cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi_guru@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldwijacendekia@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Kampus PGSD Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang No. 67A Kebumen Jawa Tengah
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
ISSN : 25811843     EISSN : 25811835     DOI : -
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu sosial dan humaniora, dan pendidikan matematika dan ilmu alam. Pengajuan artikel, serta proses peninjauan, tidak dikenakan biaya (gratis). Jurnal ini juga telah menjadi anggota CrossRef. Oleh karena itu, Semua artikel yang diterbitkan oleh jurnal ini akan memiliki nomor DOI.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN SOCIAL SKILL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) Putri Rachmadyanti; Rochani Rochani
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.7 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.15290

Abstract

Abstrak :Pendidikan Dasar memegang peranan kuat dalam memberikan pondasi kognitif, afektif dan psikomotor bagi siswa. Domain- domain tersebut akan mengantarkan siswa untuk hidup dan berkembang di masyarakat. Namun, kenyataannya beberapa kasus pembelajaran masih menganggap aspek kognitif yang paling utama dikembangkan di Sekolah Dasar, dan kurang mengembangkan kepekaan atau keterampilan sosial siswa. Padahal keterampilan sosial merupakan keterampilan dalam bermasyarakat, karena didalamnya mengisyaratkan tentang nilai- nilai dan norma yang ada di masyarakat. Salah satu pembelajaran sikap dan nilai yang dapat dilakukan adalah mellui teknik klarifikasi nilai ( VCT). Melalui VCT ini diharapkan dapat mengukur kesdaran siswa akan nilai yang ada di masyarakat. Selain itu, melalui VCT guru dapat membantu siswa untuk mengungkapkan perasaanya melalui dialog secara terbuka dan bebas. Kata kunci: VCT, keterampilan sosial, siswa, Sekolah Dasar
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SDN TUNJUNGSEKAR 5 KOTA MALANG DALAM PENYUSUNAN RPP BERBASIS TEMATIK TERPADU MELALUI MODEL DOUBLE EXPERT GROUP JIGSAW Agus Sriwulan
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.007 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.14448

Abstract

This research aims to enhance the teachers’ competency on Tunjungsekar 5 Elementary School Malang in arranging integrated thematic based lesson plan with Double Expert Groups Jigsaw model. This is a School Action Research consisting 2 cycles. Each of the cycle consists of four stages, planning, implementing, observing, and reflection.The subjects of this research 12 teachers, 9 female teachers and the rest are male teachers, of Tunjungsekar 5 Elementary School Malang year 2016/2017. The data regarding Tunjungsekar 5 Elementary School Malang teachers’ competence in arranging integrated thematic based lesson plan and the implementation of Double Expert Groups Jigsaw model are submitted in observation sheet and questionnaire. The collected data then analyzed with descriptive qualitative analysis technique.The research result of the implementation of Double Expert Groups Jigsaw model shows a significant increase, 52% on the cycle I into 90% on the cycle II. The significant increase also occurred in the Tunjungsekar 5 Elementary School teachers’ competence in arranging integrated thematic based lesson plan from 63% on the cycle I and 82% on the cycle II. Based on the result above, it can be concluded that Tunjungsekar 5 Elementary School Malang teachers’ competence in arranging integrated thematic based lesson plan increases with the help of the effectiveness of Doble Expert Groups jigsaw model implemented by the teachers. Keywords: Double Expert Groups Jigsaw cooperative model, Teachers’ Competence, Integrated Thematic based Lesson Plan  
PENGARUH STRATEGI DIRECTED LISTENING THINKING ACTIVITY (DLTA) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG Riga Zahara Nurani
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.762 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.16166

Abstract

Dalam pembelajaran menyimak, siswa harus memahami unsur-unsur intrinsik dongeng yang meliputi tokoh, latar, tema, alur, dan amanat. Pembelajaran menyimak di sekolah biasanya tidak merangsang siswa untuk berpikir kritis, karena guru hanya membaca dongeng di depan kelas sementara siswa mendengarkan. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelejaran yang mampu merangsang siswa berpikir kritis, salah satunya adalah strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA). Selain itu, penggunaan media audio visual juga diperlukan agar pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 6 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Pada kelas eksperimen diterapkan strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA) berbantuan media audio visual, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran langsung. Rata-rata kemampuan menyimak dongeng kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan adalah 67,20 dan setelah diberi perlakuan meningkat menjadi 84,53. Sedangkan rata-rata kemampuan menyimak dongeng kelas kontrol sebelum diberi perlakuan adalah 67,26 dan setelah diberi perlakuan menjadi 77,55. Berdasarkan hasil Uji-t menggunakan SPSS 22 diperoleh thitung = 4,445 dan pada α = 0,05, df = 59 dan uji (1-tailed) maka diperoleh tkritis = 1,671. Karena thitung > tkritis, maka H0 ditolak. Kesimpulannya, terdapat perbedaan skor kemampuan menyimak dongeng kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA) berpengaruh positif terhadap kemampuan menyimak dongeng siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ICT PERTEMPURAN SURABAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Evi Rizqi Salamah; Zuni Eka Tiyas Rifayanti
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.449 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.15298

Abstract

AbstrakPembelajaran sejarah di Sekolah Dasar seringkali disampaikan dengan ceramah dan cerita, hal ini membuat siswa bosan dan kurang berminat dalam mempelajarainya. Agar materi mudah difahami dan menarik perhatian siswa maka harus divisualisasikan. Kenyataanya dalam menyampaikan materi tidak ada media yang digunakan, sehingga siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru, siswa terlihat pasif dan tidak bersemangat. Maka dari itu peneliti mengajukan solusi perbaikan untuk pembelajaran sejarah pertempuran Surabaya dengan mengembangkan media pembelajaran ICT, media ini merupakan salah satu bagian dari media pembelajaran dengan teknik pemodelan yang dapat menarik perhatian siswa, meningkatkan motivasi siswa serta mengandung pesan-pesan moral. Sehingga siswa dapat melihat, merasakan, dan memperagakan secara nyata, bukan dalam imajinasi atau angan-angan belaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ICT pada materi pertempuran Surabaya dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Model Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ICT ini menggunakan model Brog and Gall.Kata-kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran ICT, Hasil Belajar.
PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANALOGI MENGGUNAKAN METODE FAR (FOKUS AKSI REFLEKSI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PGSD Siti Fatimah
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.31 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.16250

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada pembelajaran IPA berbasis analogi menggunakan metode FAR. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 1 TA 2016/2017 berjumah dua kelas. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi, dan lembar interview. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Withney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pembelajaran IPA berbasis analogi menggunakan metode FAR terhadap pemahaman konsep teori pembentukkan tata surya; 2) ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa PGSD pada materi teori pembentukkan tata surya melalui analogi menggunakan metode FAR.   Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Analogi, metode FAR, Pemahaman Konsep
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLASH BOOK SEJARAH PERADABAN INDONESIA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD Hatma Heris Mahendra
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.297 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.15370

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk (1)mendeskripsikan kelayakan bahan ajar flash book sejarah peradaban Indonesia yang telah dikembangkan, (2) mendeskripsikan efektivitas bahan ajar flash book sejarah peradaban Indonesia dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan desain penelitian 4-D. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Medokan Ayu I/270 Surabaya, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V A SDN Medokan Ayu I/270 Surabaya sebagai kelas kontrol dan V B SDN Medokan Ayu I/270 Surabaya sebagai kelas eksperimen tahun pelajaran 2015/2016. Penilaian kelayakan pada hasil pengembangan bahan ajar flash book dilaksanakan oleh validator ahli materi dan validato ahli media. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan tes tulis berupa pre test dan post test. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut penilaian dari validator ahli materi yang menunjukkan presentase hasil penilaian sebesar 93,75% yang tergolong sangat baik dan penilaian dari validator ahli media yang menunjukkan presentase sebesar 91,67% yang tergolong sangat baik. Berdasarkan penilaian dari validator ahli tersebut bahan ajar flash book yang dikembangkan dinyatakan layak. Sedangkan untuk pengujian hipotesis yang dianalisa dengan uji t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (3.979) > ttabel (1.673). Jadi, penggunaan bahan ajar flash book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar flash book sejarah peradaban Indonesia layak dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.
PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN IMPLEMENTASINYA Dwi Purwanti
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.759 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.17622

Abstract

Pola pendidikan sekolah bergerak dan berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang tidak hanya mengajarkan aspek kognitif (pengetahuan)  saja melainkan juga aspek afektif (sikap) dan aspek psikomotor (perilaku/kebiasaan). Berkaitan dengan sikap afektif, pemerintah telah menetapkan pendidikan karakter. Salah satu karakter yang dikembangkan adalah peduli lingkungan. Kajian ini difokuskan pada (1) konsep pendidikan karakter peduli lingkungan dan (2) implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah. Hasil kajian ini meliputi: (1) pendidikan karakter peduli lingkungan adalah perwujudan dari sikap manusia terhadap lingkungan berupa tindakan dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan upaya untuk mencegah rusaknya lingkungan alam di sekitarnya, serta berusaha untuk memperbaiki segala kerusakan alam yang sudah terjadi, (2) pendidikan karakter peduli lingkungan dapat diimplementasikan di sekolah melalui pengintegrasian dalam mata pelajaran serta melalui program pengembangan diri
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 10 SAMARINDA Juliani Juliani; Elsje Theodora Maasawet; Daniel Daniel
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.051 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.15792

Abstract

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen dengan desain Solomon Four Group Design, yang dilakukan terhadap siswa kelas 10 di SMA Negeri 10 Samarinda. Tujuan penelitian adalah Menganalisis pengaruh sikap sosial siswa pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sikap sosial siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga yaitu lebih tinggi dibanding dengan kelompok lain yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga. Hasil uji independent sample t test  dengan nilai Sig atau ( = 0,05 ≥ Sig) nilai t hitung pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol lebih besar nilainya. sehingga hipotesis awal (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap sosial siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga dengan yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga.
INOVASI ALAT PERAGA “BELKONSU” DALAM PEMBELAJARAN SUHU DAN PERUBAHANNYA DI SMP NEGERI 2 BLORA Purwanti Indra Tjahyani
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.542 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.17624

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah imeplementasi “BELKONSU” dan mengetahui dampaknya terhadap  peningkatan hasil  belajar peserta didik. “BELKONSU” berupa alat peraga tiga dimensi  yang dominan terbuat dari kayu panjang 50 cm, lebar  5 cm dan tinggi  115 cm, di dalamnya terdapat   skala termometer  Celsius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin. “BELKONSU” mempunyai karakteristik mudah dibuat, mudah diduplikasi, murah, dan aman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengimplementasikan “BELKONSU” dalam proses pembelajaran Suhu dan Perubahannya. Teknik pengambilan data menggunakan tes tertulis, unjuk kerja dan observasi penilaian sikap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “BELKONSU” mempunyai keunggulan mengatasi miskonsepi materi suhu dan mengkonversi skala suhu dengan cepat, tepat dan akurat sehingga berdampak pada  peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran  Suhu dan Perubahannya Hal ini dikutikan dengan hasil belajar ulangan harian meningkat dari rata-rata 68,8 menjadi  88,45, unjuk kerja dari 76,8% menjadi 92,93%, sedangkan penilain sikap dari 70.71% menjadi 95.96
STUDI TENTANG PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA KOMUNITAS SEKOLAH RUMAH Ova Huzaefah
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2 (2017): DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.641 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v1i2.16264

Abstract

Komunitas aan, model pembelajaran inkuiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 10