cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : 26141353     DOI : -
Core Subject : Science,
This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: (1) Strategic Management; (2) Financial Management; (3) Human Resource Management, and (4) Marketing Management. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis (JDMB) is published twice a year, in April and September.
Arjuna Subject : -
Articles 58 Documents
The Influence of Leadership Style and Work Environment on Soldier Performance With Work Discipline as an Intervening Variable (Case Study on Eskorta Ship Unit Command Fleet Ii) Andi Abdul Aziz; Dedi Purwana; I Ketut R. Sudiardhita
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JDBM.03.2.3

Abstract

This study aims to examine the effect of leadership style and work environment on soldiers who are mediated by work discipline. This study used a quantitative method by distributing questionnaires to 260 respondents who were KRI soldiers in the Fleet II Commando Eskorta Ship Unit. The data from the questionnaire were analyzed descriptively and quantitatively. Descriptive analysis is used to describe respondents' characteristics and research variables based on the questionnaire results. In contrast, quantitative analysis is carried out using Structural Equation Modeling (SEM) study with the AMOS and SPSS programs. Based on the results of SEM analysis, it is concluded that leadership style has no significant effect on work discipline. In contrast, the work environment has a positive impact on work discipline. The results further show that the work environment and work discipline have a positive effect on the performance of the soldiers. At the same time, the leadership style does not affect the performance of the soldiers. In further testing, the results of the mediation test using the Sobel test show that work discipline engagement can mediate the influence of leadership style and work environment on performance. This can indicate that an increase in leadership style and work environment can improve work discipline, which in turn will enhance the performance of soldiers. However, this research still needs to be developed by adding other variables and also expanding respondents or changing the object or place of study. Keywords: Leadership Style, Work Environment, Work Discipline, Soldier Performance, Structural Equation Modeling (SEM).
ANALISA FAKTOR-FAKTOR INTRINSIK DAN KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN TRIPPLE BOTTOM LINES SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Mia Andika Sari; Harya Kuncara Wiralaga; Ari Warokka
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.607 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.1

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor-faktor intrinsik yang diproksikan dengan struktur modal, ukuran perusahaan, usia perusahaan dan faktor keuangan yang diproksikan dengan likuditas, profitabilitas, serta aktivitas dengan tripple bottom lines sebagai variabel mediasi terhadap nilai perusahaan sektor perusahaan properti. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan publikasi selama periode 2010 sampai dengan 2013, serta laporan tahunan yang dapat diakses melalui website idx. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan data panel dan analisa jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor intrinsik dan keuangan memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, begitu pula variabel faktor intrinsik dan keuangan memiliki pengaruh signifikan terhadap tripple bottom lines. Dari Hasil analisa path dibuktikan bahwa pengaruh tidak langsung dengan menggunakan tripple bottom lines sebagai variabel mediasi lebih besar total pengaruhnya dibandingkan dengan pengaruh langsung. Kata kunci : Faktor Intrinsik, Faktor Keuangan, Nilai Perusahaan, Tripple Bottom Lines.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI SERTA KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SANJAYATAMA LESTARI Jublina Oktora; Mohamad Rizan; Sihol Situngkir
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.042 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.2

Abstract

Abstrak: Dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk melakukan pengujian secara sistematis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Dan Transformasional, Motivasi Serta Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sanjayatama Lestari. Sampel yang digunakan adalah karyawan PT. Sanjayatama Lestari dengan jumlah responden sebanyak 95 orang. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Penelitian ini menguji 5 variabel yaitu Gaya Kepemimpinan Transaksional (X1), Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2), Motivasi (X3) dan Kompetensi (X4) sebagai variabel bebas dan kinerja (Y) sebagai variabel terikat. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh sebesar 3,876 (positif dan signifikan) terhadap kinerja. Gaya kepemimpinan transformasional juga berpengaruh secara signifikan sebesar 3,128. Selanjutnya, motivasi juga mempunyai pengaruh secara signifikan sebesar 4,210 dan yang terakhir yaitu kompetensi berpengaruh secara signifikan sebesar 6,283. Kata Kunci: Gaya kepemimpinan transaksional, gaya kepemimpinan transformasional, motivasi, kompetensi, kinerja dan regresi linear berganda.
PENGARUH FAKTOR EKONOMI MAKRO, STRATEGI PERLUASAN MARKET SHARE DAN KARAKTERISTIK BANK TERHADAP PROFITABILITAS PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, TBK Novi Andriansyah; Mohamad Rizan; Harya Kuncara Wiralaga
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1069.558 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.3

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor ekonomi makro yang diproksi dengan tingkat inflasi dan pertumbuhan GDP, strategi perluasan market share yang diukur dengan penambahan jaringan kantor untuk meningkatkan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan penyaluran kredit serta karakteristik bank yang diukur dengan LDR, CAR, NPL, BOPO, SIZE terhadap Profitabilitas yang diproksi dengan Return On Asset (ROA) Bank BJB. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan publikasi Bank BJB selama periode triwulan I tahun 2005 sampai dengan triwulan IV tahun 2013, serta laporan publikasi Statistik Perbankan Indonesia melalui website. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dimana sebelumnya data telah diuji dengan pengujian asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikolinieritas. Selama periode penelitian menunjukan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan hasil uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikolinieritas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat inflasi dan pertumbuhan GDP tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) Bank BJB. Begitu juga dengan variabel market share, LDR, CAR, NPL, maupun Size tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) Bank BJB. Sedangkan variabel BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas (ROA) Bank BJB. Nilai koefisien determinasi (R2 adjusted) sebesar 0.6798 artinya bahwa variasi variabel-variabel eksogen/ independen mampu menjelaskan profitabilitas (ROA) sebesar 67.98 persen, sisanya oleh variabel lain di luar model. Kata kunci : Faktor Ekonomi Makro, Market Share, Karakteristik Bank, Profitabilitas, Regresi Linier Berganda.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN BETON SIAP PAKAI HOLCIM DI JAKARTA Sita Budiastari
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.422 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.4

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran atas pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan beton siap pakai di Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan kausal yang di lakukan di Holcim Beton pada tahun 2013 dengan sampel sebanyak 100 pelanggan di Jakarta dan sekitarnya pada segmen Industrial dan komersial proyek. Pengumpulan data responden dengan kuesioner dan dianalis dengan menggunakan analisa jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS versi 20.0. terhadap kepuasan pelanggan (2) Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan pelanggan, (3) Citra Merek tidan memiliki pengaruh terhadap Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Kualitas Produk tidak berpengaruh kepuasan pelanggan, (4) semua variabel bebas, kualitas produk, Persepsi harga dan Citra Merek berpengaruhi positif dan signifikan terhadap variabel terikat Kepuasan Pelanggan, dengan nilai determinasi sebesar 50 %, sedangkan 50% lainnya di pengaruhi oleh variabel lainnya (5) Kualitas Produk berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui kepuasan pelanggan, (6) Persepsi Harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan, (7) Citra Merek berpengaruh dan siginikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan, (8) Semua varibel bebas kualitas produk, persepsi harga dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan, dengan nilai determinasi sebesar 77.4 % dan 22.6 % lainnya di pengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil temuan mengarahkan untuk merekomendasikan agar Holcim meningkatkan kualitas produk, persepsi harga dan citra merek untuk meningkatkan loyalitas melalui kepuasan pelanggan. Hal ini juga merekomendasikan kepada Holcim untuk meneningkatakan layanan dan informasi kepada pelanggan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggannya. Kata kunci: kualitas produk, persepsi harga,citra merek, kepuasan, loyalitas pelanggan, beton siap pakai Holcim di Jakarta.
ANALISIS PENGARUH CAPITAL/LABOUR INTENSIVE, INVESTASI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LEVERAGE OPERASI DENGAN VARIABEL MEDIASI KEBIJAKAN DIVIDEN DAN LEVERAGE KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Robi Nugraha
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.589 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.1.5

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the influence of capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage, dividen and financial leverage on the firm value of Indonesia non financial sector companies, the influence of capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable on dividen and financial leverage of Indonesia non financial sector companies, and the influence of capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable on the firm value through dividen and financial leverage as intervening variable. The research data was collected using purposive sampling method to the data of non financial sector companies listed on the Indonesian Stock Exchange during the period 2003-2012. Based on the criteria of the study obtained 310 samples were then analyzed Using the panel data regression and path analysis. The results show that the capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage, dividen and financial leverage have significant influences on the firm value of Indonesia non financial sector companies. The capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable do not have significant influences on dividen. The capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable have significant influences on financial leverage. With path analysis, the result show the The capital labour intensive, investment, managerial ownership, operating leverage variable do not have significant influence on the firm value of Indonesia non financial sector companies with dividen and financial leverage as intervening variable. Keywords: Capital Labour Intensive, Investment, Managerial Ownership, Operating Leverage, Dividen and Financial Leverage, Firm Value.
Pengaruh Kepuasan Kerja, Keterlibatan Kerja, dan Perceived Organizational Support Terhadap Komitmen Organisasional Pada Bank Syariah Mandiri Aisyah Pia Asrunputri
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1242.473 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.01

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kepuasan kerja, keterlibatan kerja, dan perceived organizational support terhadap komitmen organisasional pada Bank Syariah Mandiri kantor pusat di Jakarta. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan adanya penurunan presentase dalam kenaikan nilai aset perbankan yang disebabkan oleh kurang berkomitmen dan kurangnya keterlibatan karyawan didalam organisasi. POS yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri kepada karyawan juga dinilai kurang mencukupi kebutuhan sosio-emosional karyawan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif yang memfokuskan pada 60 responden yakni karyawan di Bank Syariah Mandiri Kantor Pusat Jakarta. Berdasarkan temuan didalam penelitian ini membuktikan bahwa tidak ditemukannya hubungan positif antara kepuasan kerja dan komitmen organisasional serta POS dan komitmen organisasional. Namun ditemukan hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan kerja dan komitmen organisasional.
Financial Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Teknikal Terhadap Return Saham Bayu Anggara Silvatika; Marlina Widiyanti
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.737 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.02

Abstract

This research aims to examine the impact of fundamental and technical factors towards stock returns, and with macroecomoic as moderation variable. The population used in this research is all public companies or issuer listed in Indonesia Stock Exchange from 2008 to 2012. The companies used samples are 23 companies which categorized as LQ-45 that exist from 2008 to 2012 or using Purposive Sampling Method. Analysis of securitas consist of fundamental and technical analysis. In fundamental analysis and technical, analist often uses factors fundamental and technical. Fundamental’s and technical’s factors in Multi-factor Models uses to perform the portfolio with special characteristics. Multi-factor Models are improved from the concept of Arbitrage Pricing Theory (APT). Fundamental factors are consisted Financial Ratio (ROA, DER, EPS, PBV) and macroeconomic (exchange rate, inflations, gdp); than technical factors (trading volume, market capitalization, and previous stock price). Those are independen variables which towards stock return using Panel’s Data then make analysis using Multiple Regressions. This research shows that partially, several fundamental factors (ROA, DER, and EPS) have not significant influence and positif are toward stock return. However, PBV have significant influence and negatif are toward stock return. Several macro economic’s factors (kurs and GDP) have significant influence and positif are toward stock return, but inflation have significant influence at α = 10%. All of technical’s factors (trading volume, market capitalization, and previous stock price) have not significant influence and positif (market capitalization, and previous stock price), negatif (trading volume) are toward stock return.Simultaneously, fundamental’s factors, macro economic, and technical’s factors have significant influence and positif are toward stock return. Managerial implication of this research are the investors can use fundamentals analysis with focus on PBV ratio, emiten must be more attention macro economic factors, especially exchange rate and GDP. Investors in Indonesia Stock Market more like fundamental’s analysis than technical’s analysis, but investor also can use integrated analysis by combine of fundamental and technical’s analysis.
Pengaruh Service Quality, Customer Satisfaction, dan Brand Trust di Mediasi Oleh Customer Commitment Terhadap Customer Loyalty Penumpang Maskapai Low Cost Carrier Di Bali dewa ayu alit lakhsmidevy
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.457 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.03

Abstract

Kebutuhan masyarakat Indonesia atas layanan transportasi terus meningkat sesuai dengan meningkatnya pembangunan nasional. Jenis layanan transportasi udara juga terus berkembang, salah satu adalah dengan beroperasinya model penerbangan unik yaitu melalui strategi penurunan operating cost di semua lini yang mengakibatkan harga tiket dapat ditekan. Model penerbangan ini disebut low cost carrier (LCC). Kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan di Indonesia sangat berpengaruh terhadap seberapa besar tingkat kualitas pelayanan dari sebuah maskapai penerbangan. Berbagai pelayanan yang mempengaruhi, kepuasan konsumen adalah keramahan seluruh awak kabin, fasilitas fisik yang ada, tarif penerbangan, ketepatan waktu keberangkatan kemudahan akses dan juga keselamatan penerbangan. Berdasarkan jajak pendapat dari 2.674 orang responden mengenai apa yang diinginkan dari sebuah maskapai penerbangan didapatkan hasil sebanyak 9,6% menginginkan pelayanan ramah dari awak kabin, 16,9% penerbangan yang tepat waktu, armada yang baru 18,3%, 55,2% tarif yang murah (Indopos. 2015). Maskapai penerbangan di Indonesia sering mengalami keterlambatan waktu pada saat akan terbang atau dengan kata lain sering mengalami delay. Salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang sering mengalami keterlambatan dalam pemberangkatan pesawat adalah penerbangan low cost carriers. Secara garis besar tujuan penelitian ini adalah : menguji pengaruh service quality, customer satisfaction, brand trust terhadap costumer commitment serta dampaknya kepada customer loyalty pada penerbangan domestik maskapai low cost carrier di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Dengan unit observasi sebanyak 250 responden yang terdiri dari beberapa kriteria responden. Metode penelitian adalah explanatory survey. Hasil pengujian menunjukkan total indirect effect paling tinggi adalah pengaruh service quality terhadap customer loyalty dengan nilai t value sebesar 4,074, selanjutnya service quality terhadap customer commitment dengan nilai t value sebesar 3,243 di ikuti dengan sisa variabel lainnya. Hasil ini menunjukkan bahwa service quality merupakan variabel yang mendominasi pada hasil penelitian yang dilakukan. Semakin baik service quality yang diberikan maskapai kepada penumpang maka akan meninggkatkan komitmen penumpang dan selanjutnya akan menggiring penumapng untuk semakin loyal kepada maskapai.
Pengaruh Persepsi Public Relation, Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Birgitta Amanda Putri; Tetra Hidayati
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.065 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.04

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh persepsi PR Kepercayaan dan Citra Merek terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan persamaan regresi berganda dimana data didapat dari konsumen atau pelanggan Brow Studio (perusahaan sulam alis milik Anggie Rassly). Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, peneliti mendapatkan 225 data yang dianalisis dengan menggunakan SPSS sebagai software pengolah datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi PR, kepercayaan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci: persepsi PR, Kepercayaan, citra merek, loyalitas pelanggan