJB. Sedangkan variabel BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas (ROA) Bank BJB. Nilai koefisien determinasi (R2 adjusted) sebesar 0.6798 artinya bahwa variasi variabel-variabel eksogen/ independen mampu menjelaskan profitabilitas (ROA) sebesar 67.98 persen, sisanya oleh variabel lain di luar model. Kata kunci : Faktor Ekonomi Makro, Market Share, Karakteristik Bank, Profitabilitas, Regresi Linier Berganda.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN BETON SIAP PAKAI HOLCIM DI JAKARTA Sita Budiastari
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.422 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.4

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran atas pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan beton siap pakai di Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan kausal yang di lakukan di Holcim Beton pada tahun 2013 dengan sampel sebanyak 100 pelanggan di Jakarta dan sekitarnya pada segmen Industrial dan komersial proyek. Pengumpulan data responden dengan kuesioner dan dianalis dengan menggunakan analisa jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS versi 20.0. terhadap kepuasan pelanggan (2) Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan pelanggan, (3) Citra Merek tidan memiliki pengaruh terhadap Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Kualitas Produk tidak berpengaruh kepuasan pelanggan, (4) semua variabel bebas, kualitas produk, Persepsi harga dan Citra Merek berpengaruhi positif dan signifikan terhadap variabel terikat Kepuasan Pelanggan, dengan nilai determinasi sebesar 50 %, sedangkan 50% lainnya di pengaruhi oleh variabel lainnya (5) Kualitas Produk berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui kepuasan pelanggan, (6) Persepsi Harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan, (7) Citra Merek berpengaruh dan siginikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan, (8) Semua varibel bebas kualitas produk, persepsi harga dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan, dengan nilai determinasi sebesar 77.4 % dan 22.6 % lainnya di pengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil temuan mengarahkan untuk merekomendasikan agar Holcim meningkatkan kualitas produk, persepsi harga dan citra merek untuk meningkatkan loyalitas melalui kepuasan pelanggan. Hal ini juga merekomendasikan kepada Holcim untuk meneningkatakan layanan dan informasi kepada pelanggan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggannya. Kata kunci: kualitas produk, persepsi harga,citra merek, kepuasan, loyalitas pelanggan, beton siap pakai Holcim di Jakarta.
Pengaruh Kepuasan Kerja, Keterlibatan Kerja, dan Perceived Organizational Support Terhadap Komitmen Organisasional Pada Bank Syariah Mandiri Aisyah Pia Asrunputri
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1242.473 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.01

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kepuasan kerja, keterlibatan kerja, dan perceived organizational support terhadap komitmen organisasional pada Bank Syariah Mandiri kantor pusat di Jakarta. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan adanya penurunan presentase dalam kenaikan nilai aset perbankan yang disebabkan oleh kurang berkomitmen dan kurangnya keterlibatan karyawan didalam organisasi. POS yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri kepada karyawan juga dinilai kurang mencukupi kebutuhan sosio-emosional karyawan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif yang memfokuskan pada 60 responden yakni karyawan di Bank Syariah Mandiri Kantor Pusat Jakarta. Berdasarkan temuan didalam penelitian ini membuktikan bahwa tidak ditemukannya hubungan positif antara kepuasan kerja dan komitmen organisasional serta POS dan komitmen organisasional. Namun ditemukan hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan kerja dan komitmen organisasional.
Pengaruh Service Quality, Customer Satisfaction, dan Brand Trust di Mediasi Oleh Customer Commitment Terhadap Customer Loyalty Penumpang Maskapai Low Cost Carrier Di Bali dewa ayu alit lakhsmidevy
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.457 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.03

Abstract

Kebutuhan masyarakat Indonesia atas layanan transportasi terus meningkat sesuai dengan meningkatnya pembangunan nasional. Jenis layanan transportasi udara juga terus berkembang, salah satu adalah dengan beroperasinya model penerbangan unik yaitu melalui strategi penurunan operating cost di semua lini yang mengakibatkan harga tiket dapat ditekan. Model penerbangan ini disebut low cost carrier (LCC). Kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan di Indonesia sangat berpengaruh terhadap seberapa besar tingkat kualitas pelayanan dari sebuah maskapai penerbangan. Berbagai pelayanan yang mempengaruhi, kepuasan konsumen adalah keramahan seluruh awak kabin, fasilitas fisik yang ada, tarif penerbangan, ketepatan waktu keberangkatan kemudahan akses dan juga keselamatan penerbangan. Berdasarkan jajak pendapat dari 2.674 orang responden mengenai apa yang diinginkan dari sebuah maskapai penerbangan didapatkan hasil sebanyak 9,6% menginginkan pelayanan ramah dari awak kabin, 16,9% penerbangan yang tepat waktu, armada yang baru 18,3%, 55,2% tarif yang murah (Indopos. 2015). Maskapai penerbangan di Indonesia sering mengalami keterlambatan waktu pada saat akan terbang atau dengan kata lain sering mengalami delay. Salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang sering mengalami keterlambatan dalam pemberangkatan pesawat adalah penerbangan low cost carriers. Secara garis besar tujuan penelitian ini adalah : menguji pengaruh service quality, customer satisfaction, brand trust terhadap costumer commitment serta dampaknya kepada customer loyalty pada penerbangan domestik maskapai low cost carrier di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Dengan unit observasi sebanyak 250 responden yang terdiri dari beberapa kriteria responden. Metode penelitian adalah explanatory survey. Hasil pengujian menunjukkan total indirect effect paling tinggi adalah pengaruh service quality terhadap customer loyalty dengan nilai t value sebesar 4,074, selanjutnya service quality terhadap customer commitment dengan nilai t value sebesar 3,243 di ikuti dengan sisa variabel lainnya. Hasil ini menunjukkan bahwa service quality merupakan variabel yang mendominasi pada hasil penelitian yang dilakukan. Semakin baik service quality yang diberikan maskapai kepada penumpang maka akan meninggkatkan komitmen penumpang dan selanjutnya akan menggiring penumapng untuk semakin loyal kepada maskapai.
Sistem Evaluasi Pasca Pelatihan di Rumah Sakit X Malang Sri Suprapti; Tuti Haryanto; Agung Putra Jaya; Kurnia Widyaningrum
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.093 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.10

Abstract

ABSTRAK Efektifitas pelatihan dapat dinilai melalui evaluasi pasca pelatihan dengan menilai perilaku dan kompetensi hasil pelatihan. Rumah Sakit X dalam menilai efektifitas pelatihan didapatkan gap kecenderungan evaluator saat mengevaluasi alumni peserta latih memberikan nilai yang sama. Tingkat kesamaan dalam pemberian nilai kepada alumni peserta latih sebesar 85,53%. Hal tersebut berdampak bias terhadap hasil evaluasi efektifitas pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor penyebab utama, serta mencari alternatif solusi terhadap gap yang terjadi. Metode penelitian secara deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara dan telaah dokumen, terhadap proses pelaksanaan dan hasil evaluasi efektifitas pelatihan. Ditindaklanjuti dengan melakukan focus group discussion untuk mengidentifikasi masalah. Beberapa masalah yang didapat diprioritaskan menggunakan metode USG (urgency seriouseness and growth). Hasil prioritas masalah dicari penyebab akar masalahnya menggunakan diagram fishbone. Penyebab utamanya adalah belum adanya sistem dalam melakukan evaluasi pasca pelatihan. Penentuan Solusi menggunakan metode CARL (capability accesability readiness leverage) yaitu membuat pedoman evaluasi pasca pelatihan. Mengatur tentang: kriteria evaluator, tugas dan tanggung jawab evaluator, indikator evaluasi pasca pelatihan, instrumen evaluasi pasca pelatihan, pelaporan hasil dan rekomendasi evaluasi pasca pelatihan. KataKunci: Evaluasi pasca pelatihan; pedoman evaluasi pasca pelatihan; pelatihan. Post –Training Evaluation In X Hospital Malang Abstract The effectiveness of the training will be able to be assessed through post training evaluation by assessing the behavior and competency the outcomes of the training. In X Hospital, in assessing the effectiveness of the training was found that the evaluator's tendency when evaluating the trainee alumni to give the same value to almost all participants who was being evaluated.The level of similarity in the value of trainees' alumni amounted to 85,53%, it has a biased impact on the evaluation of the effectiveness of the training.This study aims to determine and analyze the main causal factors, as well as looking for the alternative solutions to the gap occurred. The research method is descriptive by doing observation, interviews and documents review of the implementation process and evaluation results of the effectiveness of the training. Followed up by focus group discussions to identify the problem. Some problems are found prioritized using USG (urgency seriouseness and growth) method. Result of priority problem search for based on the results of identification of the root cause of the problem by using the fishbone diagram. The main cause is there is not of the system in conducting post training evaluation yet. The solutions using the CARL (capability accesability readiness leverage) method, by making the recommendations of graduate training, in which compose about: criteria evaluator, task and responsibility of the evaluator, post-training evaluation indicators. Keywords: Post-training evaluation; guidelines for post-training evaluation; training.
Financial Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Teknikal Terhadap Return Saham Bayu Anggara Silvatika; Marlina Widiyanti
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.737 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.02

Abstract

This research aims to examine the impact of fundamental and technical factors towards stock returns, and with macroecomoic as moderation variable. The population used in this research is all public companies or issuer listed in Indonesia Stock Exchange from 2008 to 2012. The companies used samples are 23 companies which categorized as LQ-45 that exist from 2008 to 2012 or using Purposive Sampling Method. Analysis of securitas consist of fundamental and technical analysis. In fundamental analysis and technical, analist often uses factors fundamental and technical. Fundamental’s and technical’s factors in Multi-factor Models uses to perform the portfolio with special characteristics. Multi-factor Models are improved from the concept of Arbitrage Pricing Theory (APT). Fundamental factors are consisted Financial Ratio (ROA, DER, EPS, PBV) and macroeconomic (exchange rate, inflations, gdp); than technical factors (trading volume, market capitalization, and previous stock price). Those are independen variables which towards stock return using Panel’s Data then make analysis using Multiple Regressions. This research shows that partially, several fundamental factors (ROA, DER, and EPS) have not significant influence and positif are toward stock return. However, PBV have significant influence and negatif are toward stock return. Several macro economic’s factors (kurs and GDP) have significant influence and positif are toward stock return, but inflation have significant influence at α = 10%. All of technical’s factors (trading volume, market capitalization, and previous stock price) have not significant influence and positif (market capitalization, and previous stock price), negatif (trading volume) are toward stock return.Simultaneously, fundamental’s factors, macro economic, and technical’s factors have significant influence and positif are toward stock return. Managerial implication of this research are the investors can use fundamentals analysis with focus on PBV ratio, emiten must be more attention macro economic factors, especially exchange rate and GDP. Investors in Indonesia Stock Market more like fundamental’s analysis than technical’s analysis, but investor also can use integrated analysis by combine of fundamental and technical’s analysis.
Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Dengan Menggunakan Metode Lrfm Analysis Nurdin Lubis
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.647 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.06

Abstract

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community telah dibuka. hal ini tak hanya membuka peluang, namun menjadi tantangan pula bagi sektor industri, termasuk industri farmasi nasional. Peningkatan kemampuan industri farmasi nasional dapat dilakukan melalui riset dan peningkatan kemampuanPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai karakteristik pelanggan dari PT Phapros Tbk, sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang farmasi. Data yang digunakan yakni data pelanggan dan data transaksi penjualan historikal. Data tersebut kemudian akan diolah dengan LRFM model (Length, Recency, Frequency, Monetary), dan dua tahapan clustering (two stage clustering) yaitu metode ward’s untuk mengetahui jumlah cluster terbaik dan algoritma k-means yang merupakan distance-based cluster analysis untuk melakukan proses operasional clustering. Setelah proses operasional clustering dilakukan, hasil cluster akan dipetakan dengan customer value matrix dan customer loyalty matrix untuk mengetahui karakteristik tiap segmen pelanggan.Hasil yang didapatkan dari studi kasus PT Phapros Tbk menunjukkan bahwa segmen atau grup pelanggan yang terbentuk semuanya memiliki perbedaan statistik yang signifikan, dan dapat dijelaskan dalam konteks strategi marketing. Oleh karena itu, penelitian ini berguna untuk menentukan strategi pengelolaan pelanggan tiap segmen.Key Words: Clustering Analysis, Customer Relationship Management, Data mining, LRFM model.