cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
agus.syifa85@gmail.com
Editorial Address
Jl . Garuda No. 09 Tambakberas Jombang East Java
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Sains Dan Teknologi (SAINTEKBU)
JURNAL SAINTEKBU adalah Jurnal ilmiah yang mewadahi hasil penelitian bidang informatika, ilmu komputer, teknologi komputer yang diterbitkan oleh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA)
Articles 172 Documents
PENDEKATAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Yoseph Pius Kurniawan Kelen
SAINTEKBU Vol 8 No 1: Volume 8 no.1 Juli 2015
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.628 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v8i1.1

Abstract

This research includes Classroom Action Research (CAR) with its phases: 1) Planning (Planning), 2) action (acting), 3) Observation (observasing), and 4) Reflection (reflecting) .. The data used in the study These are: data about the learning situation at the moment carried out actions that obtained by observation, and data on student learning outcomes obtained by giving the test to the students. The problem of how to approach this research concept maps in learning mathematics. The purpose of this study was to determine the increase achievement in math learning by using concept map approach. As a benefit of this research is the input material for teachers in mathematics learning activities with learning approach that is appropriate for each study topic. Analysis of the data using the formula of individual completeness and thoroughness class generates the percentage of completeness class first cycle was 68.18% and cycle II of 87.5%. Thus, it can be concluded that the application of the concept map learning approaches in mathematics learning can improve student achievement. Keywords: Mathematics Learning, Approach Concept Map
SISTEM INFORMASI JOB FAIR PADA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA PEKALONGAN BERBASIS WEB Aslam Fatkhudin; Imam Rosyadi; Nur Hesti Sulistyowati
SAINTEKBU Vol 8 No 1: Volume 8 no.1 Juli 2015
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.049 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v8i1.3

Abstract

Inputting data processing in Social Service Man power and Transmigration Pekalongan still using semi-computerized system. Most of inputting data is still a general nature that have been using the computer, but do not take advantage of the presence of the computer to the fullest. Such as company data, the data Applicants, and job position data. These data are not yet well organized and processed so thatwould be a problem if managed manually, because in addition to high error rates, also takes a long time in the preparation of the report. To overcome these problems will require a system of Job Fair Information On Social Service Manpower and Transmigration Pekalongan Based WEB. This application is built using the waterfall method commonly used in the making of the application. There are several stages in the development of this application, the stage of analysis, design, coding, testing, and implementation. This application uses the system design Data Flow Diagram. While the coding phase, the application is built using the programming language PHP with MySQL database. With the application is expected Users can more easily enter the data in the applicant, company data and job position data, making it mor eeffective and efficient. keywords :Applicants; Companies;Job Fair
PERANAN MEDIA BAGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SLAMET -
SAINTEKBU Vol 8 No 1: Volume 8 no.1 Juli 2015
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.767 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v8i1.4

Abstract

Bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Sedangkan pembelajaran adalah usaha guru untuk menjadikan siswa melakukan kegiatan belajar. Dengan demikian media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi bahan ajar dari guru ke siswa sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga pada akhirnya dapat menjadikan siswa melakukan kegiatan belajar. Manfaat dan peranan media pembelajaran tersebut adalah penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga, meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar serta mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif. Dan semua itu peran media pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan yang telah direncanakan oleh guru agar terwujud dengan baik. Kata Kunci: Media, Pembelajaran.
PENGGUNAAN FUZZY SUGENO PADA RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Agus Sifaunajah
SAINTEKBU Vol 8 No 1: Volume 8 no.1 Juli 2015
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.486 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v8i1.5

Abstract

Dalam sebuah proses kerja di suatu perusahaan, karyawan menjadi ujung tombak pertama dalam proses produksi. Perekrutan karyawan, pemindahan tugas karyawan, mutasi karyawan ataupun hasil evaluasi karyawan menjadi dasar diadakannya job training. Hal ini untuk melihat sejauh mana kompetensi yang dimiliki para karyawan baru, peningkatan serta pengawasan kompetensi bagi karyawan lama. Sehingga pemimpin perusahaan dapat mengambil keputusan memilih karyawan yang terbaik di antara yang terbaik. Penilaian yang dilakukan meliputi kedisiplinan, tapping dan produktifitas. Sistem aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemprograman visual basic 6.0 dengan menggunakan logika fuzzy metode sugeno ordo nol untuk melakukan penilaian terhadap proses training karyawan baru di CV. Pelita Offset Jombang. Keywords : Logika Fuzzy Sugeno, Training, Karyawan
PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Yoseph Pius Kurniawan Kelen
SAINTEKBU Vol 8 No 2 (2016): Volume 8 no.2 Februari 2016
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.463 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v8i2.20

Abstract

The title of this study is: “The Implementation of Model Student Teams Achievement Division in Mathematics Learning”, made on the basis of the problem, that is: 1) the less of competition among students, 2) the influence of surroundings, the social media, parrents in the learning process of students, 3) less of student interest in learning math, 4) student’s behavior that always dependence by teachers and friends was very high. Students with lower achievements usually more pasive in learning process than students wich have high achievements. As a consequence, students with low achievement is often no attempt to study harder, so it can be one cause of student’s unfinish in study. Under these conditions, the problem in this research is how the students’ mathematics learning outcomes by implementing model Student Teams Achievement Division (STAD)? The purpose of this research is to know the students’ mathematics learning outcomes by implementing model type Student Teams Achievement Division (STAD). The kind of this research is Classroom Action Research (CAR). The subjects were students of class X AK 2 SMK Katolik Kefamenanu with many students in class is 11. Media used in collected the data in this research are question sheet and observation sheet. This research done in two cycle using the indicator of success is 70%. The results showed that cooperatif learning model of the type Student Teams Achievement Division can improve students’ mathematics learning outcomes in the class X AK 2 SMK Katolik Kefamenanu school year 2015/2016. It is seen from the precentage of completeness class in each cycle: the first cycle is 64,70% and the second cycle is 82,35%. Therefore, the writer concluded that the implementation of cooperatif learning model of the type Student Teams Achievement Division can improve students’ mathematics learning outcomes. Keywords: Implementation, Cooperative Learning Model Type Student Teams Achievement Division, Achievement of Mathematics Learning
PENGEMBANGAN PERANGKAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MATERI TRANSFORMASI PADA SISWA KELAS VII SMP OKTOVIANUS MAMOH
SAINTEKBU Vol 8 No 2 (2016): Volume 8 no.2 Februari 2016
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.889 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v8i2.21

Abstract

Penelitian ini telah dilaknanakan di SMPN Miomaffo Barat Kabupaten TTU, Propinsi NTT. Tujuannya adalah untuk menghasilkan perangkat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang baik pada materi transformasi di kelas VII SMP. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Plomp yang dikemukakan oleh Prof. Tjeerd Plomp (1997). Model ini yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi; (4) tes, evaluasi dan revisi; serta (5) implementasi. Namun dalam penelitian ini hanya dapat melakukan tahap 1 sampai dengan tahap 4. Sedangkan tahap (5) implementasi tidak dilakukan. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam tulisan ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti maka perangkat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang dihasilkan telah memenuhi kriteria perangkat yang baik yaitu dinyatakan valid oleh ahli, praktis yang dinyatakan dengan kemampuan guru mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa,  efektif yang dinyatakan dengan hasil belajar siswa dan respon siswa.Data-data penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: a) Valid. Rata-rata total validasi RPP adalah 4,82, dan dapat dipergunakan dengan revisi kecil. b) Praktis. Dapat ditunjukkan dengan data kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik dengan rata-rata minimal 4,71 dan aktivitas siswa baik yaitu siswa mengikuti setiap langkah-langkah sesuai tahapan dalam RPP. c) Efektif. Data-data efektif dapat ditunjukkan dengan data respon siswa positif terhadap setiap aspek dengan rata-rata presentasenya adalah 93,45%,  tes hasil belajar memenuhi kriteria ketuntasan kelas. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Matematika Realistik
PEMANFAATAN GOOGLE API DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEBSITE Agus Sifaunajah; Haryati -
SAINTEKBU Vol 8 No 2 (2016): Volume 8 no.2 Februari 2016
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.663 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v8i2.22

Abstract

Sistem Informasi Geografis (GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi berbentuk spasial atau bereferensi keruangan. GIS adalah sebuah alat bantu manajemen berupa informasi yang memanfaatkan computer sebagai alat bantu yang berkaitan erat dengan sistem pemetaan dan analisis terhadap segala sesuatu serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi. Google menyediakan berbagai API (Application Programming Interface) yang sangat berguna bagi pengembang website maupun aplikasi desktop untuk memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh Google. Tujuan dari penelitian ini adalah mengintegrasikan google API dalam suatu sistem informasi geografis. Keyword : Sistem Informasi Geografis, GIS, API, Google API
MODEL BESAR KLAIM (SEVERITY) YANG DIAJUKAN RUMAH SAKIT KEPADA BPJS KESEHATAN Eva Binsasi
SAINTEKBU Vol 8 No 2 (2016): Volume 8 no.2 Februari 2016
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.187 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v8i2.23

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan is a public legal entity established by the Indonesian government to execute the Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) program. In implementing the program, BPJS Kesehatan cooperates with the first level and the referred advanced level health facilities. The payment system that BPJS Kesehatan used to pay claims reported by the referred advanced level health facility (the hospital) is the Indonesia-Case Based Groups (INA-CBGs). It is assumed that there is a difference between the inpatient claims severity reported by the hospital and the claims severity paid by BPJS Kesehatan. This research aims to model the inpatient claims severity reported by a hospital using a Generalized Linear Model (GLM). In this research, the data used as a case study is inpatient claims severity data of BPJS Kesehatan participants at a type-D hospital in East Nusa Tenggara from January to December 2014. According to Kolmogorov-Smirnov and Anderson Darling tests, at 1% level of significance, it is found that each of the inpatients claims severity variables at three hospital room classes follow an Inverse Gaussian distribution. Variables which are significantly determining the inpatients claims severity reported by the hospital are: “Length of Stay (LOS)”, “INA-CBGs”, “severity level”, and “age” for Class-1 patients; “LOS”, and “INA-CBGs” for Class-2 patients; and “LOS”, “gender”, “cara pulang”, “age” and “severity level” for Class-3 patients; where the dominant variable is “LOS”. Keywords: Generalized Linear Model (GLM), BPJS Kesehatan, claims severity
KONTRUKSI FIQIH PEREMPUAN HIZBUT AL-TAHRIR INDONESIA Umi Chaidaroh
SAINTEKBU Vol 7 No 2 (2014): Volume 7 no.2 Oktober 2014
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.773 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v7i2.24

Abstract

Perempuan pada masa modern telah banyak berkiprah di ruang publik. Lebih dari itu, ternyata perempuan juga terlibat dengan gerakan Islam yang sering diasosiasikan dengan gerakan  fundamentalis seperti Hizbut al-Tahrir. Di Indonesia, Hizbut al-Tahrir telah mempunyai sayap organisasi perempuan yang bernama Muslimah Hizbut al-Tahrir Indonesia (MHTI). Para aktivis perempuan gerakan ini memainkan peranan aktif  untuk mencapai tujuan partai. Mereka melakukan perjuangan intelektual dan politik, termasuk menyeru kepada para penguasa muslim untuk bangkit melawan penindasan. Bahkan banyak anggota perempuannya  yang menjadi tahanan politik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi fikih perempuan Hizbut al-Tahrir berdasarkan pada metode ijtihad bersifat tekstual, atau literal methods dan menurut al-Jabiri,  model ijtihad Hizbut al-Tahrir masuk dalam  ranah berfikir bayani. Fikih perempuan yang dibangun oleh Hizbut al-Tahrir relatif fleksibel, tidak rigid pada banyak aspeknya. Hal ini terbukti dengan pemberian peran  publik terhadap perempuan. Bahkan  dalam kasus tertentu fikih perempuan Hizbut al-Tahrir bisa disebut liberal bila dibandingkan dengan pemikiran fikih dari intelektual muslim lain. Kekakuan atau kekukuhan pendapat Hizbut al-Tahrir dapat diketahui dari masalah pelarangan kepemimpinan perempuan dalam pemerintahan. Sekalipun apabila didekati dengan pemikiran gender, perempuan dapat menjadi pemimpin di pemerintahan. Kata kunci: Fiqih Perempuan, textual, literal, flexibility, rigidity.
PERAN KEPEMIMPINAN NYAI DI PONDOK PESANTREN (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Al-Lathifiyah II Tambakberas Jombang, Pondok Pesantren Nur Khadijah Den Anyar Jombang dan Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri Kediri) Muhyiddin Zainul Arifin
SAINTEKBU Vol 7 No 2 (2014): Volume 7 no.2 Oktober 2014
Publisher : KH. A. Wahab Hasbullah University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.34 KB) | DOI: 10.32764/saintekbu.v7i2.25

Abstract

Nyai adalah tokoh-tokoh sentral di pondok pesantren sebagai pusat pembelajaran dan dakwah. Selain sebagai pemimpin, mereka adalah guru, teladan, dan sumber nasihat bagi para santri. Mereka memiliki peran yang substansial dalam mensosialisasikan konsep dan ajaran agama di pesantren. Penelitian bertujuan mendiskripsikan tentang Peran Kepemimpinan Ibu Nyai di Pondok Pesantren dengan pendekatan kualitatif multi situs pada 4 pondok pesantren.            Berdasarkan temuan lintas situs tentang peran kepemimpinan Nyai sesuai dengan ketelaudanan Nabi Muhammad SAW bahwa peran kepemimpinan Nyai sebagai pelayan yang telah dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan santri dan pengurus pondok. Peran kepemimpinan Nyai sebagai penjaga yang telah dilakukan adalah memiliki tanggung jawab penuh terhadap kondisi pondok pesantren, menjamin santri dalam menempuh studinya sampai lulus. Berdasarkan temuan lintas situs tentang peran kepemimpinan Nyai menurut Covey dalam pondok pesantren dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan Nyai sebagai pencari alur menunjukkan telah memiliki visi misi. Penyusunan visi misi melibatkan semua komponen pondok. Visi misi telah disosialisasikan ke santri kecuali wali santri. Perencanaan ke depan pondok pesantren melibatkan seluruh komponen pondok pesantren. Sebagai penyelaras menunjukkan bahwa seluruh komponen  pondok pesantren terlibat dalam menjalankan visi misi, para santri sudah mengenal dan hafal isi visi misi. Sebagai pemberdaya terlihat bahwa pondok pesantren yang dipimpinnya memiliki program pemberdayaan santri dalam bentuk pelatihan dan keorganisasian.  Dalam pelaksanaan pondok pesantren yang dipimpin Nyai secara umum tidak mendapatkan bantuan dari luar, sumbangan banyak berasal dari keluarga Nyai sendiri.Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Nyai, Pondok Pesantren, Multi Situs

Page 1 of 18 | Total Record : 172